Sukses

Atletik SEA Games 2023: Lalu Muhammad Zohri Petik Perunggu di Debut 200m

Lalu Muhammad Zohri merebut medali perunggu SEA Games 2023 pada debut di nomor 200 meter putra.

Liputan6.com, Jakarta - Lalu Muhammad Zohri merebut medali perunggu SEA Games 2023 pada debut di nomor 200 meter putra. Pada perlombaan yang berlangsung di Morodok Tecno National Stadium, Phnom Penh, Senin (8/5/2023), Zohri finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 21,02 detik.

Dia berada di belakang sprinter Thailand Soraoat Dapbang (20,52 detik) dan atlet Vietnam Ngoc Nghia Ngan (20,84 detik).

"Ini pertama kali saya turun di nomor 200 meter di luar Indonesia. Bersyukur karena sudah mendapatkan medali," kata Zohri usai lomba, dilansir Antara.

Ini merupakan kali pertama Zohri turun di nomor 200 meter pada ajang internasional. Nomor spesialis atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu adalah 100 meter.

Pada penampilan perdananya di SEA Games 2023, Zohri juga mengalami sedikit kendala. Ia mengalami nyeri pada kaki sehingga penampilannya kurang maksimal.

"Pagi tadi saat latihan saya mengalami masalah pada kaki. Ada rasa sakit sebenarnya sebelum masuk ke lapangan. Pelatih saya juga menyarankan untuk tidak berlomba bila tidak memungkinkan. Tetapi saya berusaha dan memang di tengah-tengah perlombaan tadi terasa kembali," cerita Zohri.

Setelah perlombaan, Lalu Muhammad Zohri akan langsung beristirahat untuk mengembalikan kondisi. Dia berharap masalah yang muncul pada hari ini tidak terjadi pada perlombaan berikutnya yakni nomor estafet 4x100 meter dan 100 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Medali

Pelatih atletik Indonesia Eni Nuraeni mengungkapkan alasan Zohri turun di nomor 200 meter putra. Menurutnya, catatan waktu Zohri saat berlatih berpotensi menghasilkan medali.

"Jadi kami memutuskan untuk dia turun di nomor 200 meter karena ada peluang medali. Memang ini bukan nomor spesialisya," ujar Eni.

Eni melanjutkan, catatan waktu Zohri kali ini tidak lebih baik dari sebelumnya. Zohri memiliki catatan waktu terbaik untuk nomor 200 meter putra 20,80 detik saat turun di Kejurnas Atletik 2019.

"Mungkin masalah kaki yang dialaminya berpengaruh juga. Catatan waktunya jauh dari sebelumnya. Semoga untuk selanjutnya bisa menorehkan hasil terbaik," pungkas Eni.

3 dari 3 halaman

Medali Indonesia dari Atletik

Zohri menjadi atlet keempat yang mempersembahkan medali bagi Indonesia dari cabor atletik di SEA Games 2023. Sebelumnya Hendro Yap meraih emas di nomor 20km jalan cepat putra.

Sedangkan Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho mengawinkan emas marathon putra-putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini