Sukses

Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023: Suriah dan Palestina Menang, Jalan Timnas Indonesia ke 16 Besar Makin Terjal

Timnas Indonesia bakal melakoni duel penentuan lawan Jepang pada laga terakhir grup D Piala Asia 2023. Di sisi lain, persaingan di peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023 memanas.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia gagal mendapatkan "tiket" gratis ke 16 besar usai dua rival di klasemen peringkat 3 terbaik berhasil memenangkan laga terakhir mereka. Ya, Indonesia awalnya bisa lolos 16 besar sebelum lawan Jepang kalau Suriah dan Palestina imbang di laga terakhir mereka.

Namun yang terjadi, kedua negara berhasil menang. Suriah menang 1-0 atas India lewat gol tunggal Khribin.

Sedangkan Palestina berhasil pesta gol 3-0 lawan Hong Kong di grup C. Tiga gol Palestina dicetak oleh Dabbagh (2 gol) dan Qunbar.

Timnas Indonesia pun kini harus berhitung dengan cermat saat lawan Jepang. Kemenangan tentu akan membawa Indonesia lolos otomatis sebagai runner up.

Sedangkan imbang membuka harapan Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai peringkat ketiga terbaik. Timnas Indonesia juga diharapkan bisa mencetak gol sehingga produktivitas gol bisa lebih unggul kalau head to head dengan rival lainnya.

Apabila Timnas Indonesia kalah dari Jepang, jalan Garuda untuk ke-16 besar makin terjal. Klasemen peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023 bisa didapatkan di halaman berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rival Timnas Indonesia di Peringkat 3 Terbaik

 

Saat ini, Timnas Indonesia memiliki 2 rival sengit di posisi peringkat 3 terbaik Mereka adalah Bahrain di grup E dan juga Oman di grup F.

Kedua negara bakal main setelah Timnas Indonesia berlaga. Jadi, posisi Indonesia bakal menunggu hasil kedua laga.

Bahrain bakal menghadapi tim kuat Yordania di laga terakhir. Ini cukup menguntungkan karena Yordania ssepertinya bakal mengincar posisi puncak klasemen grup E, meski Korea Selatan lebih berpeluang karena lawan Malaysia di laga terakhir.

Sedangkan Oman bakal menghadapi Kirgistan di laga terakhir. Melihat performa Oman, mereka baru mencetak 1 gol dan kebobolan 2 gol. Kalau Oman imbang atau kalah, Timnas Indonesia lolos ke-16 apapun hasil yang diraih Bahrain.

3 dari 5 halaman

Jordi Amat Berharap Bisa Main Lawan Jepang

 

Bek timnas Indonesia Jordi Amat berharap bisa bermain pada laga penutup Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang, Rabu (24/1/2024). Dia siap memakai masker usai cedera patah tulang hidung saat meladeni Vietnam, Jumat (19/1/2024).

Jordi gagal menyelesaikan laga tersebut dan diganti Rizky Ridho. "Ya, saya ada patah tulang kecil di sebelah hidung saya," kata Jordi dilansir situs resmi PSSI.

"Saya kira dua hari istirahat saja cukup untuk penyembuhan dan saya harap saya bisa bermain dengan masker untuk melindungi wajah saya. Memang tidak nyaman karena menyakitkan, tetapi saya berharap peradangannya hilang dalam beberapa hari," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Janji Hokky Caraka

 

Striker Timnas Indonesia Hokky Caraka berjanji tampil lebih baik jika diturunkan pada laga penutup Grup D Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Thumama, Rabu (24/1/2024).

Hokky melakoni debut di turnamen saat masuk sebagai pengganti pada duel kontra Vietnam, Jumat (19/1/2024).

"Saya memang sedikit grogi dan setelah pertandingan jadi tidak bisa tidur, setelah melihat seberapa besar ego saya sehingga tidak bisa memanfaatkan peluang. Jadi saya akan mengevaluasi diri saya sendiri untuk kesempatan selanjutnya," ungkap pemain asal klub PSS Sleman tersebut.

5 dari 5 halaman

Klasemen Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023

 Posisi  Grup  Negara  Main  Menang  Imbang  Kalah  Produktivitas  Poin
 1  C  Palestina  3  1  1  1  5-5  4
 2  B  Suriah 3  1  1  1  1-1  4 
 3  E Bahrain 2  1   0  1 2-3  3
 4  D Indonesia 2  1   0  1 2-3 3 
 5  A  China 3   0 2  1  0-1  2 
 6  F  Oman 2  0  1  1  1-2 1 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.