Sukses

Timnas Indonesia Lewatkan Kesempatan Hadapi Jerman Jelang Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 baru saja pulang usai menjalani pemusatan latihan di Jerman. Pasukan Bima Sakti berlatih di sana menyambut partisipasi di Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 baru saja pulang usai menjalani pemusatan latihan di Jerman. Pasukan Bima Sakti berlatih di sana menyambut partisipasi di Piala Dunia U-17 2023.

Selama di Negara Panser, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan ternyata memiliki kesempatan menghadapi Jerman U-17. Namun, Garuda Muda akhirnya tidak mengambil kesempatan tersebut.

Bima Sakti mengungkapkan, dia mendengarkan saran dari konsultan pelatih timnas U-17 Indonesia Frank Wormuth sebagai pertimbangan.

“Ya, ini ada banyak masukan terutama dari coach Frank ke kita. Coach Frank ada pertimbangan lain, kami menerima, oke, memang benar masukan dia kami pahami dan mengerti,” ucap Bima Sakti, dilansir Antara.

Sebelum berangkat ke Jerman, Garuda Muda semula direncanakan bakal melakoni partai uji coba melawan klub lokal dan beberapa tim nasional.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-17 Hanya Hadapi Klub Lokal Jerman

Namun pada akhirnya, timnas U-17 hanya melawan klub loka Jerman yakni seperti TSV Meerbusch U-17, SC Paderborn Youth (U-17 dan U-19), VFL Osnabruck U-19, Eintracht Frankfurt U-19, FSV Mainz 05 U-19, SV Meppen U-17, dan FC Koln U-17.

Dari tujuh pertandingan itu, timnas U-17 mengamankan dua kali kemenangan, satu kali imbang, dan empat kali kekalahan.

Menurut Bima, uji coba melawan tujuh klub itu sudah cukup untuk mematangkan persiapan timnas di Piala Dunia U-17 karena lawan-lawan yang dipilih sudah menggambarkan peta kekuatan tim yang akan dihadapi.

“Makanya kami tidak ambil uji coba lawan tim-tim nasional. Sebab, kami sudah bertanding dengan desain lawan-lawan kita nanti di Piala Dunia U-17, seperti lawan Frankfurt bagaimana mereka pressing terus, coach Frank sudah kenal dengan pelatih lawan uji coba kami,” ucap pelatih 46 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-17 Sudah Pelajari Kekuatan Lawan

Bima Sakti mengklaim pihaknya sudah mulai mempelajari kekuatan lawan jelang tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 memang bakal ditantang lawan cukup berat kala melakoni fase penyisihan grup A mulai 10 November mendatang.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Timnas Indonesia U-17 guna memanaskan mesin jelang menyambut Piala Dunia U-17 2023. Skuad racikan Bima Sakti sebelumnya sempat menjalani pemusatan latihan selama lebih dari satu bulan di Jerman, sebelum kembali ke Tanah Air per Selasa (24/10/2023) lalu.

Adapun sebagai tindak lanjut atas persiapan ini, Bima Sakti bersama jajarannya juga mulai melakukan analisis kekuatan lawan. Tim pelatih Timnas Indonesia U-17 kabarnya telah mengumpulkan klip pertandingan masing-masing negara untuk kemudian menyusun strategi di Piala Dunia U-17 2023.

"Saya sudah bagi tugas dengan tim pelatih. Ada beberapa pelatih menganilisis tim Ekuador, Panama, dan Maroko. Mereka sudah mempersiapkan potongan-potongan videonya dan akan kami bahas bersama-sama," ungkap Bima Sakti selepas latihan Timnas Indonesia U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, SUGBK, Senin (30/10/2023) pagi WIB.

"Nanti Coach Frank akan hadir, dan juga Coach Indra. Kami akan bahas apa yang harus dipersiapkan melawan tiga tim nanti," sambung juru taktik berusia 47 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.