Sukses

Selamat Tinggal FIFA, Resmi Bakal Diganti EA Sports FC

FIFA tidak lagi menjalin kerjasama dengan EA Sports. Nama game sepak bola populer ini pun bakal diganti.

Liputan6.com, Jakarta- Game sepak bola populer FIFA akan segera berakhir pada musim panas 2023. Electronic Arts (EA) Sports selaku pembuat game ini telah bercerai dengan Federasi Sepak Bola Dunia FIFA karena mahalnya harga lisensi.

Namun untuk para penggemar game FIFA tak perlu khawatir. EA akan tetap merilis game sepak bola. Hanya namanya saja yang diubah. Mulai Juli 2023, game bola pengganti FIFA akan bernama EA Sports FC.

EA Sports sudah mempersiapkan game pengganti FIFA ini mulai Kamis (6/4/2023) waktu Amerika Serikat dengan meluncurkan logo baru game sepak bola andalan mereka ini.

Nama game sepak bola FIFA sudah identik dengan EA Sports. Mereka sudah menjalin kerjasama dengan FIFA selama hampir 30 tahun. Setiap tahunnya EA harus membayar royalti untuk bisa memakai nama FIFA di game sepak bolanya.

Perceraian EA dengan FIFA terjadi karena organisasi pimpinan Gianni Infantino meminta kenaikan dua kali lipat untuk lisensi. EA keberatan dan memilih untuk pisah jalan.

Yang akan hilang hanya nama game FIFA saja. Seluruh permainan dan konten dalam game sepak bola besutan perusahaan asal Kanada itu tetap akan ada dan ikut ke EA Sports FC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penuh Lisensi

Bahkan menyambut nama baru tersebut, EA Sports dilaporkan sudah berhasil mengontrak Barcelona. Kini El Barca akan bisa dinikmati pecinta game sepak bola di EA Sports FC. Selama ini Barcelona merupakan andalan kompetitor EA, Konami, lewat game eFootball.

Pada bocorannya, EA Sports FC juga memiliki lisensi kompetisi sepak bola ternama dunia seperti Liga Champions, Liga Europa, Liga Premier Inggris, La Liga Spanyol, Liga Italia Serie A, bUndesliga hingga Copa Libertadores. EA Sports FC juga punya lisensi Woman Super League.

3 dari 3 halaman

FIFA Bakal Pindah Kandang

"EA Sports FC akan menjadi simbol olahraga, simbol inovasi dan perubahan, dan kami bersemangat untuk menunjukkan kepada penggemar kami lebih banyak tentang masa depan di bulan Juli," kata bos EA, Nick Wlodyka seperti dikutip dari Eurogamer.

Setelah cerai dari EA, FIFA kabarnya akan menjual lisensi game sepak bola FIFA kepada publiser game lain. Ada Konami hingga 2K yang konon didekati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini