Sukses

Kiprah 7 Rekrutan Mahal di Liga Inggris 2023/2024, dari Bikin Blunder hingga Tampil Impresif

Kompetisi sepak bola bergelimang bintang telah menampilkan banyak pertandingan seru, tercipta sejumlah rekor dan kejutan menarik.

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris 2023/2024 telah berlangsung lebih dari 9 pekan. Kompetisi sepak bola bergelimang bintang telah menampilkan banyak pertandingan seru, tercipta sejumlah rekor dan kejutan menarik. Tottenham Hotspur dan Arsenal mengawali langkah dengan baik, dua klub dari London Utara ini mulai merasakan efek dari para pemain-pemain baru dan belum terkalahkan hingga pekan ke-9.

Di sisi lain, klub-klub Besar lainnya seperti Manchester United dan Chelsea mencatat awal yang buruk, sehingga masih tertahan di papan tengah. Padahal mereka sudah mendatangkan amunisi-amunisi baru dengan nilai fantastis di musim panas 2023.

Adakah kesalahan dalam memilih pemain itu? Ataukah para pemain baru mereka memang belum 'nyetel' dengan tim? 

Berikut kiprah 7 rekrutan mahal di Liga Inggris 2023/2024, dari yang masih adaptasi, bikin blunder hingga tampil impresif bersama klub baru.

1. Andre Onana - Manchester United (52,5 Juta Euro)

Andre Onana, penjaga gawang 27 tahun asal Kamerun ini dibeli oleh Manchester United senilai 52,5 juta euro dari Inter Milan. Penampilan impresif Onana musim lalu membuat Erik Ten Hag tertarik merekrutnya untuk menggantikan posisi David Dea Gea. Debutnya berakhir manis, MU menang 1-0 atas Wolves, namun pekan-pekan berikutnya MU kalah dari Tottenham, Arsenal, Brighton dengan skor mencolok.

Sampai 12 laga bersama Manchester United, kualitas Onana belum sebanding dengan harganya. Ia lebih sering membuat blunder dan gagal mengamankan gawang dengan baik. Terlihat dari statistik Onana yang sudah kebobolan 20 gol dan hanya mencatatkan 3 kali clean sheet. Sebagai kiper, ia bahkan sudah mengantongi 2 kartu kuning.

Beberapa legenda sepakbola pun menyoroti performa buruk Andre Onana selama menjaga gawang Manchester United. Beberap waktu lalu, bahkan ESPN melaporkan bahwa situasi Andre Onana berada di ujung tanduk dan terancam kehilangan statusnya sebagai kiper utama MU.

2. Sandro Tonali - Newcastle United (64 Juta Euro)

Newcastle United mendatangkan Sandro Tonali, gelandang muda 23 tahun asal Italia untuk memperkuat lini tengah The Magpies. Tonali ditebus dari AC Milan dengan mahar 64 juta euro dengan durasi kontrak 4 tahun. Debutnya bersama Newcastle berakhir manis, ia mencetak gol dan tim menang telak 5-1 atas Aston Villa. Sayang, kiprah di laga pertama tak berlanjut melawan Manchester City, Liverpool dan Brighton, timnya kalah dan Tonali tidak bermain penuh.

Namun, sepanjang bulan September lalu, Tonali yang baru pulih dari Cedera ini mulai menunjukkan kualitas dan harganya. Ia membantu Newcastle meraih kemenangan besar 8-0 melawan Sheffield United, dan Burnley serta bersinar di Liga Champions. Pekan ke-9 kemarin, Newcastle kembali menang besar 4-0 dari 

Hingga pekan ke-9, Newcastle masih tertahan di papan tengah, namun spesialnya tim ini termasuk produktif dalam mencetak gol. Menarik untuk melihat sejauh mana kontribusi Tonali bagi klub kaya raya baru di Liga Inggris ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dominik Szoboszlai - Liverpool (70 Juta Euro)

Gelandang tengah, 23 tahun asal Hungaria ini mengejutkan penggemar Liga Inggris dan Liverpool sendiri. Namanya tidak biasa, tapi dibeli dengan mahal oleh Liverpool dari RB Leipzig senilai 70 juta euro. Catatan impresif Szoboszlai selama berseragam RB Leipzig jadi salah satu faktor utama. Ia disebut sebagai pemain yang memiliki kemampuan menembak dari dari jauh, tendangan keras dan akurat, hal ini mengingatkan pada legenda Steven Gerrard.

