Sukses

Herjun Atna Firdaus Ungkap Rahasia Juara Back-to-back ARRC Mandalika 2023

Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Herju Atna Firdaus mengungkap rahasia di balik keberhasilannya meraih podium juara secara back-to-back di race 1 dan 2 kelas AP250 seri keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Herjun Atna Firdaus mengungkap rahasia di balik keberhasilannya meraih podium juara secara back-to-back di race 1 dan 2 kelas AP250 seri keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.

Rider asal Pati itu menilai dirinya bisa tampil maksimal lantaran cukup familiar dengan kondisi Sirkuit Mandalika. Maklum, Herjun memang sudah pernah menajajal lintasan balap kebanggaan Indonesia itu saat berpartisipasi dalam kejuaraan nasional beberapa waktu lalu.

"Kemarin sebelum ini (ARRC), (saya) sudah turun Kejurnas di sini (di Sirkuit Mandalika) dengan motor yang sama, cc yang sama, itu juga penyesuaian," papar Herjun saat ditemui awak media selepas race 2 ARRC Mandalika 2023, Minggu (13/8/2023).

"Kemudian setelah kejuaraan, ada latihan sendiri juga di sini bersama tim. Jadi lebih familiar dengan sirkuit," sambung rider yang selalu menyabet posisi terdepan sejak kualifikasi AP250 ARRC Mandalika 2023 itu.

Sebagai informasi, Herjun sejatinya sempat terlempar dari posisi pertama, meski memulai balapan kedua dari pole position. Ia sempat digusur ke urutan lima dan digantikan oleh kompatriot sekaligus rekan setimnya Muhammad Kiandra Ramadhipa, yang gantian memimpin balapan.

Namun, memasuki lap 5, Herjun mampu bangkit lagi dan mengasapi rival-rivalnya hingga finis sebagai juara, diikuti oleh dua pembalap Indonesia lain, Rheza Danica Ahrens (AHRT) dan Irfan Ardiansyah (Motul Sniper Manual Tech).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan di Sirkuit Mandalika

Kendati berhasil menyabet gelar juara berturut-turut, bukan berarti perjuangan Herjun di Sirkuit Mandalika berjalan mulus tanpa hambat. Pembalap Astra Honda Racing Team itu mengakui cuaca panas sempat menjadi tantangan di lap-lap akhir lantaran membuat ban kendaraan cepat habis

"Temperatur aspalnya panas seperti ini dan juga ada ceceran oli. Sebenarnya di dua lap terakhir baru terasa, bannya mulai habis," tutur Herjun menceritakan pengalamannya di race 2 kelas AP 250 ARRC Mandalika 2023.

"Tapi dari lap sebelumnya, aman-aman saja. (Saya) juga tidak terlalu (berusaha) manage tire, tapi coba bikin gap saja (dengan pembalap rival)," tambah dia.

3 dari 4 halaman

Makin Dekat dengan Rheza Danica

Dengan kemenangan di Sirkuit Mandalika, posisi Herjun saat ini makin rapat dengan Rheza Danica Ahrens yang menjadi pemuncak klasemen sementara kelas 250 ARRC 2023.

Duo rider Indonesia yang tergabung dalam Astra Honda Racing team itu cuma tepaut enam poin di urutan 1 dan 2, dengan Rheza telah mengoleksi total 155 angka, sementara Herjun mengumpulkan 149 poin dari empat seri.

Menanggapi persaingan tersebut, Herjun mengaku santai dan tetap sportif terhadap rekan setimnya. Walau begitu, ia juga tak menampik dirinya cukup bersemangat menantikan kompetisi menarik dengan Rheza di seri mendatang.

"Ya normal saja sih kami, kami bersaing secara sportif saja tidak ada yang bagaimana. Akan tapi yang pasti , (kompetisi jadi) lebih seru karena kemarin kan gap-nya lumayan lalu sekarang bisa dekat lagi. Itu bakal menarik buat ditonton," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Podium Race 2 ARRC Mandalika 2023

1. Herjun Atna Firdaus - Indonesia - Astra Honda Racing Team

2. Rheza Danica Ahrens - Indonesi - Astra Honda Racing Team

3. Irfan Ardiansyah - Indonesia - Motul Sniper Manual Tech

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.