Sukses

Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, Atlet Angkat Besi Peraih 3 Medali Olimpiade Kebanggaan Papua

Lisa Rumbewas atlet kebanggaan Papua, yang pernah meraih 3 medali Olimpiade untuk Indonesia, meninggal dunia pada Minggu 14 Januari 2024

Liputan6.com, Jakarta Kancah olahraga Indonesia berduka di awal tahun 2024. Atlet angkat besi kebanggaan Papua yang pernah meraih 3 medali di ajang Olimpiade, Lisa Rumbewas, meninggal dunia.

Patriot olahraga Merah Putih kelahiran 10 September 1980 itu dikabarkan tutup usia pada Minggu 14 Januari 2024 sekitar pukul 03.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) di RSUD Jayapura.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Lisa Rumbewas. Ia berharap jasa sang atlet angkat besi dapat tetap memotivasi lifter lainnya di Tanah Air.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berdukacita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih,” ujar Ketum KONI Marciano Norman.

“Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang serta memotivasi para lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Lisa Rumbewas di Olimpiade

Lisa Rumbewas dikenal sebagai sosok penting dalam percaturan olahraga angkat besi Indonesia di kancah kompetisi multievent dunia.

Lifter legendaris asal Papua itu tercatat pernah mempersembahkan 3 medali Olimpiade bagi Merah Putih, di samping sejumlah gelar kompetisi lainnya.

Dalam debutnya di Olimpiade Sydney 2000, putri dari pasangan atlet binaraga Levi Rumbewas dan atlet angkat besi Ida Korwa, berhasil menyabet medali perak di kelas 48 kg. Prestasi tersebut berhasil dia ulangi dalam Olimpiade Athena 2004, dengan menggondo medali perak kelas 53 kg.

3 dari 3 halaman

Medali Olimpiade Ketiga Diterima pada 2017

Adapun medali Olimpiade ketiga Lisa diraih di edisi Beijing 2008. Kala itu, sang atlet berhak memperoleh perunggu dan diberikan oleh (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 3 Desember 2017, di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

Perubahan tersebut terjadi lantaran, atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava menggunakan doping turinabol dan stanozol sehingga medalinya dicabut.

Sementara itu di ajang olahraga prestisius lain, Lisa Rimbewas juga pernah menyabet sejumlah penghargaan. Dia mampu mengoleksi perak kelas 48 kg putri di ajang SEA Games 2001 Kuala Lumpur, perunggu kelas 48 kg Asian Games 2002 Busan, dan perak kelas 53 kg putriKejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 Santo Domingo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.