Sukses

Fin Swimming Mampu Capai Target di SEA Games 2023

Indonesia menempati posisi kedua di klasemen umum cabor fin swimming SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga fin swimming mampu mendulang banyak medali di SEA Games 2023. Total 21 medali berhasil di bawa pulang dari Kamboja oleh Janis Rosalita Suprianto dan kawan-kawan.

Indonesia menempati posisi kedua di klasemen umum cabor fin swimming SEA Games 2023. Indonesia mendapat enam keping medali emas, 10 perak dan lima perunggu.

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) yang membawahi fin swimming puas dengan pencapaian ini. Menurut sekjen PB POSSI, Laksamana Muda Rubiyanto, raihan lima emas di SEA Games 2023 ini sudah sesuai dengan target yang ditetapkan sebelum berangkat ke Kamboja.

"Yah kalau saya bilang ini sesuai target. Bahkan pada saat review saya bilang saya hanya bisa melihat situasi lima (medali emas), tapi kita dapat enam. Walaupun sebenarnya dari NOC Indonesia mintanya tujuh. Tetapi dari perhitungan saya yang kita melihat, memantau kekuatan lain, kita melihatnya sih itu. Jadi saya bilang ini memenuhi target, bahkan lebih baik," kata Rubiyanto usai upacara penyambutan atlet SEA Games 2023 oleh NOC Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (16/5/2023).

Janis menjadi bintang kesuksesan fin swimming di SEA Games 2023. Janis merebut tiga medali emas yang diraihnya di nomor nomor 50 meter permukaan putri, 100 meter permukaan putri, dan 200 meter permukaan putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Janis Bersinar

Pencapaian ini melebihi apa yang didapatpada SEA Games 2021. Saat itu di Vietnam, Janis merebut dua emas dari nomor 50 meter permukaan putri dan 4 x 200 meter permukaan putri.

Keberhasilan tak mengejutkan POSSI. Pasalnya Janis sudah menunjukkan perkembangan signifikan sejak proses latihan sebelum SEA Games 2023.

"Janis ini atlet yang bertalenta ya. Dia tidak terlalu banyak bicara cuma dia betul-betul mendengarkan yang diberikan pelatihnya, dan bercerita dengan saya bahwa teknik-teknik yang disampaikan oleh pelatihnya dari Korea Selatan memberikan perbaikan teknik, sehingga mampu diimplementasikan dan meningkatkan performancenya," sambung Rubyanto.

3 dari 3 halaman

Underwater Polo

Setelah sukses di SEA Games 2023, POSSI akan ikut dua cabang olahraga di SEA Games 2025. Satu cabor lain yang akan diikuti adalah underwater hockey.

"SEA Games Thailand masuk, kan kemarin ada komunikasi juga untuk under water hockey, nah kita berharap juga bisa dua yang main. Jadi ada underwater hockey dan fin swimming," lanjut Rubyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.