Sukses

Gelaran ARRC Mandalika 2023 Dapat Pujian dari FIM Asia

Ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri keempat yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (11/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023) sukses menuai pujian dari FIM Asia berkat kualitas lintasan dan marshal.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri keempat yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (11/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023) sukses menuai pujian dari FIM Asia.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh CEO Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria saat ditemui awak media pada Minggu (13/8/2023) siang waktu setempat.

Ia mengeklaim pihaknya sudah menemui pimpinan FIM Asia serta perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan mendapat respons positif dari mereka atas penyelenggaraan perdana ARRC Mandalika 2023.

"Saya kemarin ketemu dengan pimpinan dari FIM Asia, kemudian saya juga bertemu (perwakilan) IMI Indonesia, IMI NTB, beberapa tim balap, dan pembalap," tutur Priandhi.

"Di sini memang specifically saya tanya soal bagaimana kesan mereka terhadap penyelenggaraan (ARRC), dari Jumat sesi latihan bebas, kemudian Sabtu pagi kualifikasi, lalu (Sabtu) siang-sorenya baru race pertama," tambah dia.

Menurut Priandhi, pihak FIM Asia secara spesifik memuji kualitas lintasan yang tidak bermasalah. Kinerja marshal pun turut disanjung lantaran mampu menangani crash dengan sigap.

"Dari sisi balapnya sendiri, lintasan sama sekali tidak ada masalah. Tidak ada yang licin, racing line cukup, tidak ada kekurangan dari digital flag, penananan marshal terhadap motor yang jatuh, penanganan marshal terhadap tumpahan/tetesan oli saat pembalap jatuh, jadi itu diapresiasi oleh FIM Asia," katanya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sirkuit Mandalika Butuh Perbaikan Aspek Non Balap

Kendati demikian, bukan berarti Sirkuit Mandalika tak perlu pembenahan pasca Asia Road Racing Championship. Priandhi mengeklaim pihaknya saat ini masih mengerjakan beberapa aspek non-race, mulai dari sanitasi hingga kakus.

"Yang masih kami kerjakan terus-terusan adalah nonrace-nya ya. Jadi keramaian di belakang panggung itu selalu kami modifikasi supaya cocok dengan keinginan penonton nantinya," papar CEO MGPA.

"Non race-nya ini juga banyak, ada persiapan kebersihan, toilet, macam-macam, itu kami kerjakan sampai saat ini," tandas Priandhi.

3 dari 3 halaman

Sirkuit Mandalika Bakal Gelar MotoGP 2023

Setelah sukses dengan Asia Road Racing Championship, Sirkuit Mandalika masih akan menghelat ajang balap bergengsi bulan depan. Adalah seri ke-16 MotoGP 2023 yang akan digulirkan di lintasan balap kebanggaan Indonesia pada 13-15 Oktober mendatang.

Priandhi Satria selaku CEO MGPA pun optimistis ajang MotoGP musim ini dapat berjalan dengan baik, mengingat Sirkuit Mandalika sudah melakukan 'pemanasan' dengan menggelar bebagai kompetisi, termasuk seri keempat ARRC 2023.

"Setiap adanya kegiatan itu merupakan latihan bagi kami dan menjadi suatu cara untuk melihat kesiapan kami menjelang ajang berikutnya," tutur Priandhi saat ditemui di sela-sela ARRC Mandalika 2023, Minggu (13/8/2023).

"Contohnya di hari ini (di ARRC), kita jadi tahu apa lagi yang kurang, mana bendera yang rusak, apa lagi yang harus diperbaiki, baik itu CCTV, digital flag, timing system. Jadi ini (ARRC) merupakan latihan dan ajang kami memelihara barang-barang menuju MotoGP nantinya," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.