Sukses

Quique Setien, Manajer Pertama yang Jadi Tumbal Ketatnya La Liga 2023/2024

Bukan kali ini saja, masa bakti Quique Setien seumur jagung di tim La Liga.

Liputan6.com, Jakarta La Liga baru juga bergulir empat pekan. Nanun sudah ada pelatih yang tumbang.

Seperti dilansir dari OneFootball, Villarreal baru saja memecat manajernya, Quique Setien akibat penampilan buruk Kapal Selam Kuning di empat laga yang sudah dilalui. Villarreal seperti diketahui hanya mampu meraih satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Pemecatan Setien telah disampaikan secara resmi oleh klub. Sebelumnya, Setien direkrut untuk menggantikan Unai Emery pada Oktober 2022. Pelatih asal Turki itu seperti diketahui memutuskan untuk menangani tim Liga Inggris, Aston Villa.

Setien bukanlah wajah baru di sepak bola Spanyol. Sebelumnya, dia bahkan sempat menangani tim elite seperti Barcelona.

Sayang, usia kebersamaannya dengan Blaugrana juga tidak lama. Dia dipecat setelah tujuh bulan menjabat. 

Selain itu, dia juga pernah menjadi manajer Real Betis, Las Palmas.

Di Villarreal, Setien awalnya menunjukkan pengaruh besar. Dia berhasil membawa Kapal Selam Kuning finis di urutan kelima klasemen akhir La Liga musim 2023/2024. Sementara di Copa del Rey, Villarreal melangkah hingga ke babak 16 besar sebelum dihentikan Real Madrid. Villarreal juga terhenti di fase yang sama pada UEFA Conference League.

“Klub menyoroti profesionalisme dan komitmen Setien yang luar biasa dan mengapresiasi dia karena telah mengambil alih komando dalam situasi rumit musim lalu,” bunyi pernyataan resmi Villarreal melalui situs resmi klub.

"Di bawah pelatih Cantabria, tim menjalani musim yang hebat, mempromosikan banyak pemain muda dari tim yunior, dan lolos ke Liga Eropa UEFA setelah mencapai tempat kelima di LaLiga. Villarreal CF ingin mengucapkan terima kasih kepada Setien atas kerja dan keterlibatannya dan mendoakan yang terbaik untuk karier olahraganya,” Villarreal menambahkan. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Quique Setien Jadi Pelatih Pertama yang Tersingkir dari La Liga Musim Ini

Setien menjadi pelatih pertama yang dipecat di La Liga musim ini. Posisinya untuk sementara bakal digantikan oleh direktur olahraga, Miguel Angel Tena. Dia ditunjuk sebagai pelatih interim mulai Rabu besok (6/9/2023).

Sementara itu, Villarreal saat ini berada di posisi ke-15 klasemen dengan torehan 3 poin dari empat pertandingan. 

Posisi pertama ditempati oleh Real Madrid dengan 12 poin lewat hasil sempurna di empat laga awal. Sedangkan urutan kedua dan ketiga dihuni oleh Girona (10 poin) dan Barcelona (10 poin). 

 

3 dari 3 halaman

Persaingan Ketat La Liga 2023/2024

La Liga sendiri untuk sementara memasuki jeda internasional. Villarreal akan melakoni partai berikutnya melawan Almeria pada 17 September mendatang. Selanjutnya, Villarreal akan bertemu Panathinaikos pada babak penyisihan Europa League 2023/24. 

Saksikan klasemen lengkap La Liga 2023/2024 pada halaman selanjutnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.