Sukses

Siap-Siap! Tiket dan Hak Siar Timnas Indonesia Vs Argentina Diumumkan Pekan Depan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeklaim pengumuman terkait penjualan tiket serta hak siar untuk perhelatan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina bakal dilakukan pada Senin (29/5/2023) atau Selasa (30/5/2023) mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeklaim pengumuman terkait penjualan tiket serta hak siar untuk perhelatan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina bakal dilakukan pada Senin (29/5/2023) atau Selasa (30/5/2023) mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Erick usai menghadiri pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Jumat (26/5/023) sore WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah dipastikan bakal menghadapi dua negara di FIFA Matchday Juni. Garuda Nusantara dijadwalkan bersua dengan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Setelahnya, pasukan Merah Putih bakal menantang Timnas Argentina. Pertemuan dengan sang juara Piala Dunia 2022 diagendakan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/6/2023).

Keberhasilan PSSI mendatangkan tim besar sekelas La Albiceleste mengundang antusiasme tinggi dari masyarakat. Alhasil, persoalan tiket dan siaran menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu terakhir.

Menanggapi situasi ini, Erick Thohir mengeklaim pihaknya belum bisa memberi kepastian. Pasalnya, proses bidding untuk menentukan pengelola ticketing dan pemegang hak siar sementara ini masih berlangsung.

“Kita kan sedang dalam proses bidding untuk ticketing dan juga proses bidding untuk hak siar,” tutur Erick saat ditemui awak media di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Jadi Insyaallah, nanti hari Senin (29/5/2023) kita ada pengumuman untuk hak siar media seluruh pertandingan tim nasional sampai akhir tahun ini. Itu nanti Senin ada pengumuman, mudah-mudahan, atau mungkin Selasa lah,” tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hak Siar di Negara Lain

Lebih lanjut, Erick mengeklaim hak siar pertandingan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina nantinya tak hanya dimiliki oleh platform dalam negeri.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menyebut pihaknya sudah menyepakati mekanisme bagi hasil dengan Argentina, sehingga perihal ticketing dan penyiaran harus turut diatur bersama negara juara Piala Dunia 2022.

“Semua (persoalan) tiket ini, sama pihak Argentina (kami) bagi hasil istilahnya. Jadi kita harus transparan sama mereka; berapa proyeksinya, berapa hak mereka. Karena itu, proses ticketing kita lagi diskusi hari ini. Ya mudah-mudahan Senin pengumuman,” papar Erick.

“Termasuk hak siar yang di dalam negeri maupun hak siar yang di luar negeri (sedang diatur). Karena mereka (Argentina) juga ada jatah hak siar untuk di negaranya. Untuk di luar negara Indonesia dan Amerika, kita juga lagi proses bidding hak siarnya. Kita lagi tunggu.”

“Akan tetapi khususnya buat hak siar tim nasional, mungkin minggu depan, Senin atau Selasa kita akan umumkan juga siapa yang kira-kira menjadi pemenangnya,” tandas dia.

3 dari 3 halaman

Agenda Timnas Indonesia

Sekadar informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi agenda padat dalam waktu dekat. Selain menjamu Palestina dan Argentina, Tanah Air juga bakal menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23, hingga tampil dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Memang tahun ini spesial, ya. Selain kita punya FIFA Matchday lawan Palestina-Argentina, kita juga tuan rumah (kualifikasi Piala Asia) U-23 ya, lalu juga kita ada kualifikasi Piala Dunia (2026) Oktober-November, jadi memang ini tahun-tahun yang spesial,” ujar Erick.

“Memang tadi saya sampaikan, kenapa kemarin euforia (kemenangan) SEA Games sudah harus diberhentikan, (itu karena) kita harus kembali fokus bekerja untuk mempersiapkan strategi tim nasional kita.”

“Kemarin saya sudah sampaikan juga nanti persiapan untuk yang junior itu coach Indra, untuk yang senior itu coach Shin Tae-yong. Kita sedang siapkan timnya. Kalau tidak salah, khusus Shin Tae-yong sendiri Insyaallah tanggal 5 Juni seluruh pemain sudah harus berkumpul,” pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.