Sukses

Jakarta Marathon 2023 Berlangsung Minggu 22 Oktober, Masyarakat Meriahkan Race Expo

Jakarta Marathon 2023 bakal berlangsung Minggu (22/2023). Ajang ini bakal diikuti sekitar 10 ribu peserta terbagi pada empat kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km), 10 km, dan 5 km hingga Maratoonz (100, 200 dan 400 meter untuk anak-anak).

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Marathon 2023 bakal berlangsung Minggu (22/2023). Ajang ini bakal diikuti sekitar 10 ribu peserta terbagi pada empat kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km), 10 km, dan 5 km hingga Maratoonz (100, 200 dan 400 meter untuk anak-anak).

Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) bertindak sebagai penyelengara baru Jakarta Marathon 2023. Selain lomba, penyelenggara juga menggelar acara Race Expo yang berlangsung pada 19-22 Oktober. Kegiatan ini menghadirkan bazaar makanan dan perlengkapan olahraga, musik dan pertunjukan atraktif, aktivitas olahraga, serta acara-acara seru dari sponsor dan mitra. Tercatat Race Expo sudah menarik minat hampir 50 ribu orang.

”Banyak cara bagi masyarakat umum untuk menjadi bagian dari kemeriahan Jakarta Marathon 2023. Ayo ramaikan Race Expo Jakarta Marathon 2023 yang berlangsung hingga hari Minggu mendatang. Kami juga menghimbau warga Jakarta untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di jalur marathon pada 22 Oktober 2023,” kata Race Director Jakarta Marathon 2023 Donny Tjahyadikarta.

“Tapi mari kita turun ke jalan bersama-sama di sepanjang rute lomba untuk memberi semangat kepada para pelari. Banyak pelari yang hampir menyerah namun kemudian bertahan hingga garis akhir setelah mendengar sorakan penonton yang memberi semangat kepada mereka. Jadi peran penonton ini juga cukup besar memotivasi pelari.”

Penyelenggara Jakarta Marathon 2023 fokus pada tiga aspek gelaran nanti, yakni peningkatan standarisasi lomba, keselamatan pelari, dan tanggung jawab lingkungan.

Dari aspek peningkatan standarisasi lomba, penyelenggara menyediakan jersey lari HOKA, paket lomba (race pack) yang lebih berkualitas, sistem antrean yang lebih nyaman dan teratur serta penyediaan fasilitas-fasilitas untuk pelari di lokasi, seperti lampu, petunjuk jalan yang jelas, penempatan water station yang strategis dan lain sebagainya.

Memastikan setidaknya rute lomba bebas kendaraan bermotor selama paling tidak 4,5 jam, rambu-rambu yang jelas dan marshal yang cakap, semua menjadi bagian integral dari Jakarta Marathon 2023. Keselamatan pelari menjadi prioritas utama, dengan mengadakan pelatihan medis, edukasi kesehatan, asuransi bagi semua pelari, petugas kesehatan berlisensi di sepanjang rute, peralatan medis berstandar internasional termasuk alat Automated External Defibrillator (AED).

Sementara itu, komitmen terhadap lingkungan tercermin dengan mencanangkan Jakarta Marathon 2023 sebagai acara lari jarak jauh tahunan carbon-neutral pertama di Indonesia. Dari penggunaan kendaraan listrik Electrum, pengelolaan sampah berkelanjutan oleh Ecofren, hingga jejak karbon dari setiap pelari dan operasional penyelenggaraan akan dihitung dan di-offset oleh Fairatmos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyelenggara Jakarta Marathon 2023 Antisipasi Suhu Ekstrem

Penyelenggara juga sudah mengantisipasi perkiraan cuaca suhu panas ekstrem pada lomba nanti. Salah satunya dengan menerapkan cut-off-time.

”Ketika penyelenggara menetapkan cut-off-time (COT) untuk masing-masing kategori, sebenarnya salah satu pertimbangan kami menetapkan pembatasan waktu bertujuan agar tidak ada lagi peserta yang mengalami heat stroke karena berlari terlalu lama, apalagi ketika cuaca panas,” kata Medical Director, Jakarta Marathon 2023 dr Andi Kurniawan, Sp.KO.

“Heat stroke adalah istilah ketika seorang individu terkena paparan suhu panas di luar batas yang bisa ditoleransi oleh tubuhnya. Dari awal panitia juga memperhatikan bagaimana menjaga hidrasi pelari selama lomba dengan mengatur jarak water station secara strategis. Termasuk juga fasilitas penanganan dampak cuaca panas (hot environment risk protection), termasuk spons, water sprinkler dan lain sebagainya. Kami harapkan juga kerja sama dari seluruh pelari agar memastikan tingkat kebugaran masing-masing agar menyelesaikan lomba dengan batas waktu lomba,” jelasnya pada rilis yang diterima Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Jakarta Marathon Dapat Dukungan PB PASI

Ajang bernama resmi Hibank Jakarta Marathon powered by Le Minerale ini didukung Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), pemerintah kota DKI Jakarta, Kepolisian, komunitas lari, para sponsor hingga media massa.

Yang istimewa, secara resmi Jakarta Marathon telah mendapat status sanctioned by PASI (didukung oleh PASI) sehingga standarisasi penyelenggaraan lomba tidak saja harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, namun juga harus sesuai dengan aturan lomba yang ditetapkan oleh PASI yang mengacu kepada aturan marathon internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.