Sukses

Raih Emas Sempurna di SEA Games 2023, Erick Thohir Puji Timnas Basket Putri 5x5: Pencapaian Luar Biasa

Erick Thohir memberi pujian setinggi langit bagi Timnas Basket Putri Indonesia 5x5 yang baru saja tampil mengesankan dengan menggondol medali emas perdananya pada ajang olahraga multievent SEA Games 2023 Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir memberi pujian setinggi langit bagi Timnas Basket Putri Indonesia nomor 5x5 yang baru saja tampil sempurna dengan meraih lima kemenangan serta menyabet medali emas perdananya di SEA Games 2023 Kamboja.

Sekadar informasi, sosok yang menjabat sebagai Menteri BUMN sekaligus FIBA Central Board Member itu menyaksikan langsung laga pemungkas yang dihelat di Morodok Techo Stadium, Minggu (14/5/2023) pagi WIB.

Kemenangan besar 86-39 yang diraih pasukan Merah Putih atas Singapura tak pelak membuat Erick terharu. Ia menilai prestasi ini sekaligus merupakan ajang pembuktian Perbasi yang telah memberikan upaya terbaik selama bertahun-tahun.

“Selamat dan luar biasa pencapaian ini,” tutur Erick pasca keberhasilan Timnas Basket Putri 5x5 Indonesia meraih medali emas di ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara.

“(Perstasi ini) membuktikan bahwa Perbasi selaku induk organisasi juga sudah berbuat yang terbaik selama bertahun-tahun, memiliki manajemen yang profesional dan transparan,” sambungnya seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

Emas dari basket SEA Games 2023 menandai pencapaian terbaik timnas Indonesia di sektor basket putri dalam ajang dua tahunan tersebut. Sebelumnya prestasi terbaik yang didapat srikandi Merah Putih hanyalah menyabet perak sebanyak tiga kali.

Meski begitu, prestasi basket putri Indonesia memang boleh dikata terus melejit secara berkala. Pada 2019 di Filipina, Indonesia mendapat perunggu. Pasukan Merah Putih kemudian naik merebut medali perak di Vietnam pada 2021, sebelum akhirnya menggondol emas di SEA Games 2023 Kamboja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Timnas Basket Putri Indonesia di SEA Games 2023

Menilik perjalanan timnas basket putri Indonesia di SEA Games 2023, laga melawan Singapura sebenarnya sudah tidak terlalu menentukan.

Pasukan putri Merah Putih sudah dipastikan merebut medali emas sejak Sabtu (13/5/2023) berkat keberhasilannya menang atas tuan rumah Kamboja dengan skor telak 100-54.

Indonesia memang berhasil menyapu bersih kemenangan dalam seluruh laga yang dilakoni di SEA Games 2023. Vietnam mampu dihajar dengan skor 67-62. Thailand juga ditekuk lewat keunggulan 70-69. Malaysia dilumat dengan 85-57, sementara Filipina sukses dikalahkan melalui catatan skor 68-89.

3 dari 3 halaman

Bangga pada Timnas Basket Putri Indonesia

Penanggung Jawab Timnas Basket Putri Christopher Tanuwidjaja juga sempat angkat bicara menanggapi keberhasilan Merah Putih menyabet medali emas sempurna. Ia mengaku tak bisa mengutarakan hal lain di samping rasa bangga atas prestasi penggawa Tanah Air.

“Saya bingung mau berbicara apa, karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata 'bangga'. Kami sudah bekerja keras dalam beberapa SEA Games terakhir. Perjalananya panjang,” ujar Christopher seperti dilansir dari Antara.

“Dari SEA Games 2019 di Manila kami mendapat perunggu. Kemudian tahun lalu, mendapat perak di SEA Games 2021 di Vietnam. Sekarang dapat emas dan emasnya bukan emas biasa, tetapi emas sempurna karena semua tim besar sudah kalah sama kami,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini