Sukses

Ditanya soal Biaya Undang Timnas Argentina ke FIFA Matchday, Erick Thohir: Gak Percaya PSSI?

Erick Thohir angkat bicara soal biaya mendatangkan Timnas Argentina ke FIFA Matchday. Menurut dia hal itu idealnya tak menjadi bahan keributan lantaran PSSI punya kapabilitas untuk mengurusi ranah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Erick Thohir angkat bicara soal biaya mendatangkan Timnas Argentina ke FIFA Matchday. Menurut dia hal itu idealnya tak menjadi bahan keributan lantaran PSSI punya kapabilitas untuk mengurusi ranah tersebut. 

Seperti diketahui, skuad Garuda berkesempatan menjajal kekuatan sang juara Piala Dunia 2022 dalam FIFA Matchday yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni 2023. 

Kabar menyebut pasukan Lionel Scaloni hanya bisa didatangkan dengan mahar fantastis. New York Times dalam laporannya bahkan mengeklaim biaya mengundang Lionel Messi dan kawan-kawan mencapai 5 juta USD atau setara dengan kurang lebih Rp74 miliar.

Erick Thohir pun dimintai konfirmasi terkait hal ini dalam konferensi pers yang dihelat di SUGBK pada Rabu (24/5/2023).  Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu mengeklaim PSSI bukan 'kaleng-kaleng', sehingga permasalahan biaya tak perlu diributkan. 

"Tentu kita jangan hiruk-pikuk mengenai (Timnas Argentina) berapa dibayar. Memang gak percaya sama PSSI? Seakan-akan PSSI itu miskin. lIni yang di depan bukan kaleng-kalengan," tutur Erick saat ditanyai awak media, Rabu (24/5/2033).

"Kalian yakin, kita sedang membangun PSSI yang transparan. Kita yakin, ini bukan hanya komersial, tetapi pembangunan mental timnas Indonesia. Jadi harganya enggak bisa dihitung dengan uang," katanya lagi. 

"Jelek-jelek, (saya) pemilik Inter Milan dulu. Jadi nanti, kan PSSI setiap tahun ada audit, ada reporting system. Ini yang nanti kita buka secara publik. Sabar, biarkan PSSI susun keuangannya dengan baik," tandas Ketum PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Argentina ke Indonesia

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menjelaskan alasan Timnas Argentina sudi menjajal kekuatan skuad Garuda di Tanah Air.

Menurut dia, keberhasilan tim Merah Putih menyabet medali emas SEA Games 2023 turut memainkan peran penting di balik keputusan Albiceleste. Apalagi, Indonesia selama ini juga dikenal sebagai negara pecinta sepak bola. 

"Kalau tim Argentina mau main di kita, kan jelek-jelek gini juara SEA Games. Itu dipandang sama Argentina. Artinya apa, kita bisa memposisikan sebagai negara terbaik di Asia Tenggara saat ini. Jadi enjoy saja dulu. Ini kesempatan yang luar bisa," turur Erick. 

"Ini benar-benar kerja sama murni yang saling menguntungkan. Argentina melihat Indonesia juga sebuah negara yang sepak bolanya nomor satu, di mana 73 persen penduduknya gila bola," sambung Ketum PSSI dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu (24/5/2023).

3 dari 3 halaman

Potensi Kehadiran Lionel Messi

Sayangnya, Erick tak bisa memastikan potensi kehadiran megabintang Argentina Lionel Messi di FIFA Matchday. Menurutnya, kepastian terkait hal itu sepenuhnya berada di tangan Albiceleste. 

"Tentu kalau bicara kehadiran bintang-bintang Argentina, saya percayakan kepada Argentina itu sendiri karena saya yakin Argentina datang ke Indonesia dengan benar-benar membawa tim terbaik," papar Erick di SUGBK, Rabu (24/5/2023). 

"Sama, kita juga akan persiapkan tim terbaik kita. Karena bermain dengan Argentina tidak hanya bermain, tetapi juga belajar dan meningkatkan mental kita," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.