Sukses

Jadwal FIFA Matchday Indonesia vs Argentina: Sanggupkah Skuad Garuda Redam Juara Dunia?

Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan berat di FIFA Matchday Juni 2023. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan bersua dengan sang juara Piala Dunia 2022, Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan berat di FIFA Matchday Juni 2023. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan bersua dengan sang juara Piala Dunia 2022, Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023).

Pertandingan kontra Argentina menjadi laga kedua Skuad Garuda dalam perhelatan FIFA Matchday kali ini. Seperti diketahui, Witan Sulaeman dan kawan-kawan sebelumnya telah menjajal kekuatan Palestina pada Rabu (14/6/2023). 

Timnas Indonesia yang menempati ranking 149 FIFA hanya mampu menahan imbang lawannya yang berada di urutan 93. Sejumlah peluang gagal dimanfaatkan, sehingga pasukan Shin Tae-yong harus puas bermain 0-0 hingga akhir laga. 

Adapun bagi Albiceleste, laga melawan Skuad Garuda juga menjadi kali kedua mereka menjalani duel uji coba di Asia. Tim besutan Lionel Scaloni sempat menghadapi Australia di Beijing, Kamis (15/6/2023) lalu, yang berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Argentina.

Sehari setelahnya, Timnas Argentina langsung menempuh perjalanan enam jam menuju Indonesia. Albiceleste tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Jumat (16/6/2023) dan disambut secara tertutup oleh petinggi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Tak Pasang Target Muluk-Muluk

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ogah pasang target muluk-muluk untuk anak-anak asuhnya saat melakoni FIFA Matchday melawan Argentina.

Alih-alih memetik kemenangan, taktik asal Korea Selatan itu hanya ingin skuad Garuda mengambil pelajaran sebanyak mungkin dari Albiceleste, mengingat mereka saat ini menyandang status sebagai juara Piala Dunia serta menduduki ranking 1 FIFA. 

"Tim Argentina memang juara dunia tahun lalu, dan saat ini pun (mereka menduduki) FIFA ranking nomor 1. Jadi tidak ada yang bisa menilai tim Argentina seperti apa," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK pada Minggu (18/6/2023). 

"Saya pun sudah nonton pertandingan Argentina lawan Australia di China kemarin, dan sangat kelihatan kondisi mereka baik. (Argentina) menunjukkan bahwa mereka adalah tim juara dunia." 

"Pertandingan ini pasti menjadi bantuan besar (bagi Timnas Indonesia) sebelum Piala Asia. Para pemain bisa banyak belajar dari Timnas Argentina, dan dengan pertandingan ini kita bisa tahu tim kita sekuat apa serta bisa menentukan arah ke depannya," sambung Shin Tae-yong kepada awak media.

3 dari 4 halaman

Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Sekadar informasi, Timnas Argentina sudah dipastikan bermain tanpa Lionel Messi saat bertandang ke Indonesia. Albiceleste juga tak bakal diperkuat oleh dua bintang lain, yakni Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi. 

Walau demikian, juru taktik Skuad Garuda Shin Tae-yong nampaknya ogah memusingkan fakta itu. Menurutnya ketidakhadiran ketiga penggawa tak bakal berdampak terlalu signifikan pada kualitas performa Timnas Argentina. 

"Ini tim Argentina. Pastinya (mereka) tidak (hanya) mengandalkan satu pemain yaitu Lionel Messi," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Minggu (18/6/2023)z

"Yang namanya FIFA ranking nomor 1, pasti semua pemain dan keseluruhan pemain dari tim Argentina memang baik dalam permainannya." 

"Jadi permainan bola memang seperti itu. Hanya dengan satu pemain, (mereka) tidak akan menjadi juara Piala Dunia," tandas pelatih asal Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Argentina

Indonesia vs Argentina

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Hari: Senin, 19 Juni 2023

Waktu: 19.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Live streaming: RCTI+

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.