Sukses

SEA Games 2023: Indonesia Lampaui Target 69 Medali Emas

Indonesia sudah meraih 81 medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Jumlah itu melebihi target 69 medali emas yang diusung Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah meraih 81 medali emas di SEA Games 2023 Kamboja hingga Senin, 15 Mei. Torehan itu tidak hanya berhasil melebihi target dari Presiden Joko Widodo, tetapi juga melewati capaian 69 medali emas Indonesia pada SEA Games 2021.

Sekadar informasi, Indonesia sebelumnya telah diprediksi kehilangan 39 medali emas pada SEA Games 2023. Ini dikarenakan sejumlah cabang olahraga unggulan Indonesia tidak dipertandingan.

Cabang olahraga itu adalah panahan, dayung, bolong, catur, dan menembak. Padahal pada SEA Games 2021, Indonesia adalah juara umum panahan serta dayung, yang masing-masing menyumbangkan lima dan delapan medali emas.

Kendati potensi menang di cabang olahraga tertentu lebih kecil, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo tetap optimis Indonesia bisa mencapai target tinggi yang dicanangkan. Menpora Dito memasang 60 medali emas sebagai target.

Sedangkan Presiden Joko Widodo mengusung target lebih tinggi, 69 medali emas. Menpora Dito melihat target tersebut sebagai motivasi dan bentuk dukungan yang diberikan Presiden Jokowi dan bangsa Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yakin Bertambah

Berkat perhitungan strategi yang matang dan kerja keras dari para atlet ketika bertanding, Indonesia mampu melampaui kedua target tersebut sebelum gelaran SEA Games 2023 berakhir.

"Alhamdulillah, per hari ini kita sudah melewati target perolehan 69 medali emas, jumlah ini melebihi target awal tim Kemenpora beserta akademisi dan KONI sebanyak 60 medali emas," kata Menpora Dito Ariotedjo dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (15/5)

Menpora Dito percaya perolehan medali bagi Indonesia akan terus bertambah. Ini mengingat sejumlah cabang olahraga masih melangsungkan pertandingan seperti jetski, sepak takraw, bulu tangkis, voli pantai, dan sepak bola.

 

3 dari 3 halaman

Peringkat Ketiga

Saat ini Indonesia telah mengumpulkan 81 medali emas, 76 perat, dan 101 medali perunggu. Perolehan itu menempatkan kontingen Merah Putih di peringkat ketiga klasemen sementara SEA Games 2023, menggusur tuan rumah Kamboja yang turun ke posisi keempat.

Sementara peringkat pertama masih ditempati Vietnam dengan perolehan 134 emas, 104 perak, dan 110 perunggu. Thailand di posisi kedua dengan 102 emas, 84 perak, dan 101 perunggu.

SEA Games 2023 akan berakhir Rabu (17/5) mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.