Sukses

Lawan Palestina dan Argentina di FIFA Matchday, Berapa Poin yang Didapatkan Timnas Indonesia Kalau Menang?

Timnas Indonesia punya kesempatan angkat posisi di ranking FIFA saat melawan Palestina pada 14 Juni dan Argentina pada 19 Juni. Syaratnya Garuda harus menang atau imbang lawan kedua negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menjalani duel yang menantang di FIFA Matchday Juni. Ada dua lawan yang siap ditantang Indonesia yaitu Palestina dan Argentina.

Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina pada Rabu, 14 Juni 2023 di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Indonesia berpeluang menurunkan skuad terbaik kecuali Sandy Walsh dan Shayne Pattinama yang terkendala dengan alasan berbeda.

Garuda kemudian akan menghadapi laga yang jarang terjadi melawan juara Piala Dunia 2022, Timnas Argentina. Duel ini akan digelar pada Senin, 19 Juni 2023 di stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Dua laga FIFA Matchday ini bernilai strategis untuk mendongkrak posisi Indonesia di ranking FIFA. Soalnya, Timnas Indonesia menghadapi lawan yang memiliki peringkat lebih tinggi.

Palestina saat ini tercatat ada di peringkat 93 di ranking FIFA. Sedangkan Argentina, tentu saja berada di posisi 1 karena sudah juara Piala Dunia 2022.

Lalu berapa poin yang didapatkan Indonesia kalau menang, seri atau kalah lawan Argentina dan Palestina?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Poin untuk Timnas Indonesia di FIFA Matcday Lawan Palestina dan Argentina

 

Timnas Indonesia sudah mempersiapkan diri dengan baik lawan Palestina dan Argentina. Fokus kini menghadapi Palestina, negara yang menjadi sahabat baik Indonesia karena selalu mendukung perjuangan negara di Timur Tengah ini melawan Israel.

Dua laga uji coba, lawan Argentina dan Palestina, bisa memberi tambahan poin untuk Timnas Indonesia pada ranking FIFA. Bahkan, jika mampu menang, bukan tak mungkin peringkat Indonesia akan naik signifikan.

Dikutip dari simulasi yang dibuat oleh Football Ranking, Indonesia akan mendapat tambahan 6,77 poin jika menang lawan Palestina. Namun, jika kalah, poin Indonesia bakal berkurang 3,23.

Melawan Argentina, Indonesia berpotensi dapat tambahan poin lebih banyak. Jika Marc Klok dan kolega menang atas Argentina, poin akan ditambah sebanyak 9,66. Lalu, hasil imbang akan mendapat 4,55 poin dan kekalahan membuat poin Indonesia dikurangi 0,45.

3 dari 5 halaman

Shin Tae Yong Pakai Blangkon

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong, kembali mencuri perhatian. Kali ini, dia jadi sorotan karena penampilannya yang tak biasa kala menghadiri gala dinner jelang laga Timnas Indonesia vs Palestina di FIFA Matchday Juni 2023.

Acara gala dinner itu diketahui digelar di Balai Kota Surabaya, pada Minggu 11 Juni 2023. Dalam menghadiri acara itu, Shin Tae-Yong terlihat mengenakan blangkon khas Jawa Timur. Tak sendirian, Shin Tae-Yong mengenakan blangkon bersama staf pelatih lain di Timnas Indonesia serta seorang pemain naturalisasi yaitu Sandy Walsh. Sontak, penampilan pelatih asal Korea Selatan itu pun langsung jadi sorotan.

Momen Shin Tae-Yong atau STY mengenakan blangkon ini terlihat dalam unggahan penerjemahnya, yakni Jeong Seok-seo, di akun Tiktoknya. Shin Tae-Yong terlihat sangat senang datang ke gala dinner dengan penampilan tersebut.

Seakan percaya diri dengan penampilannya itu, Shin Tae-Yong pun tak malu-malu melambaikan tangan. Sontak ulahnya membuat para suporter yang hadir riuh bersorak untuknya.

"Ketika para pelatih pakai blangkon!" tulis akun Tiktok @seo_jeongseok pada 11 Juni 2023. Unggahan Jeong Seok-seo langsung mencuri perhatian warganet banyak yang memuji penampilan Shin Tae-Yong yang makin melokal itu.

"Ngeliat coach Shin Tae-Yong senang, gw ikut senang," komentar seorang warganet.

"Coach Shin naek di reog pasti seru sih,” timpal warganet lainnya.

"Kerennn semuanya...voach shin terbawa suasana ..mksih kk jeje🥰,” komentar warganet lainnya.

"Hanya di Indonesia anda bisa begini🥰🥰🥰,” tulis warganet lainnya

4 dari 5 halaman

Misi Khusus Dimas Drajad di Laga Timnas Indonesia Lawan Palestina dan Argentina

Timnas Indonesia terus melakukan persiapan jelang menghadapi Palestina pada FIFA Matchday di stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (14/6/2023) mulai pukul 19.30. Skuad Timnas Indonesia hampir lengkap karena penggawa yang main di luar negeri sudah mulai berdatangan.

Melawan Palestina, Dimas Drajad mendapatkan misi khusus dari Shin Tae Yong. Striker Timnas Indonesia itu mengungkapkan pesan dari pelatih Shin Tae-yong selama pemusatan latihan di Surabaya.

"Coach Shin berpesan, saya sebagai pemain depan, harus lebih fokus kepada penyelesaian akhir, jadi kita harus memanfaatkan latihan, karena di pertandingan kita tidak tahu. Kalau bisa, satu peluang satu gol," kata pemain Persikabo 1973 itu seperti dikutip situs PSSI.

Persiapan Timnas Indonesi disebutnya sudah bagus, karena para pemain sudah pada datang. Namun, dia berharap bisa membangun hubungan yang lebih kuat dengan sesama pemain dalam bermain nanti.

"Persiapan kita bagus semua, pemain sudah mulai komplet. Semoga kita bisa main lebih bagus untuk menatap pertandingan besok melawan Palestina," tuturnya.

Shin Tae Yong seperti diketahui memanggil 26 pemain ke Timnas Indonesia untuk dua laga FIFA Matchday di 14 dan 19 Juni 2023. Kehadiran Pemain sempat tersendat karena ada pemain yang masih berlatih di klub dan main di laga playoff Liga Champions Asia.

5 dari 5 halaman

Menu Latihan Timnas Indonesia dan Update Kondisi Dimas Drajad

Menu latihan hari ini diungkapkan juga oleh Dimas dan kondisi dirinya pun lebih baik saat ini.

"Hari ini latihan pemulihan dan set piece. Kondisi saya lebih baik, kemarin sempat sedikit ada masalah di lutut, sekarang sudah tidak masalah. Bagus disini lapangan latihannya ya," katanya.

"Semoga nanti di pertandingan melawan Palestina saya sebagai pemain bisa memberikan yang terbaik dan meraih hasil yang baik juga," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.