Sukses

PBSI Pastikan Atlet Bulu Tangkis Indonesia Siap Tempur di Malaysia Open 2024

PBSI pastikan 12 atlet bulu tangkis Indonesia sudah siap tempur di Malaysia Open 2024 yang menjadi pembuka turnamen bulu tangkis Internasional sekaligus momentum untuk kumpulkan poin jelang Olimpiade 2024.

Liputan6.com, Jakarta Atlet bulu tangkis Indonesia siap tempur untuk mengikuti turnamen pembuka tahun ini, Malaysia Open 2024 pada 9-14 Januari 2024. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Dia mengatakan persiapan para atlet jelang turnamen pembuka tahun ini, Malaysia Open 2024, telah berlangsung dengan baik.

“Persiapan baik dan bagus tinggal bagaimana nanti permainan di lapangan. Saya meminta ke anak-anak supaya tidak terlalu terbebani,” kata Rionny seperti dikutip antara.

Salah satunya adalah pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang merupakan juara bertahan turnamen BWF Super 1000 tersebut. Dia berharap pemain fokus dan meraih momentum bagus di awal tahun.

“Ini momentum untuk meraih start bagus di awal tahun,” ujar Rionny.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya juga menitikberatkan pada penambahan latihan fisik dan strategi di lapangan.

“Video analisis pertandingan juga saya ingatkan terus untuk anak-anak pelajari permainan sendiri dan lawan-lawan mereka,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Sejak Tahun Lalu

Di sisi lain, pemain ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengatakan persiapan mereka jelang turnamen yang digelar di Kuala Lumpur tersebut sudah berjalan sejak BWF World Tour Finals 2023 berakhir.

“Kondisi saya dan Fikri cukup bagus. Kami sudah mulai persiapan latihan seminggu setelah World Tour Finals jadi ada dua sampai tiga minggu durasinya. Latihan sudah maksimal dan kami berharap bisa memulai 2024 dengan baik,” kata Bagas.

Selain menjadi turnamen pembuka tahun ini, Malaysia Open juga menjadi salah satu ajang pengumpulan poin menuju Olimpiade 2024 Paris.

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Wakil di Ganda Putri

Indonesia tidak akan memiliki wakil di nomor ganda putri pada Malaysia Open 2024 yang bergulir 9-14 Januari mendatang. Pasalnya, PBSI menarik partisipasi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Apriyani tengah menjalani pemulihan cedera betis. Maka, pelatih ganda putri PBSI Eng Hian menyebut langkah ini sebagai opsi terbaik. Tidak hanya Malaysia Open, Apri/Fadia juga batal mengikuti India Open yang berlangsung sepekan berselang.

"Setelah berdiskusi dengan Kabid Binpres dan tim dokter PBSI, memang lebih baik memberikan waktu istirahat yang lebih panjang untuk Apriyani dalam proses pemulihan cedera betisnya," kata Eng Hian dilansir situs PBSI.

 

Selain Apri/Fadia, Indonesia juga kehilangan pasangan ganda putri lain setelah Ribka mengalami sakit.

"Ribka ada sakit dan sampai hari ini belum bisa kembali latihan. Jadi saya juga menarik Ribka/Lanny dari Malaysia Open," ungkap Eng Hian.

4 dari 4 halaman

Indonesia Sisakan 12 Wakil di Malaysia Open 2024

 

Dengan begitu, Indonesia hanya mengirim 12 wakil ke Malaysia Open 2024. Sebanyak empat di antaranya berstatus unggulan.

Mereka adalah duo tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tahun lalu Indonesia membawa pulang satu gelar dari ajang ini. Titel dipersembahkan Fajar/Rian yang menaklukkan duo China Liang Wei Keng/Wang Chang di laga puncak.

Para atlet dipastikan tambah bersemangat untuk meraih hasil terbaik di Malaysia Open 2024. Pasalnya, turnamen ini masuk penghitungan poin pada kualifikasi cabor bulu tangkis Olimpiade 2024 di Paris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.