Sukses

ARRC Mandalika Tunjukkan Wajah Berbeda Sirkuit Jelang MotoGP di Indonesia

Indonesia akan menggelar MotoGP Mandalika untuk kedua kalinya. Infrastruktur di sekitar sirkuit Mandalika kini lebih siap dan lebih baik dibandingkan gelaran yang pertama.

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan balap motor Asia atau Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 sudah digelar di sirkuit Mandalika sejak 11 sampai 13 Agustus 2023. Ada 101 pembalap dari 13 negara yang mengikuti ARRC seri 4 yang digelar di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

ARRC Mandalika 2023 seakan menjadi pemanasan jelang MotoGP Mandalika yang digelar 15 Oktober 2023 nanti. Ini menjadi kali kedua menggelar MotoGP setelah debut di 2022.

Tak hanya membuat aspal di sirkuit Mandalika menjadi lebih grip karena sering dipakai, sehingga racing line tambah banyak. ARRC 2023 juga menunjukkan wajah berbeda sirkuit menjelang gelaran MotoGP Mandalika untuk kedua kalinya.

Fans MotoGP di Indonesia dan juga luar negeri tentu masih ingat semrawutnya MotoGP Mandalika 2022 lalu. Sirkuit saat itu belum sepenuhnya jadi sehingga banyak tanah berlumpur di beberapa area sirkuit yang belum jadi.

Apalagi MotoGP Mandalika 2022 digelar di awal tahun pada 18-20 Maret 2022 yang saat itu masih musim hujan. Sirkuit pun sempat tak bisa digunakan balapan karena diguyur hujan lebih dari satu jam saat itu.

 

Kini, seperti pengamatan Liputan6.com, sirkuit Mandalika tampak lebih siap untuk menggelar MotoGP. Tak ada lagi terlihat tanah yang belum dicor di area sekitar sirkuit Mandalika.

"Dulu di sini masih tanah, sekarang sudah rapih," ujar Riki, salah seorang jurnalis dari Jakarta.

MotoGP Mandalika bakal menjadi serangkaian seri di Asia yang dimulai di sirkuit Buddh, India pada 24 September 2023. Lalu dilanjutkan dengan MotoGP Jepang di sirkuit Motegi sebelum dua pekan hadir di Indonesia.

MotoGP Mandalika juga jadi bagian dari triple header atau balapan tiga seri beruntun di MotoGP 2023. Setelah Indonesia, MotoGP berturut-turut akan digelar di Australia (22 Oktober 2023) dan Thailand (29 Oktober 2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Padat Kegiatan di ARRC Mandalika 2023, Penyelenggara Puas

 

Tak hanya area masuk yang sudah tampak rapi, tapi secara keseluruhan di sirkuit tampak rapi dan teratur. Itu juga yang membuat penyelenggara ARRC Mandalika, MGPA puas dengan lancarnya ARRC 2023.

Ada 35 tim balap dari berbagai negara yang mengikuti balapan yang dimulai dengan sesi latihan bebas Jumat (11/8/2023) sampai bapan di hari Minggu, 13 Agustus 2023.

Free Practice atau latihan bebas yang terdiri dari 13 sesi berjalan dengan lancar dan aman. Pembalap kelas UB150 dan TVS ASIA One Make Championship mendapatkan dua sesi latihan, sementara mereka yang berlaga di kelas AP250, SS600, dan ASB1000 mendapatkan tiga sesi latihan.

Cuaca cerah di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara mendukung para pebalap menjalani sesi free practice dengan baik. Dalam kondisi langit biru yang terang, para pebalap menguji kinerja motor mereka dan mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang persiapan balap dan lintasan.

Kondisi cuaca yang mendukung ini memberikan peluang bagi semua tim untuk beradaptasi dengan lintasan secara maksimal dan menjajaki berbagai strategi balap.

"Kami puas dengan penyelenggaraan hari pertama ARRC 2023. Sesi latihan hari ini berjalan dengan lancar dan aman. Sebanyak 101 pebalap menunjukkan antusiasme mereka dalam menjajal lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang menjadi lintasan terbaru dari seri balap ARRC. Free practice yang berlangsungpagi hingga sore hari ini,kami harap dapat menjadi bekal yang akan membantu para pebalap tampil dengan performa terbaik saat babak kualifikasi dan balapan pada Sabtu-Minggu besok," kata Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), Priandhi Satria seperti rilis yang diterima media Jumat (11/8/2023) lalu.

