Sukses

Presiden FIFA Gianni Infantino Antusias Sambut Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, Tempat Lahirnya Ikon Sepak Bola

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku tak sabar menyambut gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia, 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku tak sabar menyambut gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia, 10 November hingga 2 Desember mendatang.

"Piala Dunia FIFA U-17 2023, yang diselenggarakan di negara indah Indonesia, tinggal dua bulan lagi. Saya sangat antusias untuk memulai turnamen ini!" tulis Infantino di akun media sosial Instagram, Minggu (10/9/2023).

Infantino merujuk sejarah panjang Piala Dunia U-17 yang kerap melahirkan legenda dan ikon baru sepak bola. Sosok berkebangsaan Swiss itu pun mengunggah foto para alumni kompetisi, mulai Ronaldinho (Brasil), Gianluigi Buffon (Italia), hingga Phil Foden (Inggris).

"Edisi-edisi sebelumnya dari ajang tersebut telah menampilkan banyak pemain yang telah menjadi ikon permainan dan meraih penghargaan luar biasa, termasuk memenangkan Piala Dunia. Ini adalah bukti kalau panggung global yang disediakan oleh FIFA melalui berbagai turnamen junior merupakan landasan sempurna bagi talenta-talenta muda," tulis Infantino.

Tidak lupa Infantino memberi semangat kepada Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti menyusul ketidaksiapan Peru dalam menggelar kompetisi.

"Doa terbaik saya kepada Presiden Persatuan Sepak Bola Indonesia Erick Thohir, tim PSSI, dan semua orang yang terlibat dalam menyelenggarakan turnamen fantastis yang akan menyaksikan para superstar masa depan melanjutkan perjalanan mereka di panggung ini!," lanjut Gianni Infantino.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Kebut Pembenahan Venue Piala Dunia U-17 2023

PSSI sudah mengajukan empat stadion untuk menggelar Piala Dunia U-17. Venue-venue tersebut adalah Jakarta Internasional Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Manahan.

Berbagai persiapan dilakukan agar keempat lokasi tersebut siap tepat waktu, dengan FIFA berencana kembali melakukan inspeksi pada bulan ini.

Contohnya JIS yang perlu memperbaiki kualitas rumput. Setelah melakukan koordinasi, rumput JIS akan mendapat bantuan dari klub Liga 1 Dewa United.

"Rumput mulai dikerok di samping, mungkin minggu depan di tengah. Allhamdulilah, saya berterima kasih ke Dewa United yang merelakan rumputnya untuk JIA karena sudah sesuai dari yang diliat FIFA dengan konsultannya," papar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Kalo ternyata rumput ini bisa, masalah rumput JIS terselesaikan. Saya juga sudah telepon pemiliknya tadi pagi. Pemiliknya support Merah Putih karena ini private, punya swasta," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Debut di Piala Dunia U-17 2023

Terlepas dari kesiapan venue, Indonesia juga bakal berpartisipasi di turnamen karena menjadi tuan rumah. Drawing Piala Dunia U-17 2023 rencananya diagedakan berlaangsung di Zurich, Swiss pada 15 September mendatang.

Pasukan Merah Putih yang menyandang status sebagai tuan rumah dipastikan masuk dalam pot 1, bersanding dengan negara-negara papan atas lain, yakni Meksiko, Prancis, Spanyol, higga Jerman.

Garuda Asia juga akan otomatis menjadi bagian dari Grup A, sehingga anak-anak asuh Bima Sakti nantinya hanya perlu menanti hasil undian untuk mengetahu pesaing-pesaingnya di grup yang sama. Simak pembagian pot untuk drawing Piala Dunia U-17 2023 berikut ini.

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jerman

Pot 2: Mali, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Argentina, Ekuador

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, Venezuela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini