Sukses

Australian Open 2023: Rinov/Pitha Menangi Perang Saudara Atas Dejan/Gloria

Ganda campuan Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melangkah ke babak 16 besar Australian Open 2023 setelah mengatasi rekan senegara Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Liputan6.com, Jakarta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memenangi perang saudara di babak 32 besar Australian Open 2023. Ganda campuran Indonesia itu mengatasi rekan senegara, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Berlaga di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Rabu (2/8) pagi WIB, Rinov/Pitha menang lewat pertarungan rubber game, 14-21, 21-15, dan 21-15. Dengan kenenangan ini, Rinov/Pitha merebut tiket ke babak kedua turnamen lbulu tangkis evel super 500.

"Hari ini kami bisa main cukup bagus. Di game pertama memang masih jelek. Suasananya seperti masih terbawa dari kekalahan di Jepang pekan lalu," kata Rinov usai laga Australian Open 2023.

Dengan kemenangan ini, rekor pertemuan Rinov/Pitra dan Dejan/Gloria menjadi 2-0. Pada pertemuan perdana di babak pertama Swiss Open 2023, Rinov/Pitha juga menang 14-21, 21-16, dan 21-11.

"Tadi di game kedua kami mencoba bermain nothing to lose saja dan malah berhasil. "Di game ketiga kami diberi masukan pelatih agar lebih tenang dan percaya diri. Selain itu, tadi kami juga diuntungkan karena dua kali lawan dianggap salah oleh service judge," tambah Rinov.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rinov/Putra Percaya Diri

Saat masuk lapangan, Rinov/Pitha ada rasa percaya diri. Ada nilai plus karena sebelumnya juga bisa menang di Swiss Open lalu.

"Kami hanya fokus ke diri sendiri dan tidak terlalu banyak berpikir. Selain itu, komunikasi di tengah lapangan juga lancar. Hanya, di gim pertama, kami masih sering mati sendiri," ujar Pitha.

Sementara Dejan/Gloria harus mengakui keunggulan kompatriotnya. "Kita akui, lawan lebih siap. Pada game kedua kami kecolongan dari start awal. Selebihnya permainan kami sudah maksimal. Tadi saat dua kali kena service fault, lumayan juga berpengaruh, apalagi di poin-poin kritis," tutur Gloria

"Di game pembuka, strategi kami bisa masuk. Sayang di game kedua, lawan mengubah pola yang tidak sama dengan gim pertama. Hanya karena kena service fault, kami jadi ragu-ragu. Kami takut kena fault. Ini tentu sangat pengaruh terhadap permainan kami," tambah Dejan.

 

3 dari 3 halaman

Adnan Maulana/Nita Violina ke Babak 16 Besar Australian Open

Kemenangan juga diraih Adnan Maulana/Nita Violina Marwah pada babak 32 besar Australian Open 2023. Ganda campuran Indonesia ini mengalahkan Chan Peng Soon/Cheah Yee See dari Malaysia 21-16 dan 21-10.

"Alhamdulillah bisa menang. Pola permainan kami memang sudah sesuai dengan keinginan kami. Dari awal kami yakin dan jangan banyak salah sendiri saja. Selain itu, fokusnya juga harus dijaga dari awal sampai akhir," kata Adnan.

"Kami sebelumnya pernah ketemu mereka. Jadi bisa mengantisipasi pola permainan lawan. Kami berusaha lebih banyak menurunkan bola, sebab kalau diangkat malah sering out," tambah Nita.

Sayang, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang tampil di tunggal putri, gagal mengikuti jejak rekan-rekannya. Ester disingkirkan Supanida Katetong dari Thailand 7-21 dan 11-21.

"Ini penampilan pertama saya di kejuaraan super 500. Banyak pelajaran yang bisa dapatkan di sini. Pelajaran yang bisa saya dapat di kejuaraan ini, saya harus lebih berani dan jangan banyak melakukan kesalahan sendiri. Sementara tadi Supanida juga bermain lebih aman dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri," ungkap Ester.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.