Sukses

Indonesia vs Burundi: Shin Tae-yong Tanggapi Duet Jordi Amat-Elkan Baggott

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menghadapi Burundi dalam pertandingan FIFA Matchday yang dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (25/3/2023) hingga Selasa (28/3/2023) mendatang.

Keberadaan Jordi Amat dan Elkan Baggott menjadi sorotan jelang dihelatnya duel tersebut. Pasalnya,  pemain diprediksi bakal melakoni duet perdana mereka kala membela Skuad Garuda di FIFA Matchday.

Seperti diketahui, Jordi dan Elkan memang belum pernah menjalin kerja sama di lapangan hijau. Pemain naturalisasi asal Spanyol sejatinya sudah menjalani debut bersama tim racikan Shin Tae-yong sejak Piala AFF 2022 lalu.

Sayangnya, Elkan kala itu tak menjadi bagian dari skuad Merah Putih. Bek berusia 20 tahun memilih tinggal di Inggris untuk membela Gillingham FC, klub yang sempat meminjam jasanya dari Ipswich Town.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara menanggapi potensi duet duo pemain bertahannya dalam FIFA Matchday. Juru taktik asal Korea Selatan tak menampik bahwa dirinya penasaran menyakiskan kerja sama Jordi dan Elkan di lapangan.

Akan tetapi, sang pelatih nampaknya masih kurang yakin dengan kondisi bek kelahiran 2002. Ia menyebut Elkan Baggott saat ini tidak berada dalam kondisi fit 100 persen.

“Memang pertandingan besok adalah kali pertama Elkan-Jordi sebagai duet. Ini duet pertama mereka,” tutur Shin Tae-yong dalam press conference jelang pertandingan Indonesia vs Burundi di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

“Jujur, kondisi Elkan saat ini belum 100 persen, mungkin lebih baik (tunggu) 100 persen agar bisa duet sama Jordi. Saat ini kondisi Elkan 70-80 persen saja, jadi sebenarnya sangat disayangkan. Akan tetapi, saya jujur penasaran juga karena saya baru pertama kali (akan) melihat juga di pertandingan resmi Jordi-Elkan bermain bersama,” tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elkan Baggott Tak Sabar Main dengan Jordi Amat

Sebelumnya, Elkan Baggott sempat mengakui bahwa dirinya tidak sabar diduetkan dengan Jordi Amat di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Ia menilai kehadiran pemain naturalisasi tersebut bakal memberi pengalaman serta pelajaran tambahan baginya, sekaligus membantu permainannya di Timnas Indonesia.

“Ya, saya tidak sabar menunggu (kesempatan main bersama Jordi). Seperti yang saya katakan, (dia adalah) pemain dengan kualitas top,” tutur Elkan saat ditemui pasca latihan di Jakarta International Stadium (JIS), Kamis (23/3/2023) malam WIB.

“Saya bisa belajar banyak darinya. Anda tahu posisi saya, saya ingin belajar sebanyak yang saya bisa. Dan bermain bersama Jordi bakal membantu permainan saya juga,” sambung pesepak bola yang kini menjalani masa pinjaman di Cheltenham Town itu.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Jordi Amat

Pendapat serupa juga disampaikan ole Jordi Amat. Ia tak menampik dirinya bakal senang jika diberi kesempatan berduet dengan Elkan Baggott. Pasalnya Jordi menilai sang pemain merupakan pesepak bola dengan kualitas mumpuni.

“Saya belum tahu (akan berduet dengan Elkan atau tidak), itu adalah keputusan pelatih,” ujarnya saat ditemui selepas sesi latihan Timnas Indonesia di Jakarta International Stadium (JIS) pada Kamis (23/3/2023) malam WIB.

“Namun, seperti yang pernah saya katakan, Elkan adalah pemain dengan kualitas amat bagus. Akan menyenangkan (apabila saya bisa) bermain bersama dia,” tandas penggawa yang kini memperkuat klub Johor Darul Ta’zim itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.