Sukses

Awal Mula Zahra Muzdalifah Direkrut Klub Jepang Cerezo Osaka

Zahra Muzdalifah akan bergabung dengan Cerezo Osaka yang main di WE League. Zahra dikontrak selama setahun.

Liputan6.com, Jakarta- Kabar menggembirakan untuk sepak bola Indonesia datang dari pemain putri Zahra Muzdalifah. Pada Selasa 4 Juli 2023, Zahra resmi diumumkan bergabung bersama klub Liga Jepang Cerezo Osaka. Zahra akan bermain di Liga Wanita baru di Jepang yakni WE League.

Perjuangan berat harus dilalui Zahra untuk bisa dikontrak Cerezo Osaka selama setahun. Zahra harus dua kali melakukan trial di Jepang. Yang pertama berlangsung dua minggu, kemudian harus ada yag kedua selama tiga bulan.

"Awal mulanya saya latihan di Inggris selama empat bulan. Kemudian dapat telepon untuk trial dua minggu di Cerezo Osaka. Trial pertama masih ditemani. Setelah itu mereka mau lihat lebih lanjut terus lanjut trial tiga bulan. Kali ini benar-benar sendirian di sana," terang Zahra di Jakarta.

"Saat latihan di Cerezo Osaka awalnya saya ditempatkan sebagai pemain sayap. Awal-awal latihan kedua yang tiga bulan juga masih disayap. Kemudian dipindah ke striker dan pelatih merasa cocok banget. Sekarang akan main sebagai striker," papar Zahra.

Zahra pun menyusul Pratama Arhan yang bermain di divisi dua Liga Jepang bersama Tokyo Verdy. Arhan sudah memasuki musim kedua di Jepang. Zahra rupanya sempat bertanya juga kepada Arhan sebelum direkrut Cerezo.

"Suka iseng-iseng nanya juga (ke Arhan) tapi dia di Tokyo dan saya nanti di Osaka. Tokyo dan Osaka berbeda karakter orang-orangnya. Masalah makanan di Jepang tidak ada masalah karena disana kan juga nasi," lanjut Zahra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zahra Diyakini Sukses di Jepang

Zahra menjadi pemain asing pertama di tim Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Zahra bisa menembus WE League yang merupakan kasta tertinggi sepak bola wanita Jepang berkat peran klubnya, Asiana Soccer School. 

Cerezo Osaka menjalin kerjasama dengan Asiana Soccer School untuk kembangkan ekosistem industri sepak bola profesional di Indonesia. Kerjasama ini juga diresmikan bersamaan dengan perekrutan Zahra di Hotel Fairmont, Selasa (4/7/2023).

"Saya yakin kontrak setahun Zahra di Cerezo Osaka Ladies ini akan naik lagi. Zahra orangnya pekerja keras dia akan sukses," ujar bos Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Sambut Baik Kepindahan Zahra ke Jepang

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo turut hadir dalam peresmian kerjasama Asiana dengan Cerezo Osaka dan penandatangan kontrak Zahra. Erick bangga semakin banyak pesepakbola putri Indonesia main di luar negeri.

"Saya dan Menpora bahagia ada pemain nasional putri yang selama ini kita lihat dengan mata sebelah padahal rankingnya lebih bagus daripada putra sekarang banyak yang main di internasional. Ada di Jepang, Jerman sampai Australia," tutur Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini