Sukses

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023: Ditantang Thailand, Sanggupkah Timnas Indonesia U-22 Rebut Medali Emas?

Timnas Indonesia U-22 selangkah lebih dekat dengan medali emas SEA Games 2023. Garuda Nusantara kini harus menaklukkan perlawanan Thailand dalam laga final yang dihelat di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB, jika ingin memulangkan emas cabor sepak bola yang sudah 32 tahun absen didapat Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 selangkah lebih dekat dengan medali emas SEA Games 2023. Garuda Nusantara kini hanya perlu melewati adangan Thailand dalam laga final yang dihelat di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

Pasukan Merah Putih sejak awal memang sudah merindukan medali emas. Maklum, timnas sepak bola Indonesia terakhir kali naik ke podium tertinggi ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara 32 tahun silam, yakni pada SEA Games edisi 1991.

Emas pun seolah jadi harga mati demi mengembalikan kejayaan Indonesia. Namun, pertarungan melawan Thailand jelas bakal menjadi tantangan berat, mengingat tim Gajah Perang merupakan musuh bebuyutan Tanah Air di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Adapun Thailand lolos ke partai puncak usai menaklukkan Myanmar dengan tiga gol tanpa balas. Skuad racikan Issara Stritaro berjaya usai Teerasak Poeiphimai (‘37), Leon Pitchaya James (‘85), dan Anan Yodsangwal (‘90+7) mencatatkan namanya di papan skor.

Sementara itu, Indonesia harus melalui jalan keras demi mengamankan tiket ke babak final. Pasukan Indra Sjafri terlibat duel panas dan dramatis dengan Vietnam, Sabtu (13/5/2023).

Garuda Nusantara sejatinya tampil cukup menjanjikan di awal laga usai berhasil membuka keunggulan lewat aksi Komang Teguh di menit ke-10. Namun, The Golden Star berhasil mengejar ketertinggalan melalui Nguyen Van Tung di menit 36.

Timnas Indonesia U-22 baru bisa bangkit pasca turun minum. Muhammad Ferarri mencetak gol kedua pada menit 53, sekaligus mengantar timnya kembali unggul 2-1.

Mimpi Garuda Nusantara untuk langsung melaju babak final nyaris musnah ketika Bagas Kaffa melesakkan gol bunuh diri saat mencoba membuang bola di menit 79. Akan tetapi, kemunculan gol krusial Taufany Muslihuddin pada masa injury time akhirnya memastikan langkah Indonesia di final sepak bola SEA Games 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pratama Arhan

Sayangnya, ada harga yang harus dibayar Timnas Indonesia U-22 untuk tampil di babak final. Tim besutan Indra Sjafri berpotensi besar tidak diperkuat oleh salah satu bek andalannya, Pratama Arhan, lantaran mendapat kartu kuning kedua saat melawan Vietnam.

Tak dapat dimungkiri, Arhan sebenarnya turut memainkan peran penting dalam dua gol yang dicetak Garuda Nusantara. Lemparan ke dalamnya disambut oleh Komang Teguh yang kemudian dikonversi menjadi gol pembuka.

Arhan juga sempat melakukan aksi serupa jelang terjadinya gol kedua. Bola lemparan ke dalamnya hanya bisa ditinju oleh kiper Vietnam lalu jatuh ke penguasaan Marselino Ferdinan yang kemudian melepas tendangan jarak jauh.

Si kulit bundar akhirnya menemui kaki Muhammad Ferarri dan membelok arah, sehingga merobek gawang The Golden Star di pertandingan tersebut.

Ketiadaan Arhan bisa saja memberi dampak bagi Timnas Indonesia U-22. Walau demikian, Indra Sjafri meyakini pihaknya sudah punya opsi lain dengan memasukkan Haykal Al Hafiz sebagai pengganti pemain Tokyo Verdy di babak final.

Simak jadwal lengkap pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 yang menampilkan pertarungan sengit antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand pada halaman selanjutnya!

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Sepak Bola SEA Games 2023

Perebutan Medali Perunggu

Selasa, 16 Mei 2023

16.00 WIB: Timnas Vietnam U-22 vs Timnas Myanmar U-22

 

Perebutan Medali Emas

Selasa, 16 Mei 2023

19.30 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.