Sukses

Nirina Zubir Jadi Pacer di Maybank Marathon 2023: Full Senyum Jalani Pengalaman Perdana

Nirina Zubir tampak ceria menjalankan perannya sebagai pacer di ajang Maybank Marathon 2023.

Liputan6.com, Jakarta Lomba lari Maybank Marathon 2023 berlangsung di Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023). Diawali dari nomor marathon, para pelari pun sudah mulai start sejak pukul 04.30 WITA atau 03.30 WIB. 

Sejam kemudian, giliran half marathon yang mengawali lomba diikuti nomor 10K pukul 06.30 WITA. 

Sebanyak 13.600 peserta mengikuti Maybank Marathon tahun ini sekaligus memecahkan rekor jumlah pelari sejak pertama kali digelar tahun 2012 lalu. Sebelas di antaranya merupakan pelari elite yang berasal dari negara Afrika, Kenya, Uganda, dan Ethiopia. Seluruhnya tampil di nomor full marathon.    

Selain itu, 12 pelari nasional juga ikut meramaikan Maybank Marathon 2023. Sementara sisanya merupakan kalangan awam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. 

Pantauan Liputan6.com, para pelari tampak antusias menunggu lomba dimulai. Mereka sudah berdatangan ke lokasi jauh sebelum bendera start dikibarkan. Ribuan pelari pun terlihat memenuhi ruas jalan sembari menunggu giliran. Lomba diawali dari nomor full marathon pada pukul 04.30 WITA. 

Namun tak hanya pelari yang deg-degan menunggu start. Rombongan pacer yang berjumlah 45 orang juga terlihat sibuk melakukan pemanasan. Maklum mereka juga bakal ikut berlari untuk memandu peserta dalam menjaga kecepatannya hingga bisa mencapai garis finis sesuai waktu yang ditargetkan. 

Menariknya, akrtris Nirina Zubir ternyata ikut dalam rombongan pacer Maybank Marathon 2023. Ini merupakan pengalaman yang benar-benar baru bagi wanita kelahiran Madagaskar, 12 Maret 1980 itu.

"Ini tugas pacer pertama saya," ujar Nirina di sela-sela persiapannya. 

"Enggak lah, anggap saja latihan lari seperti biasa," jawab Nirina saat ditanya apakah dia gugup menjalankan peran perdananya sebagai pacer. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Menjadi Pacer untuk Pertama Kali

Sebanyak 45 pacer bertugas diturunkan pada Maybank Marathon 2023. Mereka berasal dari sejumlah kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, hingga Bali. Sebelum menjalankan perannya di Maybank Marathon 2023, mereka berlatih seminggu sekali sejak bulan Mei lalu. 

Ajang lari sebenarnya bukan hal baru bagi Nirina. Namun menjalankan tugas sebagai pacer jadi pengalaman baru bagi eks VJ MTV itu. "Jadi seperti itu, persiapan harus jauh sebelumnya," katanya.

"Hari ini saya harus berlari hingga 21 km, cuma bedanya saya berlari bukan untuk diri saya sendiri. Tapi kali ini saya berlari untuk mengantar orang-orang agar finis sesuai waktu yang mereka mau," bebernya.

 

 

3 dari 3 halaman

Full Senyum Jelang Bertugas

Seperti pacer-pacer lainnya, Nirina mengekan kostum kuning-hitam. Rambutnya dikepang dua dengan hiasan manik-manik di bagian dahi. Stiker dengan tulisan 2:30 menempel di bagian depan badannya. 

Nirina tampak ceria. Meski baru tiba sehari sebelum lomba, dia tampak prima untuk bertugas. 

Senyuman kerap mengembang dari bibir Nirina saat disapa orang-orang di sekitarnya. Nirina juga masih sempat meladeni permintaan foto dari beberapa penggemar di lokasi lomba. 

Selama berlari, Nirina akan membawa bendera agar lebih mudah terlihat oleh pelari. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.