Sukses

Pangeran William Puji Dele Alli yang Berani dan Inspiratif

Pangeran William memuji Dele Alli setelah berbicara tentang pelecehan seksual yang dialaminya saat masih kecil.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran William memuji Dele Alli yang berani dan inspiratif lantaran berbicara mengenai perjuangan kesehatan mentalnya. Ini setelah gelandang Everton itu mengungkapkan bahwa ia pernah mengalami pelecehan seksual sebagai seorang anak.

Dalam sebuah wawancara yang emosional, Dele Alli menceritakan bagaimana dilecehkan saat berusia enam tahun. Ia juga berurusan dengan obat-obatan terlarang pada usia delapan tahun.

Mantan pemain Tottenham Hotspur itu juga berbicara tentang masalah alkohol, kecanduan obat tidur, dan mengatasi masalah kesehatan mentalnya dengan menghabiskan enam pekan di klinik rehabilitasi.

Pemain berusia 27 tahun itu mengatakan sudah mempertimbangkan untuk gantung sepatu tiga tahun lalu sebelum meninggalkan Tottenham ke Everton pada 2022. Pengakuan Dele Ali mendapat dukungan dari Pangeran William.

Dalam sebuah tweet pribadi, Pangeran Wales tersebut menulis: "Berani dan inspiratif @dele_official. Mendiskusikan kesehatan mental bukanlah tanda kelemahan. Mari kita lanjutkan percakapan ini."

"Kami semua bersamamu dan kami mendoakan yang terbaik untukmu. W," tulis Pangeran William.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dele Alli juga Dapat Dukungan NSPCC

NSPCC juga memuji keberanian Dele Alli. Mereka menyuarakan harapan bahwa keberanian mantan pemain timnas Inggris ini akan mendorong orang lain yang berada dalam posisi sama untuk mencari bantuan.

Seorang juru bicara mengatakan: "Dele Alli telah menunjukkan keberanian yang luar biasa dalam mengungkapkan pelecehan yang dideritanya di masa kecilnya. Berbicara tentang pelecehan seksual kapan pun itu terjadi bisa sangat menakutkan dengan para penyintas yang terkadang merasa bersalah, malu, atau bingung."

"Dampak pelecehan seksual pada anak bisa sangat menghancurkan, dan dapat berlanjut hingga dewasa. Sangat penting bahwa keselamatan dan perlindungan semua anak tetap menjadi prioritas yang jelas bagi semua pihak yang memiliki otoritas."

"Kami berharap Dele Alli mendapatkan dukungan yang ia butuhkan dan keberaniannya untuk bersuara akan mendorong orang lain yang berada di posisi yang sama untuk melakukan hal yang sama dan akan meyakinkan mereka bahwa mereka tidak sendirian dan ada orang-orang di sini untuk mendukung mereka," ucap juru bicara NSPCC.

 

3 dari 3 halaman

Harry Kane dan Gary Lineker Dukung Dele Alli

Kapten timnas Inggris yang juga eks rekan setim Dele Alli di Tottenham Hotspur Harry Kane me-retweet sebuah cuplikan dari wawancara tersebut dan menulis: "Bangga dengan @dele_official yang telah berbicara dan berbagi pengalamannya untuk mencoba membantu orang lain."

Hal senada juga disampaikan legenda Tottenham Hotspur Gary Lineker yang mencuit: "Ini sangat kuat dan berani. Semoga sukses untukmu @dele_official."

Asosiasi Pesepak Bola Profesional juga mengeluarkan pernyataan di Twitter untuk menanggapi wawancara Alli. "Dele sangat berani menceritakan kisahnya dengan kejujuran dalam wawancara penting dengan @GNev2 (Neville)," kata PFA.

"Mendengar Dele berbicara dengan keterbukaan seperti itu akan membuat perbedaan, dan keinginannya untuk menggunakan pengalamannya sendiri untuk menjadi inspirasi bagi orang lain - di dalam dan di luar sepak bola - adalah sesuatu yang sangat membanggakan."

Organisasi anti-diskriminasi Kick It Out menambahkan: "Wawancara yang sangat kuat dan sangat berani. Membuka diri dan membagikan kisahnya dengan harapan dapat membantu orang lain adalah hal yang merendahkan hati dan menginspirasi."

"Hal ini juga menunjukkan bahwa terkadang Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam kehidupan seseorang. #Jadilah Orang Baik."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.