Sukses

Utak-Atik Peluang Lolos AC Milan Vs Napoli: Wajah Baru di Semi Final Liga Champions

AC Milan dijadwalkan akan melakoni duel dengan Napoli dalam leg pertama babak semi final Liga Champions 2022/2023 di San Siro, Kamis (13/4/2023) pukul 02.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - AC Milan dijadwalkan akan melakoni duel dengan Napoli dalam leg pertama babak semi final Liga Champions 2022/2023 di San Siro, Kamis (13/4/2023) pukul 02.00 WIB. Duel antara dua klub Italia ini akan sulit untuk diprediksi meski tim tamu dinilai memiliki keunggulan yang lebih besar ketimbang Milan di atas kertas.

Kendati begitu, baru saja sekitar kurang lebih seminggu yang lalu skuad besutan Stefano Pioli mengejutkan Napoli ketika bertandang ke Stadion Diego Armando Maradona dan mengalahkan mereka dengan empat gol tanpa balas. Hasil yang sangat mengejutkan mengingat dominasi yang ditunjukkan Victor Osimhen dan kawan-kawan di Serie A sepanjang musim ini.

Napoli bisa dibilang sudah menjadi juara Serie A sejak beberapa bulan yang lalu. Sudah berbulan-bulan mereka kokoh berada di puncak klasemen tanpa ada klub yang bisa menggeser. Skuad yang dibesut oleh Luciano Spalletti itu saat ini telah mengantongi 74 poin serta mencatatkan jumlah kemenangan (24) gol (66) dan selisih gol (45) lebih banyak dari semua tim di Serie A.

Sementara itu, Rossoneri yang juga merupakan juara Serie A musim lalu nampaknya tidak dapat mengulang kesuksesan domestiknya di musim sekarang. Olivier Giroud dan kawan-kawan sementara ini harus puas berada di urutan keempat, berjarak 22 poin dari sang pemuncak klasemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Terbaru

Kesampingkan kekalahan mengejutkan 0-4 atas AC Milan, Napoli sedang berada dalam performa yang sangat solid belakangan. Klub yang berbasis di kota Naples itu telah memenangkan 11 dari 13 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Sementara ini mereka juga klub dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions musim ini.

Hanya Bayern Munchen yang memenangkan lebih banyak pertandingan di Liga Champions musim ini (8/9) ketimbang Napoli (7/8).

Di sisi lain, AC Milan hanya mampu meraih satu kemenangan dari enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, termasuk hasil imbang tanpa gol ketika menjamu Empoli akhir pekan lalu. Atas hasil tersebut, Milan gagal memperoleh poin penuh untuk semakin memperkuat posisi mereka di empat besar mengingat saat ini skuad Stefano Pioli hanya berjarak satu poin dengan Inter Milan di urutan kelima dan empat poin dengan Atalanta di posisi keenam.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

1.      Olivier Giroud (AC Milan)

Striker veteran asal Perancis satu ini adalah top skor AC Milan di ajang Liga Champions musim ini dengan torehan empat gol. Pemain terakhir yang bisa mencatatkan lima gol atau lebih dalam satu edisi Liga Champions untuk Milan adalah Zlatan Ibrahimovic di musim 2011/2012 dengan lima gol.

Giroud tidak terlibat menjadi starter di pertandingan liga terbaru Milan, tetapi membawa angin segar ke dalam permainan ketika ia masuk dari bangku cadangan. Bahkan, di menit-menit terakhir eks pemain Arsenal itu hampir memenangkan pertandingan melawan Empoli ketika ia berhasil memasukkan bola ke gawang Samuele Perisan tetapi harus dianulir oleh VAR karena handball.

2.      Khvicha Kvaratskhelia

Dengan Victor Osimhen yang diragukan akan tampil melawan AC Milan, partner sejatinya Khvicha Kvaratskhelia diharapkan akan memikul beban lini serang Napoli. Winger asal Georgia ini telah menjadi bintang bagi klubnya musim ini dengan ia adalah salah satu dari lima pemain yang mencatatkan 10 atau lebih gol dan assist sepanjang musim 2022/2023 berjalan (14 gol dan 16 assist).

4 dari 4 halaman

Hampir Imbang

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Opta Analyst, duel antara dua wakil Italia ini bisa dibilang hampir seimbang jika melihat persentase kemenangan masing-masing tim. Namun, Napoli memiliki kesempatan yang sedikit lebih baik dengan perolehan angka sebesar 38,1 persen dibanding dengan AC Milan yang meraih angka 33,9 persen.

Hasil imbang juga memiliki kesempatan yang hampir sama besarnya untuk keluar dengan persentase sebesar 28 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.