Sukses

Debut Gemilang Marc Guiu Bersama Barcelona: Langsung Ukir Sejarah di Laga Perdana

Marc Guiu membawa Barcelona menang tipis 1-0 atas Athletic Bilbao pada lanjutan La Liga Spanyol, Senin (23/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Nama Marc Guiu tengah melambung. Pemain berusia 17 tahun itu menggemparkan La Liga Spanyol dalam debutnya bersama tim senior Barcelona, Senin (23/10/2023).

Masuk sebagai pemain pengganti jelang berakhirnya pertandingan, Guiu jadi pahlawan kemenangan Barcelona saat bersua Athletic Club di Camp Nou.

Guiu masuk pada menit ke-79 menggantikan posisi Fermin Lopez. Hanya 23 detik berselang, dia langsung mencetak gol memanfaatkan umpan brilian dari Joao Felix.

Keunggulan Barcelona bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Kemenangan 1-0 sekaligus membawa Blaugrana semakin dekat dengan pemuncak klasemen La Liga.

Saat ini, Barcelona mengemas 24 poin atau terpaut 1 poin dari pemuncak klasemen Real Madrid dan Girona yang berada di urutan kedua dengan koleksi 25 poin.

Menurut Opta, Guiu kini menjadi pemain termuda abad ini yang mencetak gol dalam debutnya bersama Barcelona. Dia melakukannya di usia 17 tahun 291 hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marc Guiu Menuai Pujian dari Xavi Hernandez

Manajer Barcelona, Xavi Hernandez pun gembira melihat penampilan Guiu. Keberaniannya memberi kepercayaan kepada pemain La Masia--akademi Barcelona--tidak sia-sia.

"Saya pribadi menyukai Marc Guiu. Saya selalu berkata kalau saya tidak punya masalah mencari pemain di La Masia. Anda harus memberi mereka kepercayaan. Saat Anda melihat pemain itu siap, bawa dia ke lapangan," kata Xavi dilansir dari Goal.

"Wajah Guiu di bench tidak terlihat takut. Dia menatapku dengan tatapan,'masukkan saya.' Saya lihat dia sudah siap dan saya menggantikannya. Anda bisa bilang dia bisa mencetak gol dan semuanya berjalan baik. Saya sangat senang," beber Xavi.

 

3 dari 3 halaman

Kerja Keras Marc Guiu

Guiu sendiri sangat gembira menyambut debutnya bersama Barca. Kerja kerasnya selama ini menunjukkan hasil sempurna. Namun, Guiu perlu mempertahankan performanya demi mendapat tempat reguler di tim utama Barcelona.

"Saya tidak mempercayainya," kata Guiu usai mencetak rekor bersama Barcelona.

"Saya tidak bisa bernapas. Saya sedang menikmati momen ini. Saya telah bekerja keras sepanjang hidupku untuk kesempatan ini dan semuanya sempurna," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.