Sukses

FPTI Butuh Perubahan, Nama Baru Diusulkan sebagai Pengganti Yenny Wahid

Muhammad Ridho Ficardo diusulkan sebagai Ketua Umum FPTI yang baru untuk menggantikan Yenny Wahid dalam Musyawarah Nasional FPTI yang akan digelar Desember 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI membutuhkan perubahan ke arah yang jauh lebih baik. Karena itu, dibutuhkan orang-orang yang bisa fokus berupaya memajukan olahraga ini.

Ketua Harian Pengprov FPTI Riau Rudi Fitrianto mengusung Muhammad Ridho Ficardo sebagai Ketua Umum FPTI yang baru. Dia dicalonkan untuk menggantikan Yenny Wahid dalam Musyawarah Nasional FPTI yang akan digelar Desember 2023 di Jakarta.

Pendaftaran calon Ketua Umum FPTI sudah dibuka sejak 6 November 2023 dan berakhir Minggu (12/11).

Muhammad Ridho Ficardo adalah Gubernur Lampung periode 2014-2019. Menurut Rudi, pencalonan Ridho sudah diusulkan oleh 10 Pengprov dari seluruh Indonesia. Meskipun dengan lima usulan Pengprov sebenarnya sudah cukup.

"Kami sudah mendaftarkan calon kami ke tim penjaringan via email," kata Rudi dalam keterangan resmi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Muhammad Ridho Ficardo Punya Semangat Besar di Olahraga

Menurut Rudi Fitrianto, Muhammad Ridho Ficardo sosok generasi muda yang punya semangat besar di dunia olahraga. "Dan kini bertekad ikut memajukan olahraga panjat tebing di Indonesia dan di dunia," ujar Rudi.

Pria berusia 42 tahun tersebut diakui Rudi punya kemampuan manajerial profesional. Sehingga siap untuk mengelola induk organisasi seperti FPTI menjadi yang lebih baik lagi.

"Apalagi, beliau juga pernah jadi Gubernur Lampung selama 1 periode, dan pecinta olahraga," kata Rudi."Selain itu, orangnya ramah, cerdas, dan ber-integritas diri luar biasa."

"Dia punya inovasi-imovasi cerdas untuk memajukan dan meningkatkan prestasi panjat tebing Indonesia untuk berprestasi di tingkat dunia," pungkas Rudi.

 

3 dari 3 halaman

Dua Tiket Olimpiade Paris 2024

Panjat tebung menambah satu tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Tiket kedua didapat Rahmad Adi Mulyono setelah menjuarai disiplin Speed pada Kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Sebelumnya, satu tiket Olimpiade 2024 sudah didapat atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi di nomor speed putri.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI Yenny Wahid mengatakan para atlet Indonesia masih memiliki kesempatan merebut tiket lainnya menuju Olimpiade 2024 Paris melalui dua seri tahun depan.

Kedua seri tersebut adalah turnamen di Huangpu Riverside Shanghai, China, yang berlangsung 16-19 Mei 2024. Selanjutnya ada turnamen di Ludovika, Budapest, Hungaria, 23 Juni yang sekaligus menandai berakhirnya masa kualifikasi untuk para atlet panjat tebing dunia menuju Paris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.