Sukses

Bakal Hengkang, Kehadiran Lionel Messi Sebenarnya Bikin Rezeki PSG Terus Mengalir

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi menandatangani kontrak dua tahun dengan Paris Saint Germain atau PSG pada 2021. Dia meninggalkan Barcelona setelah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka.

Kesepakatan Messi dengan klub, yakni gaji sekitar 60 juta pounds, terbukti membuahkan hasil ketika PSG merebut kembali gelar domestik Prancis pada tahun 2022. Messi mencetak 11 gol dan mencatatkan 15 assist di semua kompetisi.

Selain sukses di lapangan, situasi di luar lapangan PSG terlihat sama sehatnya. El Economista melaporkan penandatanganan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu telah menghasilkan tambahan 612 juta punds untuk klub.

Dalam 12 bulan sejak Messi memulai hidup di Parc des Princes, PSG telah meningkatkan aliran pendapatan mereka sebesar 13% setelah kesepakatan sponsor yang menguntungkan dengan banyak merek terkenal. Ini termasuk Dior PlayBetR, dan GOAT, sementara mata uang kripto klub telah berlipat ganda melebihi € 300m.

Laporan El Economista juga mengklaim bahwa klub Paris telah menjual sekitar satu juta kaos sejauh musim ini, dengan 60% dari mereka memiliki 'Messi 30' di bagian belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kewalahan, Permintaan Kaus Lionel Messi Melebihi Pasokan

Dan, menurut Marc Armstrong, Direktur Pemasaran PSG, mereka bisa menjual ratusan ribu lebih, tetapi permintaan melebihi pasokan.

“Permintaan telah tumbuh antara 30% dan 40% dan yang benar-benar dapat menghentikannya adalah pasokan," kata Armstrong pada Marca.

3 dari 4 halaman

PSG Tak Bisa Penuhi Permintaan Kaus Lionel Messi

“Ketika transfer sebesar ini terjadi, Ronaldo ke United misalnya, Anda mungkin berpikir bahwa mereka akan membayarnya untuk menjual kaus, tapi bukan itu masalahnya," ujarnya.

“Anda tidak dapat menghasilkan banyak kaus ekstra. Kesepakatan diatur untuk menjamin minimum yang sangat penting tetapi kami tidak dapat memenuhi permintaan kaus Messi. Kita sudah mencapai langit-langit."

4 dari 4 halaman

Belum Terkalahkan, PSG Masih Posisi Teratas di Klasemen

PSG sejauh ini tidak terkalahkan musim ini, menempati posisi teratas di liga, dua poin di atas Marseille sementara juga duduk di puncak grup Liga Champions yang mencakup Juventus dan Benfica.

Dan Messi tampaknya akan menjalani musim kuat lainnya setelah membuat delapan assist dan mencetak enam gol hanya dalam 11 pertandingan di semua kompetisi, termasuk satu-satunya gol dalam penampilan memukau melawan Lyon akhir pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Paris adalah ibukota negara Perancis, yang merupakan kota dengan populasi terbanyak di negaranya.
    Paris adalah ibukota negara Perancis, yang merupakan kota dengan populasi terbanyak di negaranya.

    Paris

  • Messi