Sukses

Erling Haaland Pecahkan Rekor Legenda Manchester United Usai Jebol Gawang Munchen

Haaland terus membuat rekor bersama City. Kali ini dia memecahkan rekor milik legenda Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta- Mesin gol Manchester City Erling Haaland belum berhenti menorehkan rekor demi rekor. Pemuda Norwegia itu kini sukses memecahkan rekor legenda Manchester United dan Mohamed Salah berkat satu golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.

Haaland menjadi bintang kemenangan 3-0 City atas Bayern Munchen pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB. Pemuda 22 tahun itu membuat satu gol dan satu assists untuk gelandang serang Bernardo Silva.

Eks pemain Borussia Dortmund itu seharusnya bisa mencetak dua gol. Sayangnya peluang emas Haaland di babak pertama masih bisa dibendung kiper Munchen Yann Sommer.

Walau cuma membuat satu gol, Erling Haaland kembali masuk buku sejarah. Haaland menjadi pemain Liga Inggris dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim di semua ajang yang diikuti. Total Haaland sudah mencetak 45 gol di berbagai ajang pada musim 2022/2023.

Haaland melewati rekor yang dipegang bersama oleh pemain MU Ruud van Nistelrooy dan Mohamed Salah. Van Nistelrooy membuat 44 gol di musim 2002/2003. Sedangkan Salah melakukannya pada musim 2017/2018.

Yang lebih dahsyat, Haaland mengoleksi 45 gol hanya dalam 39 pertandingan. Ruud Van Nistelrooy sendiri butuh 52 laga untuk bisa mendapatkan 44 gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Lain Haaland

Bulan lalu Haaland juga sukses memecahkan rekor pencetak gol terbanyak City dalam satu musim kompetisi yang sebelumnya dipegang Tommy Johnson dengan 38 gol pada musim 1928/1929.

Di Liga Champions 2022/2023, Haaland sudah mencetak 11 gol. Haaland memimpin daftar top skor sementara Liga Champions. Dia unggul tiga gol dari Salah yang berada di posisi kedua.

3 dari 3 halaman

Mbappe

Namun Salah sudah tidak bisa mengejar Haaland karena Liverpool telah tersisih di Liga Champions. Praktis pesaing Haaland adalah Kylian Mbappe dari Paris Saint Germain dengan tujuh golnya.

Haaland bisa melesat di daftar top skor usai membuat lima gol di leg kedua babak 16 besar melawan Red Bull Leipzig. Haaland juga mampu membuat 12 gol dari lima laga terakhir di berbagai kompetisi yang diikuti City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.