Sukses

Melempem di Manchester United, Sir Jim Ratcliffe Bisa Selamatkan Donny van de Beek

Gelandang tak terpakai Manchester United, Donny van de Beek, berpotensi mendapat bantuan secara tidak langsung dari calon pemilik baru MU Sir Jim Ratcliffe.

Liputan6.com, Jakarta Meski belum jadi pemilik Manchester United, Sir Jim Ratcliffe berpotensi menjadi juru selamat bagi salah satu gelandang tak terpakai di Old Trafford. Klub Prancis yang berada di bawah naungannya, OGC Nice, dikabarkan tertarik merekrut Donny van de Beek dari MU.

Sebagaimana diketahui, Sir Jim Ratcliffe saat ini memang tengah dalam perlombaan untuk mengambil alih klub raksasa Liga Inggris Setan Merah. Ia harus saling sikut dengan miliarder asal Qatar Sheikh Jassim yang juga tertarik membeli MU dari keluarga Glazer.

Sayangnya hingga kini, saga penjualan Manchester United belum terlihat ujungnya. Sir Jim Ratcliffe menyatakan ia masih menjadi bagian dari proses penjualan Setan Merah, walau banyak pihak meyakini Sheikh Jassim berpeluang memenangkan pertarungan tersebut.

Di tengah sengitnya kompetisi untuk mendapatkan kepemilikan MU, Sir Jim Ratcliffe rupanya masih bisa jadi pemberi jalan keluar bagi salah satu gelandang tersisih Setan Merah, Donny van de Beek.

Pemain asal Belanda itu diyakini punya peluang untuk hijrah ke OGC Nice apabila jasanya sudah tak lagi diinginkan oleh Erik ten Hag musim depan.

Tak dapat dimungkiri, Van de Beek memang gagal memberi kontribusi signifikan bagi Setan Merah. Situs Transfermarkt mencatat pemain asal Belanda cuma sanggup mengoleksi 10 penampilan bersama Manchester United di semua ajang musim lalu.

Situasi tersebut membuat keberadaan Van de Beek tak lagi aman di MU. Belum lagi Setan Merah baru saja kedatangan sosok gelandang baru dalam diri Mason Mount.

Alhasil Van de Beek pun diyakini menjadi satu dari deretan penggawa yang siap dilego oleh Setan Merah. Penjualannya dapat memberi suntikan dana tambahan bagi MU untuk melakukan akivitas di bursa transfer musim panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donny van de Beek Mulai Cari Klub Baru

Donny van de Beek sendiri nampaknya cukup sadar bahwa keberadaannya tak lagi dibutuhkan di Manchester United. Laporan 90min mengeklaim pesepak bola berusia 26 tahun tersebut sudah mulai berdiskusi dengan sejumlah klub Eropa melalui agennya.

Dari antara berbagai opsi yang tengah dieksplorasi, nama klub Sir Jim Ratcliffe, OGC Nice menjadi salah satu kubu yang meminati jasa Van de Beek

Tim yang berbasis di Prancis itu memang bukan bagian dari klub-klub papan atas Ligue 1. Kendati demikian, performanya boleh dikata tak buruk-buruk amat lantaran mampu finis di pengkat 9 klasemen akhir musim lalu.

Di sisi lain, juara Liga Europa Sevilla juga disebut siap memberikan jalan keluar bagi Van de Beek dari MU. Demikian halnya dengan kampiun Liga Belanda Feyenoord yang dikabarkan bersedia menampung sang pemain asalkan ada persyaratan yang tepat.

3 dari 3 halaman

Disarankan Pindah ke Klub Skotlandia

Kalau pun tak cocok dengan klub-klub di atas, Donny van de Beek disarankan mempertimbangkan potensi hijrah ke kubu Skotlandia, Celtic. Eks pemain Neil Lennon menilai mantan klubnya bisa jadi tempat yang ideal buat Van de Beek untuk menghidupkan kembali kariernya yang redup di MU.

"Mungkin saja (Donny van de Beek bisa pindah ke Celtic). Kariernya agak terhenti sekarang. Padahal dia tampil luar biasa untuk Ajax ketika mereka tembus ke semifinal Liga Champions (2018/2019) bersama tim muda yang sangat bagus itu," tutur Lennon kepada Go Radio Football Show, seperti dilansir dari Mirror.

"Dia lantas pindah ke MU dan (kariernya) tidak berhasil (berjalan baik), dia dipinjamkan ke Everton dan itu juga tidak berhasil. Jadi dia perlu awalan baru, dan mungkin Celtic adalah tempat baginya untuk melakukan hal itu," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.