Sukses

Sampaikan Duka Cita, Menpora Dito Ariotedjo Kunjungi Rumah Duka Atlet Para Tenis Meja David Jacobs di RSPAD

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo melayat ke rumah duka mendiang atlet para tenis meja Tanah Air, David Jacobs, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada Jumat (28/4/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo melayat ke rumah duka mendiang atlet para tenis meja Tanah Air, David Jacobs, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (28/4/2023) malam WIB.

Laporan di situs resmi Kemenpora mengungkap, Dito beserta jajarannya tiba di lokasi sekitar pukul 21.40 WIB. Menteri yang dilantik sebagai suksesor Zainudin Amali tersebut menyampaikan rasa duka cita mendalam bagi pihak keluarga.

Ia juga mengenang kiprah almarhum David Jacobs sebagai salah satu pahlawan olahraga Indonesia yang wafat usai menyelesaikan proses mengurus visa untuk mewakili Tanah Air di kompetisi olahraga internasional.

“Saya di sini, mewakili keluarga besar Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan juga insan pecinta olahraga Indonesia, dengan hati yang sedih menyampaikan turut berduka cita untuk keluarga Bapak David Jacobs yang ditinggal,” tutur Dito Ariotedjo.

“Semoga almarhum bapak David diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan didirikan rumah yang baik di surga,” harapnya.

“David Jacobs merupakan pahlawan untuk olahraga Indonesia. Karena beliau meninggalkan kita semua saat setelah beliau mengurus visa, di mana untuk mengharumkan nama bangsa dan Merah Putih,” tambah menteri berusia 32 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diusulkan Dimakamkan di TMP Kalibata

Selaras dengan pernyataan Menpora, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP.PTMSI) Komjen Pol (Purn) Oegroseno, S.H. mengusulkan permohonan kepada Dito Ariotedjo agar almarhum David Jacobs diberi kehormatan dari negara untuk dapat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta.

Pasalnya, menurut Oegroseno, almarhum David Jacobs sudah berulang kali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di arena internasional melalui olahraga tenis meja.

“Prinsipnya Pak Menpora bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI Bapak Joko Widodo, agar almarhum David Jacobs mendapatkan gelar kehormatan PUTRA TERBAIK BANGSA dengan berhak mendapatkan Bintang RI atau Bintang Maha Putera sehingga berhak pula dimakamkan di Taman Makam Pahlawan,” kata Oegroseno.

“Dengan kemampuan fisiknya yang terbatas, almarhum menunjukkan semangat juangnya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang pertandingan internasional. Dan ini menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa,” sambung Wakil Presiden SEATTA (Federasi Tenis Meja Asia Tenggara) itu.

3 dari 3 halaman

Instruksi Menpora untuk Kapolda

Sebelumnya, Menpora Dito Ariotedjo juga telah memberi instruksi kepada Kapolda Metro Jaya untuk mengusut tuntas penyebabnya meninggalnya atlet David Jacobs. Menurut keterangan pihak keluarga, Kapolda sudah mulai bergerak sehingga tinggal menunggu hasil pengusutan.

“Tadi kita dari Kemenpora sudah meminta kepada Pak Kapolda Metro Jaya untuk mengusut tuntas kejadian ini,” tutur Dito di rumah duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

“Dan Alhamdulillah, tadi dari cerita kakak almarhum, Kapolda sudah bergerak. Sekarang kita tunggu hasil usutannya,” sambung Menpora pada Jumat (28/4/2023) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.