Sukses

Cerita Fadillah Arbi Aditama Tampil Perdana di SS600 ARRC Mandalika: Terpuruk saat FP, Finis 5 Besar di Race 1

Pembalap AHRT Fadillah Arbi Aditama sukses menunjukkan performa menjanjikan dalam kali perdananya tampil di kelas SuperSports 600 Asia Road Racing Championship (ARRC) Mandalika 2023. Ia tembus ke peringkat 5 besar dalam race 1 ARRC seri keempat yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama sukses menunjukkan performa menjanjikan dalam kali perdananya tampil di kelas SuperSports 600 Asia Road Racing Championship (ARRC) Mandalika 2023.

Rider asal Purworejo itu  tembus ke peringkat 5 besar dalam race 1 ARRC 2023 seri keempat yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (12/82023) siang waktu setempat.

Pencapaian ini tergolong apik buat Arbi mengingat dirinya baru sekali menjajal kelas dan kompetisi serupa. Apalagi sang pembalap boleh dikata cukup terpuruk di sesi latihan bebas lantaran selalu gagal merangsek ke urutan 10 besar. 

Mengutip catatan di situs resmi Asia Road Racing Championship, Arbi cuma mampu menempati peringkat 12, 13, dan 11 dalam free practice 1, 2, 3 pada Jumat (11/8/2023). 

Kendati demikian, rider jebolan Astra Honda Racing School itu mampu bangkit dan mengamankan starting grid ke-6 saat kualifikasi, seblum finis di urutan 5 dalam balapan perdana yang dihelat Sabtu (12/8/2023). 

Arbi sendiri mengaku cukup puas dengan hasil balapan perdana ARRC Mandalika 2023. Ia pun merasa mendapat banyak pelajaran dari penampilan itu untuk bisa dijadikan bekal menatap race 2 pada Minggu (13/8/2023). 

"Hasil balapan tadi Alhamdulillah cukup memuaskan buat Arbi karena ini pertama kali Arbi race pakai motor production dan 600 cc," tutur Fadillah Arbi Aditama saat ditemui awak media selepas balapan di Sirkuit Mandalika. 

"Dari race tadi Arbi dapat pengalaman banyak tentunya, secara manage tire (roda) dan learning track juga. Hasil race tadi Arbi cukup puas dan senang dengan itu," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasang Surut Fadillah Arbi Aditama di Race 1

Adapun di race 1 sendiri, Fadillah Arbi Aditama sejatinya juga sempat mengalami pasang surut. Ia tembus ke urutan 3 saat awal balapan, tetapi tersalip hingga melorot ke posisi 6. 

Upaya untuk mengejar ketertinggalan di lap-lap yang tersisa pun gagal membuahkan hasil maksimal. Arbi menilai hal tersebut merupakan buntut dari management tire-nya yang belum bagus di balapan pertama. 

"Arbi memulai balapan dengan bagus, start-nya Arbi cukup bagus, terus mengambil racing line di turn pertama juga bagus, lalu Arbi sempat overtake Minamoto di lap ketiga kalau tidak salah. Arbi naik ke posisi yang ketiga," kisahnya seleps race 1 ARRC Mandalika 2023. 

"Di posisi yang ketiga itu Arbi menggunakan ban terlalu banyak. (Arbi) ketinggalan dari rombongan yang pertama, jadi Arbi mau catching rombongan yang pertama, tapi pakai ban terlalu banyak," sambung sosok yang naik daun usai menjuarai seri JuniorGP di Sirkuit Catalunya Juli lalu.

"Setelah 5-6 lap, karena temperatur Mandalika cukup panas dan aspalnya yang menggerus ban cukup banyak, jadi di sisa 4 atau 5 lap, Arbi sudah kesusahan untuk mengontrol ban. Ini mungkin pelajaran untuk Arbi juga, (semoga di race selanjutnya bisa mempertahankan supaya (ban) lebih awet lagi, lebih soft lagi cara mainnya," tandas dia.

3 dari 4 halaman

Target Fadillah Arbi Aditama di Race 2

Usai tampil cukup menjanjikan di babak kualifikasi dan race 1, Fadillah Arbi Aditama memasang target ambisius jelang melakoni desi balapan kedua ARRC Mandalika 2023.

Rider berusia 18 tahun itu bertekad melampaui posisi 5 besar dengan merebut peringkat 3 atau 4 saat menjajal Sirkuit Mandalika pada Minggu (13/8/2023). 

"Untuk target di race yang kedua tentunya harus lebih baik dari race yang pertama karena di race yang pertama Arbi juga mendapatkan banyak pengalaman," tutur Arbi kepada awak media. 

"Tentunya Arbi harus belajar dari itu, memperbaiki itu, dan targetnya otomatis harus lebih baik dari 5 besar, entah (di posisi) 4 atau 3," tambah rider AHRT

4 dari 4 halaman

Hasil SS600 ARRC Mandalika 2024

Podium

1. Muhammad Helmi Azman - Malaysia - Boon Siew Honda Racing Team 

2. Khairul Idam Pawi - Malaysia - Boon Siew Honda Racing Team 

3. Soichiro Minamimoto - Jepang - Yamaha Gen Blu Racing Team ASEAN

 

Wakil Indonesia

5. Fadillah Arbi Aditama - Indonesia - Astra Honda Racing Team

7. Mohammad Adenanta Putra - Indonesia - Astra Honda Racing Team 

8. Galang Hendra Pratama - Indonesia - Yamaha Racing Indonesia 

14. Andi Muhammad Fadly - Indonesia - Yamaha Racing Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.