Sukses

Manchester City Sudah Curiga Ilkay Gundogan Ingin Pergi Musim Panas Ini

Liputan6.com, Jakarta Petinggi Manchester City merasa pemain andalannya Ilkay Gundogan ingin meninggalkan klub musim panas ini di tengah ketertarikan kuat dari Barcelona.

Pemain internasional Jerman tersebut, dapat meninggalkan klub juara Liga Inggris dengan status bebas transfer di akhir musim, setelah memasuki beberapa bulan terakhir dari kontraknya.

Tidak jelas apakah Manchester City berniat mengikat Gundogan dengan kontrak baru di Etihad. Namun, sejauh ini belum ada terobosan dalam negosiasi apa pun di belakang layar.

Saat Pep Guardiola berpotensi mencari bala bantuan lini tengah di tengah keterkaitan dengan Jude Bellingham dan Bruno Guimaraes, keluarnya Gundogan akan membebaskan ruang bagi mesin baru untuk tiba.

Manajer Barcelona Xavi diyakini tengah mendorong Blaugrana untuk membawa Gundogan ke Camp Nou musim panas ini. Bahkan, secara pribadi dia sudah menghubungi mantan pemain Borussia Dortmund itu untuk membahas kepindahannya.

2 dari 5 halaman

Pemotongan Gaji

Klub pemuncak klasemen La Liga Spanyol ini tampaknya mendapat dorongan signifikan dalam mengejar kesepakatan dengan pemotongan harga. Pasalnya, seperti dilansir Sport, diklaim bahwa Manchester City tidak mengharapkan Gundogan tetap berada di klub musim depan.

Laporan tersebut mengklaim bahwa tawaran perpanjangan satu tahun dengan gaji yang dipotong sudah disediakan klub. Tapi, Ferran Soriano dan Txiki Begiristain percaya bahwa Gundogan telah mengambil keputusan lain.

3 dari 5 halaman

Wajah Baru

Selain itu, istri pemain berusia 32 tahun itu juga diduga sudah muak tinggal di Inggris. Karenanya, keluarganya akan menyambut baik perubahan pemandangan yang akan dibawa jika tinggal di Catalonia.

Sementara negosiasi antara Gundogan dan Barcelona soal kontrak selama dua tahun dikatakan berjalan lancar, Blaugrana masih harus memangkas tagihan gaji mereka secara signifikan sebelum membawa wajah baru ke klub.

4 dari 5 halaman

Aturan Keuangan

Gundogan dapat segera mengambil peran Sergio Busquets jika pemain Spanyol itu memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya setelah musim panas. Kemungkinan kepergian Ansu Fati, Jordi Alba, Samuel Umtiti, Clement Lenglet dan Abde Ezzalzouli juga dapat membantu membawa klub sejalan dengan UEFA. dan peraturan keuangan La Liga.

Gundogan mengikuti Guardiola ke Etihad pada musim panas 2016, dan pemain Jerman itu telah mencatatkan 53 gol dan 37 assist dalam 290 penampilan untuk juara Premier League.

5 dari 5 halaman

Ban Kapten

Menyusul keluarnya Fernandinho pada akhir musim lalu, Gundogan dipilih sebagai kapten oleh rekan-rekan setimnya, dan ia telah membukukan empat gol dan empat assist dari 37 pertandingan dengan ban kapten musim ini.

Sejumlah trofi sudah diraih The Citizens termasuk empat gelar Liga Inggris, satu Piala FA, empat Piala EFL dan dua Community Shields. Namun, tim asuhan Guardiola masih terpaut delapan poin dari Arsenal dengan satu pertandingan tersisa musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.