Sukses

Pasang Badan untuk Polemik Garnacho, Andre Onana Banjir Pujian dari Fans Manchester United

Andre Onana yang menjadi 'subjek' unggahan kontroversial Alejandro Garnacho pasang badan membela rekannya. Ia meminta polemik cuitan bernada rasis yang sempat dibagikan pemain Argentina tak dilanjutkan.

Liputan6.com, Jakarta Winger muda Manchester United Alejandro Garnacho kena apes buntut unggahannya di media sosial X. Bintang Timnas Argentina itu terancam kena sanksi dari federasi sepak bola Inggris usai membuat cuitan bernada rasis soal kiper MU Andre Onana.

Sekadar informasi, Onana memang baru saja menjadi pahlawan bagi Setan Merah. Ia berhasil menggagalkan tendangan penalti menit-menit akhir kala MU menjamu Copenhagen dalam duel Liga Champions, Rabu (25/10/2023).

Kesuksesan itu sekaligus mengantar Manchester United mengunci kemenangan 1-0 atas tim tamu. Adapun gol tunggal yang dikantongi pasukan Erik ten Hag sebelumnya disumbangkan oleh bek Harry Maguire.

Garnacho yang turut senang dengan aksi Onana pun sontak berselebrasi melalui cuitan di akun X resminya. Penggawa internasional Argentina mengunggah foto kala dia, Harry Maguire, dan Scott McTominay merayakan aksi heroik sang kiper di laga kontra Copenhagen.

Sekilas postingan tersebut memang nampak seperti bentuk perayaan biasa. Namun, yang jadi persoalan, Garnacho menyematkan dua emoji gorila pada caption, sehingga dianggap bersikap rasialis terhadap Andre Onana.

Pesepak bola berusia 19 tahun dengan cepat merespons situasi dengan menghapus cuitannya di X. Akan tetapi, unggahannya sudah terlanjur beredar sehingga memaksa FA Inggris turun tangan melakukan observasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Andre Onana Pasang Badan

Andre Onana yang menjadi 'subjek' unggahan kontroversial tersebut lantas ikut buka suara menanggapi kasus ini. Alih-alih merasa marah, eks penjaga gawang Inter Milan malah meminta polemik cuitan pemain Argentina tak dilanjutkan.

Ia menyiratkan dirinya tidak tersinggung dengan unggahan Garnacho. Eks pemain Inter Milan pun mengaku paham maksud unggahan rekannya, terlepas dari FA Inggris yang mulai bergerak mengambil tindakan terhadap pesepak bola kelahiran 2004.

"Orang tidak bisa memilih apa yang membuat saya tersinggung. Saya tahu betul apa yang dimaksud Garnacho: kekuasaan dan kekuatan. Masalah ini tidak perlu dilanjutkan," ujar Onana melalui komentarnya di media sosial.

3 dari 5 halaman

Andre Onana Tuai Pujian dari Penggemar

Sikap Onana dalam menanggapi kontroversi Garnacho membuat dirinya kembali menuai sanjungan dari para penggemar. Fans Manchester United memuji perilaku sang penjaga gawang yang berani mendukung rekan setimnya di tengah kontroversi.

"(Sikap) itulah yang ditunjukkan oleh rekan satu tim," tulis seorang penggemar di media sosial, sebagaimana dilansir dari pemberitaan Mirror.

"Penting bagi Onana untuk hadir dan mendukung Garnacho," tambah fans Manchester United lainnya.

4 dari 5 halaman

Sempat Jadi Bulan-bulanan di MU

Sekadar informasi, Andre Onana sendiri sejatinya sempat menjadi bulan-bulanan penggemar menyusul penampilannya yang kurang memuaskan di awal musim 2023/2024.

Kiper asal Kamerun itu gagal menjadi tembok kokoh di barisan terakhir area pertahanan Manchester United dan malah sering membuat blunder yang menyebabkan bobolnya gawang Setan Merah.

Barulah di laga kontra Copenhagen, Onana sukses membuat kontribusi gemilang. Penampilannya menuai pujian dari berbagai pihak, meski MU masih santer digadang-gadang bakal mencoba memulangkan David de Gea melalui kesepakatan jangka pendek.

5 dari 5 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.