Sukses

Demi Cetak Juara Olimpiade, Indonesia Miliki National Olympic Academy

NOA Indoensia bertujuan mensosialisasikan nilai-nilai Olimpiade kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Terobosan baru dibuat Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia demi melahirkan semakin banyak atlet yang bisa menjadi juara di kancah Olimpiade. Indonesia resmi memiliki National Olympic Academy (NOA Indoensia) pada 18 September 2023.

NOA Indoensia bertujuan mensosialisasikan nilai-nilai Olimpiade kepada seluruh masyarakat Indonesia. Diharapkan orang tua juga semakin percaya dan membantu proses pembinaan dari usia dini hingga menjadi atlet profesional.

"NOA Indonesia salah satu manifesto saya saat maju kembali menjadi ketum NOC Indonesia lagi. Ini tidak mudah karena produk baru. Ini akan menjadi alat utama kami dalam mensosialisasikan nilai-nilai Olimpiade kepada seluruh masyarakat Indonesia. Agar semua manfaat-manfaat dari nilai-nilai Olimpiade bisa dipahami," ujar ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Dengan adanya NOA Indonesia diharapkan pembinaan calon atlet bisa lebih lancar sehingga Indonesia bisa lebih sering meraih medali di event besar semacam Olimpiade.

"Pemahaman nilai-nilai Olimpiade sangat luas. Yang utama untuk lebih menggugah masyarakat Indonesia untuk menghargai proses bukan hanya hasil. Tujuan utama kita agar lebih banyak mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan merah-putih setinggi-tingginya."

"Tantangan terbesar di olahraga Indonesia ada dua yaitu bahasa Inggris dan orang tua. Semua module olahraga pakai bahasa Inggris. Yang paling sulit bukan merekrut atlet tapi meyakinkan orang tua agar anaknya bisa jadi atlet," sambung Okto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerjasama Dengen Kemendikbud

NOA Indonesia akan dipimpin oleh Rafiq Radinal. Program ini juga bakal menyasar usia dini sampai universitas. NOC Indonesia juga akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk memuluskan NOA Indonesia.

NOA juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari International Olympic Academy (IOA). Keberadaannya membawa misi peran dari IOA yaitu menjaga Gerakan Olimpiade (Olympic Movement) melalui pilar edukasi. 

3 dari 3 halaman

Beri Beasiswa

Dalam berbagai program yang dijalankan oleh NOA, tentunya sebagian besar akan bersinergi dengan program dari IOA seperti international session, beasiswa Olympic Studies serta beasiswa master program sport management.

Penerima manfaat dari NOA ini utamanya adalah cabor (atlet dan tim pendukung seperti pelatih, manager, dokter dll), mahasiswa dan generasi muda Indonesia pada umumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini