Sukses

Hasil Play-off Degradasi Serie A 2022/2023: Spezia Terlempar, Cagliari Promosi dari Serie B

Spezia harus mengubur mimpinya untuk lanjut bersaing di kompetisi kasta tertinggi Liga Italia musim depan. Tim yang ditukangi oleh Leonardo Semplici itu resmi terdegradasi ke Serie B serta digantikan oleh Cagliari yang baru saja mendapat promosi.

Liputan6.com, Jakarta Spezia harus mengubur mimpinya untuk lanjut bersaing di kompetisi kasta tertinggi Liga Italia musim depan. Tim yang ditukangi oleh Leonardo Semplici itu resmi terdegradasi ke Serie B serta digantikan oleh Cagliari yang baru saja mendapat promosi.

Nestapa Spezia dialami akibat kekalahannya dari Hellas Verona dalam pertandingan play-off degradasi di Stadio Citta de Tricolore pada Senin (12/6/2023). Spezia kalah 1-3 berkat gol yang dilesakkan Davide Faraoni serta brace Cyril Ngonge di babak pertama.

Sebagai informasi, Spezia dan Hellas Verona memang terpaksa melakoni satu pertandingan tambahan untuk menentukan tim yang terdegradasi musim ini. Penyebabnya, duo kesebelasan memiliki perolehan poin sama di klasemen akhir Serie A 2022/2023.

Verona yang juga ingin mengamankan posisinya di kasta tertinggi Liga Italia rupanya langsung mampu menunjukkan penampilan apik di awal pertandingan.

Hanya dalam kurun waktu lima menit, Davide Faraoni sudah berhasil membobol jaring Spezia, sekaligus mengantar timnya unggul 1-0.

Pasukan Semplici yang tak mau ketinggalan lantas menyamakan kedudukan 10 menit berselang. Ethan Ampadu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15 setelah memanfaatkan umpan dari Eldor Shomurodov.

Malang, Spezia tak lagi mampu membendung ketajaman Verona setelahnya. Cyril Ngonge sanggup menggandakan torehan skor timnya setelah mencetak gol pada menit ke-26.

Pemain yang sama lantas kembali membobol jaring Spezia tujuh menit jelang berakhirnya waktu normal babak pertama, yang membuat Hellas Verona unggul telak dengan 3-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spezia Gagal Manfaatkan Peluang di Babak Kedua

Spezia masih kesulitan menyeimbangkan kedudukan memasuki babak kedua. Akan tetapi, kesempatan emas sempat didapat oleh anak-anak asuh Semplici di menit ke-68.

Pencetak gol pertama, Davide Faraoni, diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu merah dari wasit. Situasi tersebut mau tak mau memaksa Hellas Verona menghadapi Spezia hanya dengan 10 penggawa.

Tak sampai di situ, Aquilotti juga diberi hadiah tendangan penalti yang harusnya bisa dikonversi menjadi gol. Malang M’Bala Nzola selaku eksekutor gagal menunaikan tugasnya dengan baik, sehingga kedudukan 1-3 untuk keunggulan Verona batal diubah.

Tak ada gol baru yang tercipta setelahnya. Spezia gagal menyaingi Verona yang hanya diperkuat 10 pemain. Skor 1-3 tak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang. Dengan hasil ini, Spezia harus rela tersisih dari kompetisi Serie A musim depan.

3 dari 4 halaman

Cagliari Dapat Promosi ke Serie A

Situasi berbeda dialami Cagliari pada Senin (12/6/2023) dini hari WIB. Tim besutan Claudio Ranieri mendapat promosi ke Serie A usai berhasil menaklukkan Bari dalam laga leg kedua play-off promosi Serie B 2022/2023.

Tampil di Stadio San Nicola, Cagliari sejatinya cuma mampu mencetak satu gol di menit-menit akhir lewat aksi Leonardo Pavoletti. Walau begitu, catatan ini cukup membawa mereka unggul agregat 2-1 lantaran kedua tim bermain seri 1-1 di leg pertama.

Dengan hasil tersebut, Cagliari berhak mendapat promosi untuk tampil di Liga Italia Serie A 2023/2024. Mereka bakal menggantikan posisi Spezia yang baru saja terdepak akibat kekalahan dari Hellas Verona.

4 dari 4 halaman

Klasemen Akhir Serie A Musim Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.