Sukses

Manchester City Bekuk West Ham, Pep Guardiola Jelaskan Penyebab Absennya Ederson dan Kevin De Bruyne

Manchester City tak diperkuat oleh kiper pilihan pertama Ederson serta gelandang bintang asal Belgia Kevin De Bruyne di laga kontra West Ham pada Kamis (4/5/2023). Pelatih The Citizens Pep Guardiola pun memaparkan alasan di balik absennya duo penggawa andalan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City kembali naik ke puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023. Hasil ini didapat usai The Citizens menaklukkan West Ham dalam laga tunda pekan ke-28 yang dihelat di Stadion Etihad, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Sebanyak tiga gol tanpa balas sukses dilesakkan oleh Manchester City dalam pertandingan tersebut. Nathan Ake, Erling Haaland, dan Phil Foden menjadi trio penggawa yang kompak mencatatkan namanya di papan skor.

Meski tampil moncer saat menjamu The Hammers, City tak diperkuat oleh dua pemain andalan. Kiper pilihan pertama Ederson serta gelandang bintang asal Belgia Kevin De Bruyne sama sekali tak diturunkan ke lapangan hijau.

Adapun Ederson menjadi cadangan tak terpakai saat timnya menghadapi West Ham. Sementara itu, De Bruyne tak masuk dalam daftar skuad Man City setelah juga absen di laga kontra Fulham akhir pekan lalu.

Pelatih Pep Guardiola angkat bicara menjelaskan penyebab ketidakhadiran duo penggawanya. Juru taktik yang pernah menukangi Barcelona itu mengklaim Ederson butuh istirahat, sedangkan De Bruyne belum bisa kembali memperkuat tim.

“(Ederson perlu) istirahat sebentar. Ada banyak pertandingan (yang akan dihadapi City). Untuk mentalitas, istirahat itu hal yang bagus,” papar sang pelatih, dilansir dari Metro.

“(Kevin) merasa (kondisinya) lebih baik, tetapi dia belum ada di sini. Saya berharap (dia bisa kembali untuk laga pada akhir pekan),” sambung Guardiola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Stefan Ortega di Liga Inggris

Pilihan Guardiola untuk mengistirahatkan Ederson memberi peluang emas bagi Stefan Ortega untuk bersinar. Kiper yang didatangkan dari Arminia Bielefeld pada musim panas 2022 itu resmi mencatatkan debut di Liga Inggris saat menjamu West Ham.

Hasil positif pun mampu dicatatkan Ortega dalam duel perdananya di Premier League. Ia berhasil membayar kepercayaan pelatih dengan mencatatkan clean sheet, yang mengantar Manchester City unggul meyakinkan dengan 3-0.

Guardiola sendiri mengklaim pihaknya memang cukup pede dengan prospek Stefan Ortega di bawah mistar gawang. Juru taktik berusia 52 tahun juga mengaku ingin melibatkan lebih banyak pemain di laga melawan The Hammers.

“Kami sangat percaya pada Stefan, dan (kami) mencoba melibatkan semua pemain,” tuturnya terkait rotasi kiper The Citizens seperti dikutip dari laporan Metro.

3 dari 4 halaman

Butuh Jasa Kevin De Bruyne

Tanpa Kevin De Bruyne, Pep Guardiola memberi kesempatan bagi Julian Alvarez untuk turun sebagai starter dalam dua laga teranyar City di Liga Inggris. Satu gol mampu disumbangkan oleh pemain internasional Argentina saat duel melawan Fulham.

Kendati demikian, The Citizens nampaknya masih membutuhkan jasa gelandang asal Belgia di pertandingan mendatang. Pasukan Guardiola bakal dituntut meraup poin penuh saat meladeni Leeds United pada Sabtu (6/5/2023), demi mempertahankan posisi puncak.

Adapun setelahnya, City juga bakal menghadapi laga berat di Liga Champions. Klub yang bermarkas di Etihad itu dijadwalkan bertamu ke kandang Real Madrid dalam laga leg pertama semifinal yang dihelat di Santiago Bernabeu, Rabu (10/5/2023) pukul 02.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.