Sukses

Hasil Thailand Open 2023: Taklukkan Wakil Korea Selatan, The Minions Melesat ke Semifinal

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses merebut tiket ke babak semifinal Thailand Open 2023 setelah menaklukkan wakil Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae lewat pertarungan sengit tiga game, 17-21, 22-20, 21-18 di babak delapan besar pada Jumat (2/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses merebut tiket ke babak semifinal Thailand Open 2023.

Kepastian ini didapat usai Kevin/Marcus menaklukkan wakil Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae lewat pertarungan sengit tiga game, 17-21, 22-20, 21-18 di babak delapan besar pada Jumat (2/6/2023).

Kevin/Marcus mendominasi jalannya laga di awal game pertama. Pasangan berjuluk The Minions itu sanggup memimpin perolehan poin dengan 8-4 atas wakil Korea Selatan.

Akan tetapi, Kang/Seo mendadak bangkit usai mendapat tambahan empat angka berturut-turut. Situasi ini kedudukan duo pasangan menjadi berimbang 8-8.

The Minions berupaya melesat lagi meninggalkan torehan skor Kang/Seo. Mereka unggul dua angka, 11-9, di interval set pembuka.

Malang, dominasi ini tak mampu dipertahankan selepas jeda. Pasangan Korea Selatan lagi-lagi memanaskan jalannya laga dengan mencetak angka penyeimbang di kedudukan 13-13.

Setelahnya gantian Kang/Seo yang tancap gas. Angka demi angka terus didapat hingga berbalik unggul 13-17 atas Kevin/Marcus.

Pasangan Indonesia tak mampu berbuat banyak mendekati poin-poin kritis. Ganda putra yang pernah lama menghuni peringkat satu dunia itu harus mengakui keunggulan lawan setelah dipaksa tunduk 17-21 di pengujung set pembuka.

Kevin/Marcus berupaya menjaga asa lolos ke semifinal Thailand Open 2023 dengan menciptakan keunggulan di game kedua.

The Minions kembali percaya diri setelah memimpin 4-0. Ganda putra Tanah Air juga berhasil mengunci interval dengan catatan dominan. Kevin/Marcus unggul 11-5 atas Kang/Seo di jeda set kedua.

Pasangan Korea Selatan berupaya mengikis ketertinggalan dari wakil Indonesia pasca interval. Beberapa unforced error yang sempat dilakukan The Minions seolah memberi angin segar buat kubu Kang/Seo.

Duo Korea Selatan kian mendekati torehan poin Kevin/Marcus menjadi 17-18. Skor kembar bahkan kembali tercipta di kedudukan 19-19 dan 20-20.

Beruntung situasi ini mampu dinetralisir oleh pasangan Indonesia. Kevin/Marcus berhasil mencuri kemenangan di game kedua dengan skor tipis 22-20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Ketiga Kevin/Marcus Melawan Wakil Korea Selatan

Kevin/Marcus tertinggal di awal game penentu. Mereka terpaut tiga poin dari Kang/Seo dalam kedudukan 2-5. Akan tetapi, kondisi ini tak dibiarkan bertahan lama. The Minions dengan cepat memangkas selisih jarak sekaligus menyamakan skor menjadi 5-5.

Drama kejar-kejaran skor dan aksi jual beli serangan pun tersaji setelahnya. Kevin/Marcus mampu menciptakan keunggulan satu poin, 7-6 setelah, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan ke kubu Kang/Seo gagal dikembalikan oleh wakil Korea Selatan.

Namun, duo Korea Selatan yang bermain ulet lagi-lagi mampu menyeimbangkan kedudukan dan berbalik memimpin dengan 8-9. Kevin/Marcus kembali tertinggal mendekati jeda. Wakil Indonesia dipaksa berada pada posisi minor 8-11 di interval set ketiga.

The Minions mencoba mengejar selisih poin selepas jeda. Namun, permainan pasangan Korea Selatan yang solid membuat mereka harus bekerja ekstra.

Kevin/Marcus baru berhasil menyamakan skor di kedudukan 13-13. Setelahnya, mereka tancap gas dengan balik memimpin 17-14. Permainan berjalan makin sengit lantaran duo Korea Selatan ogah menyerah begitu saja.

Namun, kesalahan demi kesalahan sendiri yang dilakukan Kang/Seo membuat Kevin/Marcus berhak mengunci tiket ke babak semifinal Thailand Open 2023 setelah unggul 21-18 di pengujung game ketiga.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-6: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

Lapangan 2

Pertandingan ke-5: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan); 17-21, 22-20, 21-18

Lapangan 3

Pertandingan ke-4: Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China); 21-16, 15-21, 12-21

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 12.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.