Sukses

Ditinggal Mohamed Salah, Liverpool Bisa Andalkan 2 Gelandang Ini Jadi Pengganti

Mohamed Salah bisa absen sampai delapan pertandingan dengan Liverpool kalau Mesir lolos ke final Piala Afrika 2024. The Reds cari pemain yang bisa menggantikannya.

Liputan6.com, Liverpool- Liverpool berhasil mengamankan posisi puncak klasemen Liga Inggris usai menang 4-2 atas Newcastle United pada pekan ke-20 Liga Inggris di stadion Anfield, Selasa (2/1/2024) dini hari WIB. Mohamed Salah mengemas 2 gol, sedangkan dua gol lagi dicetak oleh Curtis Jones dan Cody Gakpo.

Di balik keberhasilan ini, Liverpool juga harus bersedih. Pemain andalannya Mohamed Salah harus meninggalkan tim karena membela Mesir di Piala Afrika 2024.

Ini menjadi tugas negara buat Salah yang harus pergi meninggalkan Liverpool setiap dua tahun sekali. Wataru Endo juga sama harus meninggalkan Liverpool karena membela Jepang di Piala Asia 2023.

Legenda Liverpool Jamie Carragher menilai ada dua pemain yang bisa gantikan posisi Salah. Kedua pemain yang dimaksud yaitu Harvey Elliot dan Dominik Szoboszlai.

Carragher menilai kedua pemain bisa mengubah posisi dari tengah menjadi sedikit lebih ke depan di Liverpool. Dia mencontohkan gelandang Newcastle Harvey Barnes yang melakukan posisi yang sama di Newcastle.

Kepergian Salah memang harus cepat dicari penggantinya. Kalau Mesir main di final, Mohamed Salah bisa absen sebanyak 8 kali membela Liverpool.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurgen Klopp Pilih Pemain Pengganti Mohamed Salah

Semua keputusan soal pengganti Salah tentu bergantung kepada Jurgen Klopp. Manajer asal Jerman itu bisa saja memilih deretan pemain depan lainnya untuk main di posisi depan.

"Menarik untuk melihat siapa yang akan Jurgen Klopp pasang di lini depan untuk gantikan Salah," kata Carragher seperti dikutip Skysports.

"Banyak striker Liverpool yang andalkan kaki kanan. Mereka bisa saja main di kiri. Diogo Jota, Darwin Nunez, Cody Gakpo bisa saja, tapi ketiganya mungkin sulit menemukan keseimbangan."

 

3 dari 5 halaman

Gol Mohamed Salah Susah Diganti

 

Carragher menilai dua pemain tengah yaitu Harvey Elliot dan Dominik Szoboslain bisa jadi pengganti. Namun keduanya tak dijamin bisa setajam Salah.

"Beberapa pilihan lain bisa saja Harvey Elliot. Dia memang lebih ke tengah, dia kurang cepat kalau main di depan tapi dia bisa diandalkan," ujarnya.

"Juga Szoboszlai, Liverpool kini bisa gantikan posisi Szoboszlai dengan Alexis MacAllister yang sudah pulih. Tapi Anda sulit gantikan ketajaman Salah."

 

4 dari 5 halaman

Mesir Dijagokan di Piala Afrika

 

Mesir akan mulai bermain di Piala Afrika melawan Mozambique pada 14 Januari. Mereka lalu melawan Ghana (18 Januari) dan Cape Verde (22 Januari).

Mesir diunggulkan bisa lolos ke 16 besar dari grup B. Mereka akan lalu main lagi pada 28 atau 29 Januari. Perempat final Piala Afrika akan dimainkan pada 2 dan 3 Februari, sedangkan semifinal 7 Februari dan final digelar 11 Februari.

Pada 2021 lalu, Mesir lolos ke final. Namun mereka kalah adu penalti melawan Senegal.

5 dari 5 halaman

Peringkat Liverpool di Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.