Sukses

Back to Back Juara Dunia MotoGP, Francesco Bagnaia Samai Rekor 3 Legenda

Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (26/11/2023). Kemenangan ini membantu rider Ducati Lenovo itu mempertahankan gelar juara dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (26/11/2023). Kemenangan ini membantu rider Ducati Lenovo itu mempertahankan gelar juara dunia. 

Bagnaia mengungguli Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) dan Johann Zarco (Pramac Racing) yang melengkapi podium.

Meski berjaya, Francesco Bagnaia sebenarnya sudah ditahbiskan sebagai pemilik titel pada pertengahan lomba. Sebab, pesaing terdekatnya Jorge Martin dari Pramac Racing kecelakaan sehingga gagal menyelesaikan lomba.

Prestasi ini membantu Bagnaia menahbiskan berbagai rekor yang menyamai tiga legenda sekaligus: Michael Doohan, Valentino Rossi, dan Marc Marquez.

Dia mengikuti jejak Doohan dengan menjadi juara dunia mengenakan motor bernomor 1. Doohan terakhir kali melakukannya pada 1998. Artinya, Bagnaia jadi pembalap pertama yang melakukannya di era MotoGP. 

Sukses Bagnaia pada MotoGP 2023 juga membawanya mengikuti jejak Rossi dan Marquez. Mereka adalah rider yang mampu mempertahankan gelar juara dunia di era MotoGP alias sejak 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukses Francesco Bagnaia dalam Angka

4 - Kali Bagnaia gagal finis pada balapan utama MotoGP 2023. Dia terpuruk di Amerika Serikat, Prancis, Catalunya, dan India.

7 - Jumlah kemenangan Bagnaia di MotoGP 2023. Sebelum Valencia, dia menduduki podium tertingg pada seri Portugal, Spanyol, Italia, Belanda, Austria, dan Indonesia.

22 - Total gelar juara dunia milik Italia pada kelas utama Kejuaraan Dunia Balap Motor. Italia makin meninggalkan Inggris Raya (17) yang menduduki peringkat dua.

467 - Poin yang dikoleksi Bagnaia untuk menjadi juara dunia MotoGP 2023. Jumlah itu membesar karena sprint race mulai digelar musim ini.

3 dari 3 halaman

Jalan Balapan MotoGP Valencia 2023

Sebelumnya start di urutan dua, Bagnaia memulai balapan dari posisi terdepan menyusul nasib sial pemegang pole Maverick Vinales (Aprilia).

Pembalap Aprilia itu diganjar hukuman usai insiden pada pemanasan di pagi hari waktu setempat. Motornya mengeluarkan asap, sehingga steward mengibarkan bendera hitam-oranye.

Rider asal Spanyol itu terus mengendarai motor sebelum akhirnya menepi. Aksinya ini terlambat dengan stewards menjatuhkan sanksi penalti tiga grid.

Bagnaia memanfaatkan situasi ini dan memimpin balapan. Namun, Martin tidak tinggal diam. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menempel Bagnaia di MotoGP Valencia 2023.

Namun, Martin melakukan kesalahan besar setelah terjebat slipstream Bagnaia di Tikungan 1. Insiden ini membuatnya turun ke urutan delapan.

Situasi ini membuat pembalap Spanyol itu panik. Dia kembali membuat blunder dan menabrak Marc Marquez yang menjalani balapan terakhir bersama Repsol Honda di Tikungan 4 putaran keenam.

Mengetahui hal tersebut, Bagnaia tidak lagi ngotot mempertahankan posisi terdepan. Dia disalip Brad Binder dan kemudian Jack Miller.

Namun, duo KTM itu juga melakukan kesalahan sehingga Bagnaia kembali terdepan. Rider berkebangsaan Italia ini lalu mempertahankan posisi hingga lomba selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.