Sukses

Total 13 Ribu Peserta Meriahkan Ajang MILO ACTIV Indonesia Race 2023 Jakarta Series

Ajang lari milik Nestle MILO bertajuk MILO ACTIV Indonesia Race (MAIR) 2023 Jakarta Series tuntas digelar pada Minggu (8/10/2023). Sebanyak 13 ribu peserta turut hadir meramaikan perhelatan yang berlangsung di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang lari milik Nestle MILO bertajuk MILO ACTIV Indonesia Race (MAIR) 2023 Jakarta Series tuntas digelar Minggu (8/10/2023). Sebanyak 13 ribu peserta meramaikan perhelatan yang berlangsung di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

MILO ACTIV Indonesia Race edisi ini sekaligus menandai progres pelaksanaan ajang dari segi jumlah peserta dibanding tahun lalu. Pasalnya, setelah sukses digelar dengan 4.500 pelari di edisi sebelunya, MAIR 2023 seri Jakarta sanggup mendulang lebih dari dua kali lipat peserta sepanjang gelaran.

Terdapat total tiga kategori lari dalam MILO ACTIV Indonesia Race 2023 Jakarta Series. Adapun kategori tersbut meliputi lari 10K, 5K, serta family run 2,5K.

Sejumlah pejabat negara juga turut hadir memeriahkan gelaran MAIR 2023 Jakarta sekaligus melepas secara resmi para peserta untuk memulai lari dari Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno.

Beberapa di antaranya ialah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Rachmat Kaimudin, hingga Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MAIR 2023 Sejalan dengan Program Pemerintah

Menpora Dito Ariotedjo mengeklaim pelaksanaan MAIR 2023 Jakarta Series sudah sejalan dengan program pemerintah dalam rangka membangkitkan semangat olahraga di Tanah Air.

Ia pun mengapresiasi diadakannya kategori family run dalam MILO ACTIV Indonesia Race lantaran dinilai menginspirasi orang tua untuk mengajak anak-anaknya aktif terlibat dalam kegiatan olahraga.

“Pelaksanaan MILO ACTIV Indonesia Race sejalan dengan upaya kami dalam menggelorakan semangat olahraga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, apresiasi kepada Nestlé MILO yang konsisten menghadirkan kategori Family Run,” ujar Menpora Dito Ariotedjo, seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

“Hal ini dapat menginspirasi para orang tua untuk mengajarkan olahraga sejak dini kepada anak-anak. Kami berharap MAIR dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat menuju Indonesia Sehat dan Bugar 2045,” sambungnya.

Selaras dengan hal itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga menyambut baik pelaksanaan MAIR 2023 Jakarta series. Menurutnya, kegiatan ini mmenjadi bentuk dukungan bagi pemerintah provinsi dalam rangka menjadikan DKI sebagai destinasi wisata olahraga.

“Kami mendukung inisiatif Nestle MILO menghadirkan acara lari di DKI Jakarta. Kegiatan ini mendukung program pemerintah untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata olahraga dan juga dalam mewujudkan budaya hidup sehat dan aktif bagi warga Jakarta,” ucapnya.

"Kami berterima kasih kepada Nestle MILO yang selalu mengutamakan kenyamanan serta keamanan para pelari selama perlombaan, sehingga menjadikan lomba lari MILO ACTIV Indonesia Race yang selalu dinantikan oleh pelari,” tandas Pj Gubernur DKI Jakarta.

3 dari 4 halaman

MAIR 2023 Juga Dorong Perkembangan Ekonomi

Sementara itu dari segi ekonomi, gelaran MILO ACTIV Indonesia Race 2023 seri Jakarta juga dinilai berperan mendukung perkembangan perekonomian serta pariwisata Tanah Air. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya yang dikutip dari rilis resmi MAIR 2023.

“Sektor swasta berperan penting dalam mendukung perkembangan perekonomian dan pariwisata di Indonesia. Sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia, kami mengapresiasi komitmen Nestle MILO yang konsisten menyelenggarakan MILO ACTIV Indonesia Race,” ujar Sandiaga Uno.

“Pemerintah mendukung acara olahraga ini untuk dimaksimalkan, karena dapat berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, serta membangkitkan sport tourism sehingga turut membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” tambahnya.

Tak hanya mempromosikan gaya hidup sehat, ajang MAIR 2023 Jakarta Series juga turut menggalakkan Gerakan Pilih Hijau guna mendorong masyarakat peduli pada lingkungan. Untuk itu, Nestle MILO selaku penyelenggara telah berkomitmen mendonasikan sebagian dari biaya pendaftaran MAIR 2023 untuk aksi penanaman 15 ribu pohon di Jawa Tengah, yang bekerja sama dengan Yayasan Lindungi Hutan.

Lebih lanjut, Nestle MILO juga turut mengusung semangat Energi Nusantara dengan menghadirkan Nusantara Kids Corner di race village dalam gelaran edisi ini. Hal tersebut merupakan upaya Nestle MILO untuk turut serta mempromosikan permainan asli Indonesia, seperti bakiak, gasing, pencak silat dan congklak.

4 dari 4 halaman

Juara MAIR 2023 Jakarta Series

Adapun untuk peserta peraih juara, benefit berupa uang tunai turut diberikan. Sedilta Pilon Nubatonis keluar sebagai kampiun kategori 10K Putra dengan catatan waktu 33 menit, 35 detik, sehingga berhak atas hadiah senilai Rp5 juta.

Sedangkan di kategori 10K Putri, Aprilia Kartina menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 39 menit, 42 detik. Ia juga diganjar denganhadiah uang tunai bernilai sama, yakni Rp5 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.