Sukses

Ingin Rombak Manchester United, Sir Jim Ratcliffe Bakal Minta Arahan Sir Alex Ferguson

Sir Jim Ratfcliffe kabarnya bakal meminta bimbingan dari pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson dalam upayanya melakukan perombakan di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson bakal memainkan peran penting di Old Trafford pasca kedatangan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik saham minoritas Setan Merah.

Kabar menyebut CEO INEOS itu berniat menjadikan eks juru taktik MU sebagai pemberi saran dan nasihat dalam upayanya melakukan perombakan besar-besaran pada Manchester United yang tengah terpuruk.

Sebagaimana diketahui, MU memang gagal menunjukkan hasil menjanjikan di berbagai ajang sejak awal kompetisi 2023/2024. Skuad racikan Erik ten Hag gagal mempertahankan gelar Carabao Cup yang direngkuhnya musim lalu lantaran takluk dari Newcastle di babak 16 besar.

Bruno Fernandes dan kawan-kawan juga belum berhasil menampilkan performa menggigit di Liga Inggris, dengan mereka cuma mampu menempati urutan 6 klasemen usai menorehkan 21 poin dari 12 pertandingan.

Sementara itu dalam ajang Liga Champions, Manchester United justru terjerembap di dasar klasemen grup A lantaran menelan tiga kekalahan dan hanya satu kali menang dari 4 pertandingan yang sudah dilakoni.

Catatan ini tergolong mengecewakan mengingat pelatih Erik ten Hag sejatinya telah melakukan perekrutan besar-besaran demi menambah kekuatan skuad dalam bursa transfer musim panas 2023.

Juru taktik asal Belanda mendatangkan total 7 pemain anyar, terdiri atas Mason Mount, Andre Onana, Rasmus Hojlund, Jonny Evans, Altay Bayindir hingga Sergio Reguilon dan Sofyan Amrabat yang menyandang status pinjaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sir Jim Ratcliffe Siap Lakukan Perubahan di MU

Dengan kondisi tersebut, Sir Jim Ratcliffe kabarnya berniat melakukan perubahan besar-besaran setibanya dia di Old Trafford. CEO INEOS memang selangkah lagi bakal memiliki 25 persen saham Manchester United setelah melalui saga panjang sejak November tahun lalu.

Laporan Metro mengungkap Sir Jim Ratcliffe sudah menjanjikan dana 250 juta poundsterling untuk membantu memperbaiki infrastruktur Setan Merah yang sudah hancur. Miliarder Inggris juga berniat membangun ulang operasional sepak bola MU lantaran dinilai sudah tertinggal dari rival domestik mereka.

Guna mencapai ambisi besaranya merombak MU, Sir Alex Ferguson bakal turun tangan mengambil peran di mantan klubnya. Kabar mengeklaim Sir Jim Ratcliffe berniat meminta "bimbingan" dari mantan pelatih berusia 81 tahun selama melakukan perubahan di Old Trafford.

3 dari 4 halaman

Keberadaan Sir Alex Ferguson Bawa Kabar Baik untuk Dougie Freedman

Sejauh ini sudah ada satu peruabahan yang diharapkan Sir Jim Ratcliffe dan telah terwujud di MU. Setan Merah mengumumkan Richard Arnold mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama Manchester United.

Metro menyebut Ratcliffe selanjutnya berencana menempatkan tokoh terkemuka INEOS Sport, Jean-Claude Blanc, untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Arnold. Direktur sepak bola John Murtough juga hendak dilucuti dari Old Trafford menyusul serangkaian blunder transfer yang dibuatnya selama di Setan Merah.

Dengan keberadaan Sir Alex Ferguson sebagai pemberi nasihat buat Ratcliffe, Dougie Freedman nampaknya bakal menjadi pihak yang menerima kabar baik pasca kepergian Murtough. Pria asal Skotlandia itu berpeluang mendapatkan peran direktur sepak bola lantaran kinerjanya dikagumi oleh Sir Alex Ferguson.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.