Sukses

Menpora Dito Ariotedjo Ingin Ajak Semua Cabor Saksikan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo ingin mengajak seluruh cabang olahraga untuk turut menyaksikan laga uji coba resmi FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina, yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo punya wacana menarik jelang pelaksanaan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina.

Pria berusia 32 tahun itu ingin mengajak seluruh cabang olahraga untuk turut menyaksikan laga uji coba resmi antara skuad Garuda melawan sang juara Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah dipastikan bakal menjajal kekuatan dua negara di FIFA Matchday Juni. Anak-anak asuh Shin Tae-yong dijadwalkan meladeni perlawanan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni 2023.

Setelahnya, pasukan Merah Putih bakal kembali ke Jakarta untuk menjamu Timnas Argentina. Duel kontra La Albiceleste diagendakan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin, 19 Juni 2023.

Adapun PSSI sejauh ini belum merilis harga tiket dan informasi penyiaran laga Timnas Indonesia vs Argentina. Ketua umum federasi sepak bola Tanah Air, Erick Thohir, mengeklaim pengumuman terkait hal itu baru akan dilakukan awal pekan depan.

Kendati demikian, Menpora Dito Ariotedjo nampaknya sudah menyiapkan wacana khusus untuk memeriahkan duel skuad Garuda melawan Albiceleste. Ia berniat mengundang seluruh cabor menyaksikan pertandingan tersebut guna membangun keguyuban.

“Iya, tadi kita mau bagi-bagi tiket (FIFA Matchday Indonesia melawan) Argentina buat seluruh cabang olahraga,” tutur Dito sembari berkelakar dengan Erick Thohir selepas acara pelantikan pengurus PSSI 2023-2027 di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Tadi saya sudah sampaikan, ya, Pak Erick. Semoga nanti di GBK bersama seluruh cabang olahraga yang ingin berkumpul. Kita sediakan tiketnya Argentina. Bisa, Pak? Yang penting slotnya ada, Pak. Yang penting kita bisa guyub lah,” tambahnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bidding Pengelola Tiket dan Hak Siar

Sebagai informasi, kepastian mengenai harga tiket dan hak siar laga Timnas Indonesia vs Argentina memang belum bisa diumumkan setidaknya hingga awal pekan depan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan situasi tersebut dikarenakan pihaknya masih melakukan bidding untuk pengelola tiket serta pemegang hak siar pertandingan skuad Garuda sampai akhir tahun ini.

“Kita kan sedang dalam proses bidding untuk ticketing dan juga proses bidding untuk hak siar,” tutur Erick saat ditemui awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Jadi Insyaallah, nanti hari Senin (29/5/2023) kita ada pengumuman untuk hak siar media seluruh pertandingan tim nasional sampai akhir tahun ini. Itu nanti Senin ada pengumuman, mudah-mudahan, atau mungkin Selasa lah,” tambah dia.

3 dari 3 halaman

Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Sementara itu, guna mempersiapkan diri jelang melakoni duel kontra Palestina dan Argentina, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bakal segera menggelar pemusatan latihan (TC) mulai Senin, 5 Juni 2023 mendatang.

Juru taktik asal Korea Selatan itu kabarnya sudah memanggil nama-nama penggawa, termasuk mereka yang tengah berkarier di luar negeri, untuk turut memperkuat Timnas Indonesia dalam perhelatan kali ini.

Adapun Shin Tae-yong memang mendapat keleluasaan untuk membidik pemain-pemain terbaik yang akan dipulangkan ke Tanah Air. Pasalnya, FIFA Matchday merupakan agenda resmi FIFA, sehingga tak ada alasan bagi pihak klub untuk menahan anak-anak asuhnya.

“Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia. Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu,” kata Shin Tae-yong, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir, akhirnya bisa datangkan tim Argentina. Luar biasa Pak Erick,” sambung pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.