Sukses

Profil Sir Bobby Charlton, Legenda Manchester United dan Inggris yang Bertabur Rekor

Sir Bobby Charlton memiliki banyak rekor di level Manchester United dan timnas yang baru bisa dipecahkan beberapa dekade berselang.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola tengah berkabung. Legenda Manchester United dan Inggris Bobby Charlton meninggal dunia di usia 86 tahun, Sabtu (21/10/2023).

Charlton merupakan produk asli akademi MU. Dia mencetak 249 gol dalam 758 pertandingan selama 17 tahun bersama Setan Merah. Torehannya tersebut membantu MU menjuarai berbagai trofi. Salah satunya Piala Champions, kini dikenal sebagai Liga Champions, pada edisi 1968.

Bersama Timnas Inggris, Bobby Charlton tampil dalam 106 pertandingan dan mencetak 49 gol. Dia jadi bagian skuad Timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966.

Charlton memiliki banyak rekor di level klub dan timnas yang baru bisa dipecahkan beberapa dekade berselang. Dia membela MU dalam 758 pertandingan. Capaiannya ini baru dipatahkan Ryan Giggs pada 2008.

Selama membela Manchester United, Charlton juga membukukan 249 gol untuk menjadi top skor sepanjang masa klub. Dia akhirnya digeser Wayne Rooney tahun 2017.

Di level timnas, Charlton sukses menyumbang 49 gol bagi tanah kelahirannya. Capaian tersebut disalip Rooney pada 2015.

"Sir Bobby adalah pahlawan bagi jutaan orang, tidak hanya di Manchester, atau Inggris, tapi di mana pun sepak bola dimainkan di seluruh dunia. Dia dikagumi karena sportivitas dan integritas, serta kualitasnya yang luar biasa sebagai pesepak bola; Sir Bobby akan selalu dikenang sebagai raksasa dalam permainan," tulis keterangan resmi MU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Manchester United Juara, Sir Bobby Charlton Rebut Ballon d'Or

Selain sukses kolektif, Charlton juga membawa pulang berbagai penghargaan individu. Yang paling prestisius adalah Ballon d’Or 1966. Dia menjadi satu dari empat pemain Inggris yang merebut gelar tersebut, bersama Stanley Matthews, Kevin Keegan, dan Michael Owen.

Kontribusinya bagi klub membuat Charlton diabadikan bersama Denis Law dan George Best melalui patung Holy Trinity di luar Old Trafford.

“Premier League sangat berduka atas meninggalnya Sir Bobby Charlton, salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola Inggris,” tulis keterangan resmi Premier League.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini