Sukses

Superliga Junior 2023: PB Jaya Raya vs Banthongyord Thailand Perebutkan Piala Yuni Kartika di Final U-17 Putri

PB Jaya Raya akakn menghadapi Banthongyord Thailand di final kategori U-17 Putri pada laga final Superliga Junior 2023 untuk memperebutkan Piala Yuni Kartika.

Liputan6.com, Magelang - Polytron Superliga Junior 2023 akan mempertemukan PB Jaya Raya melawan Banthongyord Thailand di partai final kategori U-17 Putri. Ini setelah kedua klub mengalahkan lawan-lawannya pada laga semifinal di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/5/2023).

PB Jaya Raya baru bisa meraih tiket final setelah melakoni partai kelima menghadapi skuad PB Djarum. PB Jaya Raya sempat unggul melalui pertandingan di nomor tunggal. Namun, PB Djarum memenangkan dua laga berikutnya lewat pasangan Angelita Magdalena Yusup/Rasi Joase Niakhe Munajad dan pemain tunggal Jolin Angelia.

Tapi pada partai keempat, pasangan Jaya Raya Jania Novalita Situmorang/Nadia Pritasari mengalahkan ganda PB Djarum Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia untuk mengubah skor menjadi 2-2. Laga lantas dilanjutkan ke partai kelima atau penentuan.

Pemain tunggal Jaya Raya Miftaqul Putri Ayudis akhirnya menumbangkan Shaafiya Yasmin Maitsa dari PB Djarum. Ia menang lewat permainan alot dengan skor 18-21, 21-19, dan 21-19. "Saya senang banget. Karena dari kemenangan saya ini, Jaya Raya bisa ke final," kata Putri usai pertandingan.

Sementara pada laga semifinal U-17 putri lainnya, Banthongyord Thailand menunjukkan superioritasnya atas Malaysia BAM dengan menang telak 3-0. Pada partai pertama, tunggal putri Banthognyord Thailand Anyapat Phichitpreechasak sukses mengalahkan Chloe Lam Jing Yee asal Malaysia.

Setelahnya, giliran ganda putri Banthongyord Kodchaporn Chaichana/Pannawee Polyiam yang menekuk pasangan pertama Malaysia BAM Nicole Chau Xuan/Nicole Tan Pei En. Di partai ketiga yang mempertemukan, tunggal putri Banthongyord Ratnacha Sompoch menang atas Ong Xin Ru dari Malaysia.

"Unbelievable! Cukup mendebarkan! Yang hanya bisa saya katakan adalah kemenangan ini berkat kekompakan tim putri kami," kata pelatih Banthongyord, Sakkaya Sootlake.

Dengan hasil ini, Banthongyord akan melakoni duel dengan Jaya Raya di babak pamungkas Superliga Junior 2023 untuk memperebutkan Piala Yuni Kartika.

Yuni Kartika menuturkan Banthongyord Thailand memiliki kans juara yang cukup besar. Ini mengingat mereka memiliki dua pemain kawakan, Ratchanok Intanon dan Kunlavut Vitidsarn.

"Sejak pertandingan di fase grup, kekuatan Banthongyord ini perlu diwaspadai. Karena materi pemain yang mereka punya cukup berkualitas. Mereka sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan lebih matang dibanding lawan-lawannya," kata legenda bulu tangkis Indonesia itu.

Yuni melanjutkan, kekuatan utama Banthongyord terletak pada Anyapat Phichitpreechasak. Sejak babak grup, Anyapat yang turun sebagai tunggal pertama belum pernah sekalipun menelan kekalahan.

Bahkan, ia dapat meladeni dan menekuk tunggal pertama Jaya Raya Thalita Ramadhani Wiryawan saat keduanya duel di babak penyisihan. "Kuncinya adalah menang di nomor-nomor awal, khususnya tunggal pertama. Karena kalau diperhatikan, tunggal pertama Thailand itu bagus sekali. Kalau bisa mengalahkan dia, jalan meraih gelar juara akan semakin mudah," tandas alumni PB Djarum tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

U-17 Putra

Sementara pada kategori beregu U-17 putra, tiket final pertama diraih PB Djarum yang sukses meredam perlawanan Hong Kong China dengan skor 3-0. Kemenangan straight games diraih melalui dua tunggal putra, Richie Duta Ricardo dan Yarits Al Kaaf Rengganingtyas, serta ganda putra Afiq Dzakwan Arief/Ghian Rizqy Sofyan.

Kemudian, di nomor pertandingan semifinal U-17 putra lainnya, PB Jaya Raya berhadapan dengan PB Mutiara Cardinal Bandung. Sempat kalah 0-1 di partai pertama, Jaya Raya mampu bangkit dan menang 3-1 uuntuk merebut tiket ke partai puncak.

Tiga kemenangan beruntun PB Jaya Raya didapat dari dari Chistian Aldo Sanjaya/Muhammad Hanafi Rizkillah, Yusack Christian, dan M. Raffy Raffael Hernanda/Mochammad Billawal Aryo Jatmiko. Hasil ini mengantarkan Jaya Raya berlaga di babak final berhadapan dengan PB Djarum.

 

3 dari 4 halaman

PB Djarum Vs Jaya Raya di U-19

Selain partai semifinal untuk kategori U-17, hari kelima Polytron Superliga Junior 2023 juga menggelar babak semifinal untuk kategori beregu U-19. Di nomor U-19 putra, PB Djarum berduel dengan Mutiara Cardinal Bandung.

Moh Zaki Ubaidillah, yang kembali dipercaya PB Djarum sebagai tunggal pertama, menang 21-17 dan 21-12 atas Muhamad Farda Dikri Abdullah. Pada match selanjutnya, giliran ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan yang menang 21-17 dan 21-9 atas pasangan Arsandi Ferdian Pradana/Muhammad Raihan Ath-Thahir.

Devin Artha Wahyudi akhirnya memastikan PB Djarum melaju ke final beregu U-19 putra setelah mengalahkan Afleta Jaladara. Atlet kidal asal Merangin, Jambi, tersebut menang straight games 21-19 dan 21-14.

"Rasanya senang banget bisa menyumbang poin buat tim, dan poin saya ini sangat berarti karena PB Djarum masuk final," kata Devin. "Kalau di final saya dipercayakan untuk turun lagi, saya siap menyumbang poin agar PB Djarum bisa juara."

Di final semifinal U-19 putra, PB DJarum akan menghadapi Jaya Raya yang mengalahkan tim Vietnam. Jaya |Raya menang dengan skor 3-1.

Sementara pada nomor U-19 putri, PB Djarum menapaki tangga final usai mengandaskan PB Mutiara Cardinal Bandung dengan skor 3-0. Kemenangan PB Djarum disumbangkan oleh pemain tunggal Aura Ihza Aulia, Sausan Dwi Ramadhani, dan Shandy Tirani Mahesi.

Di pertandingan semifinal U-19 putri lainnya, Jaya Raya melenggang ke final setelah mengalahkan tim Vietnam 3-0. Penyumbang kemenangan berasal dari tiga pemain tunggal putri yaitu Azzahra Melani Arjisetya, Natiqotul Wardah Filkaromah, dan Narita Putri yang masing-masing menang straight games atas lawan mereka.

Persaingan di babak final dipastikan akan berlangsung seru dan sengit demi memperebutkan empat piala bergengsi, yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Selain itu, para atlet junior tersebut juga akan bersaing untuk membawa pulang total hadiah lebih dari Rp1 miliar.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal final Polytron Superliga Junior 2023

Sabtu, 13 Mei 2023

U-17 Putri: Bangthongyord Thailand Vs PB Jaya Raya

U-17 Putra: PB Djarum Vs PB Jaya Raya

Minggu, 14 Mei 2023

U-19 Putri: PB Djarum Vs PB Jaya Raya

U-19 Putra: PB Djarum Vs PB Jaya Raya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.