Di Liga Inggris, Szoboszlai sudah menjadi bagian tim penting Liverpool dan selalu bermain penuh. Ia mencetak gol debutnya pada laga melawan Aston Villa di pekan keempat. Rating permainannya bahkan diganjar angka 8.01 seperti dikutip dari whoscored. Sayangnya, dia masih belum mampu membuat Liverpool berjaya di setiap laga. Meski begitu, hingga pekan ke-9, ia mampu membawa Liverpool masuk 4 besar klasemen sementara Liga Inggris.

4. Rasmus Hojlund - Manchester United (75 Juta Euro)

Pemain asal Denmark, Rasmus Hojlund (20 tahun) juga mengejutkan sepak bola Liga Inggris. Manchester United menebus penyerang bertinggi badan 190 cm dari Atlanta dengan mahar sebesar 75 juta euro, yang menjadikannya salah satu pemain mahal di Liga Inggris musim ini.

Di musim lalu, Hojlund berhasil mencetak 10 gol di semua pertandingan bersama Atlanta. Namanya meroket saat membela Timnas Denmark dan membukukan 5 gol. Ia pun digadang-gadang menjadi sosok penyerang haus gol seperti Erling Haaland. Sayangnya, debut Hojlund di Liga Inggris masih belum sesuai harapan.

Masuk sebagai pemain pengganti kala melawan Arsenal, Manchester United terpaksa harus menelan kekalahan dari Klub London Utara dengan skor 3-1. Pekan selanjutnya, saat Hojlund tampil sebagai starter melawan Brighton, hasilnya juga MU kalah 1-3. Hingga pekan ke-9, sang penyerang belum cetak gol. Gol perdana untuk MU malah tercipta di Liga Champions. Secara umum, trend permainan Hojlund mengalami peningkatan dan ia terlibat dalam dua kemenangan MU dalam dua pekan terakhir. 

5. Josko Gvardiol -Manchester City (90 Juta Euro)

Transfer musim panas ini kembali memberikan kejutan dengan keputusan Manchester City mengontrak Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Pemain 21 tahun asal Kroasia itu ditebus dengan biaya mencapai 90 juta euro dan membuat Gvardiol menjadi bek termahal dalam sejarah sepak bola. Penampilan impresifnya di Piala Dunia 2022 jadi salah satu faktor Pep Guardiola mengontraknya.

Sejak debut di laga Burnley, Gvardiol selalu menjadi starter dan menempati posisi bek kiri. Ia tampil baik dan ikut membawa City memenangkan pertandingan melawan klub-klub medioker. Catatan positif itu tak berlanjut kala melawan arsenal, Gvardiol dan City kalah tipis 1-0. Persentase passing sang pemain sangat rendah dibanding laga lainnya. Namun, kemenangan City atas Brighton pekan lalu membuat Gvardiol dkk merangsek ke posisi dua menggeser Arsenal.

3 dari 3 halaman

6. Declan Rice - Arsenal (116,6 Juta Euro)

Gelandang Timnas Inggris, Declan Rice sudah jadi buruan banyak klub besar sejak tahun lalu. Arsenal jadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain dengan nilai transfer sekitar 116,6 juta euro dari West Ham United.

Debut resmi bersama Arsenal, Rice sudah bisa meraih trofi Community Shield setelah The Gunners menang adu pinalti melawan Manchester City. Setelah itu Declan Rice langsung "nyetel" dan menjadi bagian penting Arsenal, mengandaskan perlawanan Duo Manchester hingga sekarang menempati posisi runner up. Ia menjadi pemain krusial dalam laga melawan MU. Seisi Stadion Emirates meledak pada menit ke-90+6 usai Declan Rice menjebol gawang Andre Onana melalui kemelut di depan kotak penalti.

Mikel Arteta menyebut Rice adalah seorang gelandang bertahan yang mendominasi di wilayahnya dan memberi tekanan yang dibutuhkan. Rice sangat dominan dan akhirnya melakukan momen ajaib untuk memenangkan laga. Dalam big match melawan Chelsea pekan lalu, Rice kembali mencetak gol dan membuat Arsenal terhindar dari kekalahan. Namun, hasil seri tersebut membuat Arsenal turun ke peringkat tiga karena dalam waktu bersamaan City berhasil meraih kemenangan di kandang.

7. Moises Caicedo - Chelsea (133 Juta Euro)

Gelandang 21 tahun asal Kolombia ini menjadi pemain termahal Liga Inggris musim 2023/2024. Chelsea mengeluarkan dana sebesar 133 juta euro (termasuk klausul tambahan) untuk mendatangkan Moises Caicedo ke Stamford Bridge dari Brighton. Kehadiran Moises membuat lini tengah Chelsea sangat mewah setelah sebelumnya juga ada enzo yang bernilai di atas 100 juta euro. Pembelian Chelsea musim ini memang agak berbeda, banyak nama asing dan minim prestasi sehingga memicu kritik.

Sejauh ini, Moises belum memberikan banyak kontribusi, Chelsea kesulitan melawan tim medioker di awal kompetisi, tertahan di posisi tengah dan sudah menelan 3x kekalahan. Debut Moises pun tercoreng karena Chelsea kalah dari West Ham United, namun dalam dua pertandingan terakhir Moises mampu membawa Chelsea menang dari Fulham dan Burnley. Catatan positif The Blues dihentikan oleh Arsenal yang mampu mencuri poin di Stamford Bridge. Padahal Chelsea sudah unggul 2 gol, beruntung tidak kena comeback.

Menarik untuk melihat perkembangan Moises, apakah ia mampu bersinar melawan tim besar lainnya dan membawa Chelsea ke papan atas?

Itulah kiprah 7 pemain mahal di Liga Inggris dari sejumlah klub ternama. Apakah klub sudah tepat membeli mereka dengan mahar tinggi? Semua akan terjawab dalam pertandingan-pertandingan Liga Inggris hingga akhir musim 2024. Siapa yang jadi jawara, apakah Declan Rice bisa membawa Arsenal meraih trofi? Mungkinkan Rasmus Hojlund bisa jadi mesin gol Manchester United? Ataukah Moises Caicedo bisa kembali membawa Chelsea ke 4 besar?

Saksikan terus pertandingan Liga Inggris musim 2023/2024 secara eksklusif di Vidio. Untuk pembelian paket Premier League, kamu bisa bayar pakai DANA yang selalu punya promo menarik dan kemudahan dalam transaksi, di mana pun dan kapan pun saja melalui smartphone.

Nah, untungnya sekarang dengan bayar pakai DANA di Google Play, kamu bisa langganan Vidio dengan setengah harga aja lho! Cara bayar pakai DANA di Google Play pun sangat mudah.

Pertama, masuk ke profil di Google Play, lalu pilih 'Kelola Metode Pembayaran'. Kedua, pilih 'Tambah Metode Pembayaran', lalu pilih DANA & ikuti langkah selanjutnya. Ketiga, beli games atau langganan aplikasi favoritmu di Google Play dan Pilih bayar pakai DANA, selesai deh!

Yuk segera download dan gunakan aplikasi DANA di smartphone kamu! Jangan lupa juga untuk ambil voucher setengah harga kamu di sini ya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.