Sukses

Fajar/Rian Tidak Pilih Lawan di Semifinal BWF World Tour Finals 2023

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bersemangat menyambut semifinal BWF World Tour Finals 2023. Mereka juga mengaku tidak memilih lawan nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bersemangat menyambut semifinal BWF World Tour Finals 2023. Mereka juga mengaku tidak memilih lawan nanti.

“Besok di semifinal harus lebih fokus lagi. Kami harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan ini. Lawan siapapun besok kami harus siap,” kata Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Jumat.

Fajar/Rian harus mengakui keunggulan juara dunia 2023 Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae 20-22, 21-17, 12-21 pada laga ketiga fase Grup B BWF World Tour Finals 2023. Meski begitu, hasil tersebut tidak mengubah status mereka sebagai juara grup. 

Fajri mengaku belajar banyak hal dari pertandingan yang berlangsung cukup alot tersebut. Salah satunya adalah mengontrol emosi demi bisa tampil lepas dan tidak kehilangan fokus serta momentum.

“Di gim pertama, setelah unggul 20-16 tapi tidak bisa menyelesaikan pertandingan karena kami terlalu terburu-buru. Malah banyak mati sendiri sementara Kang/Seo bermain lebih safe,” kata Fajar.

“Kami coba fokus terus di gim kedua, tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi di gim pertama. Walaupun poinnya mepet-mepet tapi kami terus berusaha bagaimana menerapkan pola yang konsisten dari satu poin ke poin berikutnya,” ujar Rian menambahkan.

Namun, peringkat lima dunia itu mengakui wakil Korea Selatan mampu bermain lebih sabar sehingga pada akhirnya memegang kontrol permainan di gim pamungkas BWF World Tour Finals 2023.

“Di gim ketiga mereka lebih rapat, sulit dimatikan dan beberapa kali bola tanggung berhasil dikembalikan. Itu membuat kami cukup kesulitan,” kata Fajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Indonesia di Semifinal BWF World Tour Finals 2023

Fajar/Rian jadi salah satu dari wakil Indonesia yang lolos ke semifinal. Mereka ditemani Jonatan Christie.

Semmentara empat wakil lain kandas menyusul selesainya rangkaian fase grup. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menderita kekalahan sehingga dipastikan gagal ke semifinal. Ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana juga tumbang, meski hasil itu tidak berpengaruh karena sebelumnya dipastikan tersisih.

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung meraih kemenangan. Namun, capaian tersebut juga tidak berarti banyak karena Jorji sudah menerima vonis kandas di fase grup.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting turut merasakan nasib tragis. Meraih kemenangan di dua partai awal, dia gagal melangkah ke semifinal usai dibekuk Viktor Axelsen pada pertandingan penutup.

Sedangkan seperti Fajar/Rian, Jojo melangkah ke semifinal walau tumabng di duel pamungkas.

3 dari 3 halaman

Hasil BWF World Tour Finals 2023, Jumat 15 Desember

Lapangan 1

Pertandingan 4: Gregoria Mariska Tunjung vs Kim Ga-eun (Korea Selatan); 21-14, 20-22, 21-17

Pertandingan 8: Jonatan Christie vs Li Shi Feng (China); 13-21, 18-21

 

Lapangan 2

Pertandingan 2: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Liu Sheng Shu/Tan Ning (China); 13-21, 8-21

Pertandingan 4: Fajar Alfian/Muhamnmad Rian Ardianto vs  Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan); 20-22, 21-17, 12-21

Pertandingan 6: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark); 17-21, 6-21

Pertandingan 8: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen (Denmark); 21-16, 7-21, 13-21

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.