Sukses

PSSI Kembali Panggil Eko Purdjianto untuk Bantu Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 menambah dua staf kepelatihan yang dua-duanya berasal dari PSIS Semarang. Eko Purdjianto sudah biasa menemani Indra Sjafri, bahkan sejak Timnas Indonesa U-19 lalu.

 Timnas Indonesia U-20 lewat pelatih kepala Indra Sjafri kembali memanggil Eko Purdjianto untuk membantu tim dalam pemusatan latihan Garuda Nusatara yang berlangsung di Jakarta. Asisten Pelatih PSIS Semarang itu mendapat panggilan untuk mendampingi tim kepelatihan.

Liputan6.com, Jakarta Timnas U-20 Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan di Jakarta sejak 30 Desember 2023 hingga 28 Januari 2024 mendatang. PSIS menyambut baik pemanggilan dari PSSI terhadap salah satu staf kepelatihan mereka.

"Kami tentu mendukung penuh pemanggilan coach Eko untuk membantu kepelatihan di timnas U-20. Semoga bermanfaat bagi timnas dan di PSIS sendiri akan ditangani tim pelatih lainnya untuk membantu menjalankan program dari coach Gilbert Agius," kata CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi seperti dikutip antara.

Pemanggilan Eko Purdjianto berdasarkan surat resmi dari PSSI dengan nomor 08/AGB/02/I-2024 kepada manajemen PSIS Semarang. Selain Eko Purdjianto, PSIS Semarang juga mengirim pelatih fisik, Alex Aldha Yudi dalam pemusatan latihan Timnas U-20.

Sebanyak 34 pemain masuk dalam skuad Garuda Nusantara mulai menjalani TC sejak 30 Desember 2023 hingga berakhir pada 28 Januari. Nantinya, para pemain yang masuk skuad saat ini akan bersaing memperebutkan posisi masing-masing dalam sistem seleksi promosi dan degradasi.

Pemusatan latihan ini ditujukan untuk persiapan jelang menghadapi Piala AFF U-19, Kualifikasi AFC U-19 dan masuk ke dalam Kualifikasi Piala Dunia U-20.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kriteria Pemain Timnas Indonesia U-20

 

Sementara itu, pelatih Timnas U-20 Indra Sjafri membeberkan pemain seperti apa yang sudah diboyongnya untuk ikut TC di Jakarta. Ada 34 pemain yang ikut TC dan nantinya akan diseleksi lewat sistem promosi dan degradasi.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 sudah melakukan TC di Doha Qatar selama 8 hari.

"Setelah mendapatkan banyak informasi tentang pemain, baru nanti kami (akan) putuskan dia terpilih atau tidak terpilih, yang nanti akan kami lanjutkan pembinaannya, sampai nanti di AFF U-19 dan setelah itu kualifikasi AFC U-20," ujar Indra Sjafri.

"Nantinya tim ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum, akan kami tata sampai menjadi generasi baru pesepak bola Indonesia ke depan," dia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

3 Target Timnas Indonesia U-20

 

Pada tahun 2024, Garuda Nusantara akan mengikuti sejumlah turnamen seperti Piala AFF U-19, Kualifikasi Piala AFC U-20 dan target lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

"TC pertama kami mulai di Qatar dengan 26 pemain. Kami coret enam pemain dan kami panggil 14 pemain. Jumlah pemain sekarang 34. Hari ini kami akan coret lagi dan akan kita panggil lagi pemain baru. Berapa orangnya, habis ini, kami akan melihat hasil dari semua profil pemain yang ada," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Kriteria Pemain Pilihan Indra Sjafri

 

Pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013. Piala AFF U-22 2019, dan emas SEA Games 2023 tersebut mengaku punya kriteria khusus terkait pemilihan pemain.

"Kriteria pemain, pengalaman kita di Piala Dunia U-17, postur tubuh menjadi prioritas untuk kita di posisi-posisi tertentu. Kita sangat hati-hati dalam memilih pemain," jelas Indra Sjafri.

Dia juga melihat secara jelas terkait profil, fisik, tes medis, hingga psikologinya pun akan dilihat dengan jelas. Meski begitu, dia juga menegaskan bahwa kriteria yang dicari tidak hanya soal postur tubuh saja.

"Kriteria kualitas secara umum ada empat, yaitu kualitas skill, kualitas kecerdasan taktikal, Kemudian yang kualitas fisik, dan kualitas mental. Kempat-empat itu kami akan mengukur, dan kami tidak akan melakukan hal-hal di luar itu. Dan semua pemain yang akan dipilih adalah yang terbaik," tukas Indra Sjafri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.