 

3 dari 5 halaman

MGPA Berdayakan Tenaga Kerja Lokal untuk ARRC dan Balapan Lainnya

 

Sejak Sabtu (12/8/2023), penonton dan penggemar juga akan disuguhkan side event yang penuh hiburan berlokasi di area belakang Grandstand A. Side event yang akan berlangsung sampai Minggu (13/8) ini akan diisi oleh pertunjukan musik dari band-band lokal, test ride kendaraan roda dua dari brand APM Honda dan Yamaha, pameran dari sederet merek kendaraan roda dua dan pendukungnya, Honda, Yamaha, Von Dutch, dan VR46, serta beragam makanan dan minuman yang disediakan di area sirkuit. Side event ini dipersiapkan oleh Dyandra & Co sebagai co-promotor ARRC 2023.

Dalam event ini, penyelenggara juga turut melibatkan tenaga kerja lokal untuk berkontribusi menjadi bagian dalam penyelenggaraan event ARRC 2023.

"Total marshall yang berpartisipasi dan bertugas pada ARRC 2023 ini sebanyak 200 marshall dan semuanya merupakan warga NTB. Sebanyak 313 warga NTB lainnya juga berpartisipasi dalam ARRC 2023 ini sebagai volunteer di berbagai bidang seperti hospitality, ticketing, media center, general worker, security, cleaning service dan waste management," kata Priandhi.

"Upaya kami dalam menciptakan multiplier effectevent ARRC 2023 bagi Masyarakat sekitar kawasan The Mandalika, dan kami harapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menambah rasa ikut memiliki masyarakat atas event ini," dia menambahkan.

Untuk menyaksikan kejuaraan ARRC 2023 pada tanggal 11 - 13 Agustus 2023 secara langsung di Pertamina Mandalika International Circuit, pembelian tiket dapat dilakukan melalui situs resmi www.themandalikagp.com. Tiket ARRC 2023 dibagi menjadi kategori Premium Grandstand A dengan harga Rp100.000, Deluxe Class Rp2.000.000, dan Premiere Class Rp2.500.000 yang semua berlaku untuk 3 hari (three days pass).

 

4 dari 5 halaman

MotoGP Mandalika Sumbang Rp 5 Triliun ke Ekonomi Indonesia

 PT Pertamina (Persero) kembali berpartisipasi menjadi sponsor utama penyelenggaraan MotoGP Mandalika Lombok, yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

"Tentu ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita, semua Indonesia kembali dipercaya untuk tahun ini untuk mengadakan MotoGP internasional di Mandalika yang juga dimana di sini Pertamina sebagai sponsor Utama," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, dalam konferensi press Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Jakarta, Sabtu (22/7/2023). 

Menurut Nicke, perhelatan MotoGP di Mandalika bukan hanya sekedar balapan motor semata. Karena dampak dari perhelatan tersebut sangat besar bagi Indonesia.

Dimana pada awal tahun 2022 lalu, Indonesia  melaksanakan MotoGP di Mandalika yang pertama dan saat itu pandemi covid belum sepenuhnya selesai. Namun, para pecinta MotoGP yang hadir lebih dari 102 ribu orang yang datang secara langsung.

Nicke menyebutkan, ajang MotoGP 2022 berkontribusi sekitar Rp 5 triliun bagi perekonomian nasional, menyerap hingga 4.600 tenaga kerja, dan berhasil mengenalkan 50 UMKM dengan berbagai produk khas Indonesia kepada dunia internasional.

"Tahun lalu ini bisa meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat di semester I itu meningkat 3,3 persen. Jadi dampaknya luar biasa, tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu sekitar 4.600 orang, jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besarnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Nicke berharap perhelatan kedua MotoGP di Sirkuit Mandalika bisa berkontribusi lebih dibandingkan tahun lalu. "Jadi tentu kita berharap MotoGP kedua ini, kan sekarang pandemi covid sudah dibuka di Indonesia tentu kita berharap penonton yang datang lebih dari tahun lalu dan tentu saja bisa memberikan dampak terhadap perekonomian, tenaga kerja dan UMKM," pungkas Nicke.

5 dari 5 halaman

Harga Tiket MotoGP Mandalika Termasuk Pajak

Dilansir dari aplikasi MyPertamina, harga tiket yang tercantum sudah termasuk pajak. Kemudian konsumen harus memastikan data diri yang benar pada saat pembelian tiket. Lalu, Konsumen wajib melakukan registrasi data diri lengkap di aplikasi MyPertamina sebelum membeli tiket MotoGP.

Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan, ditukarkan dengan uang tunai, dikembalikan dalam bentuk keadaan apa pun.

Tiket MotoGP Mandalika tidak dapat dipindahtangankan dan digunakan dengan data diri yang berbeda. Penonton berusia minimal 6 tahun atau lebih yang dapat memasuki area sirkuit. Setelah berhasil melakukan pembayaran di aplikasi MyPertamina, konsumen akan diverifikasi dan dikirimkan e-ticket melalui email.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.