Sukses

Pelatih Barcelona Komentari Pendekatan Chelsea kepada Gavi, Apa Katanya?

Chelsea menjadi klub teranyar yang siap untuk merebut Gavi dari genggaman Barcelona. Xavi Hernandez langsung bersuara soal ini.

Liputan6.com, Jakarta Chelsea menjadi salah satu klub baru yang turut mengincar Pablo Gavi, gelandang Barcelona. Gavi jadi hot player karena terancam berstatus free transfer di akhir musim nanti.

Penyebabnya, Barca belum bisa membereskan pendaftaran Gavi sebagai pemain utama. Sejatinya, Gavi sudah punya kontrak baru yang didalamnya termasuk klausul pelepasan dengan nilai 1 miliar euro pada September 2022.

La Liga belum menerima pendaftaran Gavi. Soalnya, La Liga menilai Barcelona tidak mampu membayar gaji 8 juta euro per tahun.

Barcelona harus membereskan masalah ini. Kalau tidak, Gavi akan tetap berstatus sebagai pemain dengan kontrak Juvenil A.

Peltih Barcelona, Xavi Hernandez pun sadar dengan kondisi ini. Sebelum Chelsea, Liverpool dan Manchester City juga tertarik untuk memakai jasa Gavi.

"Saya tak yakin Gavi akan bahagia di klub lain. Dia mendapatkan segalanya di sini. Dia masih 18 tahun, dia pemain kunci di tim kami," katanya seperti dikutip Metro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gavi Tampil Luar Biasa di Usianya yang Masih Sangat Muda

Gavi sudah menjadi bagian penting di serangan Barcelona. Sebelum dipercaya Xavi, Gavi juga sempat diandalkan pelatih Barca sebelumnya Ronald Koeman.

"Buat saya, dia seorang pemain bola yang luar biasa," kata Xavi.

"Saya tak tahu apa yang akan diputuskannya tapi saya pikir masa depannya ada di klub inil"

 

3 dari 5 halaman

Gavi Terbentur Masalah Pendaftaran

 

Gavi telah menghasilkan empat gol dan 12 assist untuk raksasa Catalan pada waktu itu. Dia juga sudah mencetak dua gol dan membuat enam gol lagi dalam 40 penampilan selama musim ini.

Eksploitasi Gavi telah membantu Barcelona membangun keunggulan 13 poin atas Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol. Dan, dia mendapat Trofi Kopa pada penghargaan Ballon d'Or tahun lalu.

La Blaugrana tampaknya telah mengakhiri spekulasi tentang masa depan pemain internasional Spanyol itu pada bulan September, mengikat prospek akademi mereka ke kontrak baru hingga musim panas 2026 dengan klausul rilis 878 juta pounds.

Namun, pemimpin La Liga telah diguncang oleh putusan pengadilan yang dapat membuka kemungkinan Gavi pergi tanpa hasil di akhir musim ini.

Dalam perselisihan hukum yang berlarut-larut dengan La Liga, Barcelona gagal mengubah status Gavi dari pemain akademi menjadi pemain tim utama selama jendela transfer Januari. Dan, sebagai bagian dari kontrak barunya, sebuah klausul dimasukkan yang memungkinkan dia pergi ke gratis musim panas ini jika dia masih terdaftar di akademi.

 

4 dari 5 halaman

Kehilangan Status Pemain Utama

 

Barcelona tidak dapat mendaftarkan Gavi sebagai pemain tim utama karena mereka telah melampaui batas gaji mereka. Bukan itu saja, mereka melewatkan tenggat waktu untuk mengajukan kasus berikutnya setelah La Liga ditampar dengan perintah sementara untuk mengubah status remaja tersebut.

Pengadilan akhirnya memihak La Liga atas pengajuan dokumen terlambat dari Barca. Itu berarti bahwa Gavi akan kehilangan status tim pertamanya - sementara masih dapat mewakili klub seperti biasa - dan Barcelona gagal dengan banding bulan lalu.

Gavi kini terbuka untuk meninggalkan klub masa kecilnya tanpa alasan adalah masalah lain. Namun, menurut AS, Chelsea telah melakukan kontak dan mencoba memanfaatkan ketidakpastian.

Perwakilan dari klub London Barat dikabarkan telah bertemu dengan agen Gavi di Madrid tiga minggu lalu. Kabarnya, diskusi itu sangat memuaskan.

5 dari 5 halaman

Peringkat Barcelona di Klassemen Liga Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.